5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022

Ada pengaruh besar Piala Dunia 2022 Qatar

Fédération Internationale de Football Association alias FIFA kembali menggelar penghargaan tahunan, yakni The Best FIFA Football Awards 2022. Seremoni berlangsung di Paris, Prancis, pada Selasa (27/2/2023) dini hari WIB. 

Penghargaan diberikan kepada pemain terbaik, kiper terbaik, pelatih terbaik, gol terbaik, pemain berkelakuan terbaik, hingga world XI terbaik yang dipilih berdasarkan voting. Yuk, intip lima peraih penghargaan dari kategori putra di FIFA Football Awards 2022 berikut ini!

1. Lionel Messi (The Best FIFA Men's Player)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022Lionel Messi raih penghargaan The Best FIFA Men's Player. (fifa.com)

Lionel Messi menyabet penghargaan The Best FIFA Men's Player 2022. Ia sukses mengungguli dua pesaing beratnya, Kylian Mbappe dan Karim Benzema. Kini, La Pulga mengoleksi tujuh penghargaan dan jadi yang terbanyak dari pemain mana pun di dunia (2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, 2022).

Prestasi Messi sepanjang tahun 2022 memang layak diapresiasi. Ia berhasil menjuarai Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain dan yang tertinggi adalah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada usianya yang sudah memasuki 35 tahun, Messi masih sangat produktif di lapangan. Ia total menciptakan 35 gol dan 30 assist dalam 51 penampilan. Catatan tersebut ditorehkan sang megabintang untuk Paris Saint-Germain dan Timnas Argentina sepanjang tahun 2022.

2. Emiliano Martinez (The Best FIFA Men's Goalkeeper) 

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022Emiliano Martinez raih penghargaan The Best FIFA Men's Goalkeeper. (fifa.com)

Penggawa Timnas Argentina lainnya, Emiliano Martinez, punya andil cukup besar dalam perjalanan negaranya merengkuh gelar Piala Dunia 2022 Qatar. Maka tak heran, pemain berusia 30 tahun tersebut dinobatkan menjadi The Best FIFA Men's Goalkeeper. 

Meski prestasinya kurang menonjol di level klub bersama Aston Villa, Martinez merupakan kiper andalan Timnas Argentina. Ia tampil sangat apik di Piala Dunia 2022 Qatar dengan 7 penyelamatan dan 3 clean sheet. Dalam penghargaan ini, Martinez menggeser Yassine Bounou dan Thibaut Courtois. 

Baca Juga: Luka Lochoshvili, Pemain Georgia Peraih FIFA Fair Play Award    

3. Lionel Scaloni (The Best FIFA Men's Coach) 

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022Lionel Scaloni raih penghargaan The Best FIFA Men's Coach. (fifa.com)

FIFA juga memberikan penghargaan The Best FIFA Men's Coach kepada pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni. Prestasi juru taktik berusia 44 tahun tersebut adalah mempersembahkan trofi CONMEBOL-UEFA Cup 2022 dan trofi Piala Dunia 2022 Qatar.

Di bawah tangan dingin Scaloni, Messi dan kolega hanya mengalami satu kali kekalahan sepanjang tahun 2022. Dari total 12 pertandingan, 11 di antaranya berhasil dimenangi. Argentina hanya kalah oleh Arab Saudi di laga pembuka babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

4. Marcin Oleksy (The FIFA Puskas Award)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022gol Marcin Oleksy, peraih FIFA Puskas Awards 2022 (youtube.com/FIFA)

Selanjutnya, piala The FIFA Puskas Award diberikan kepada Marcin Oleksy. Meski bermain menggunakan satu kaki, Oleksy berhasil menciptakan gol akrobatik yang indah saat membela Warta Poznan melawan Stal Rzeszow pada 6 November 2022 lalu.

Marcin Oleksy merupakan pemain asal Polandia yang bermain di sepak bola khusus amputasi. Melansir laman The Sporting News, Oleksy kehilangan satu kakinya saat berusia 23 tahun ketika masih menjadi pekerja jalan. 

Oleksy sempat membela Polandia sampai ke babak 16 besar di Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022. Dalam nominasi Puskas Award sendiri, pemain yang sekarang berusia 35 tahun tersebut berhasil mengalahkan gol cantik milik Dimitri Payet dan Richarlison. 

5. Luka Lochoshvili (The FIFA Fair Play Award)

5 Peraih Penghargaan Kategori Putra di FIFA Football Awards 2022Luka Lochoshvili raih penghargaan The FIFA Fair Play Award. (fifa.com)

Setahun yang lalu, tepatnya pada 27 Februari 2022, Luka Lochoshvili mendapat banyak pujian usai menyelamatkan nyawa lawan mainnya di lapangan. Lochoshvili yang saat itu masih membela Wolfsberger AC bergerak cepat melakukan pertolongan kepada pemain Austria Vienna, Georg Teigl.

Georg Teigl tersedak lidahnya sendiri setelah berbenturan dengan pemain lain. Tanpa berpikir panjang, Luka Lochoshvili langsung menghampiri dan berusaha menarik lidah Teigl yang saat itu pingsan. Usahanya tidak sia-sia, Teigl berhasil diselamatkan sampai akhirnya ditangani oleh medis.

Atas aksi heroiknya tersebut, pemain 24 tahun ini sangat pantas dianugerahi penghargaan The FIFA Fair Play Award 2022. Saat ini, Lochoshvili mengabdi kepada klub Serie A Italia, Cremonese, sejak Agustus 2022.

Pengaruh Piala Dunia 2022 Qatar sangat terasa di edisi FIFA Football Awards kali ini. Di sisi lain, kisah Marcin Oleksy dan Luka Lochoshvili tak kalah menyita perhatian lantaran sangat menginspirasi. 

Baca Juga: Profil Marcin Oleksy, Peraih FIFA Puskas Award 2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya