5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!

Kylian Mbappe makin tajam dan makin matang

Meski gagal membawa Timnas Prancis juara Piala Dunia 2022 Qatar, Kylian Mbappe tetap pantas berbangga diri. Pasalnya, sepanjang tahun 2022, pemain yang baru menginjak usia 24 tahun tersebut menuai banyak prestasi.

Mbappe makin produktif menciptakan gol, baik di level klub maupun internasional. Pantas saja, kontraknya diperpanjang tiga tahun (2025) oleh Paris Saint-Germain serta jadi andalan utama di Timnas Prancis.

Bukan striker sembarangan, cek dulu kelima prestasi Kylian Mbappe sepanjang tahun 2022 yang produktif cetak gol!

1. Mbappe menyabet dua piala sekaligus sebagai top skor dan top assist Ligue 1 2021/2022

5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!Kylian Mbappe (twitter.com/KMbappe)

Pada bulan Mei 2022, Paris Saint-Germain dinobatkan jadi juara Ligue 1 Prancis 2021/2022 dengan perolehan 86 poin. Dari total 38 pertandingan, Les Parisiens hanya mengalami 4 kali kalah, 8 kali imbang, dan 26 kali di antaranya berhasil menang.

Di samping keberhasilan PSG itu, Kylian Mbappe santer mendapat banyak pujian lantaran dianggap paling berjasa. Wajar saja, sang pemain saat itu menyabet dua piala sebagai top gol dan top assist Ligue 1 2021/2022. Mbappe tercatat menyumbang 28 gol dan 18 assist dalam 35 penampilan. 

2. Kalahkan Lionel Messi, Kylian Mbappe sabet Golden Boot di Piala Dunia 2022 Qatar

5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!Kylian Mbappe (twitter.com/PSG_English)

Kylian Mbappe tampil apik membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat berhadapan dengan Denmark dan Polandia, ia berhasil mencatatkan brace. Bahkan, hattrick tercipta dari kakinya di laga final kontra Argentina.

Meski Prancis tumbang dan gagal jadi juara, Mbappe berhasil mengalahkan Lionel Messi di papan top skor. Ia mencetak 8 gol dan 2 assist dalam 7 penampilan. Pemain kelahiran 20 Desember 1998 tersebut pun berhak atas piala Golden Boot pertamanya di turnamen antar dunia. 

Baca Juga: Messi Dapat Guard of Honour saat Balik ke PSG, Gak Ada Mbappe

3. Mbappe merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang tahun 2022

5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!Kylian Mbappe (twitter.com/PSG_English)

Tak diragukan lagi, Kylian Mbappe semakin produktif dalam mencetak gol. Merujuk data transfermarkt, Mbappe mencetak gol lebih banyak dari pemain mana pun di lima liga top Eropa sepanjang tahun 2022. Gol dihitung dari semua kompetisi untuk klub dan tim nasional. 

Tidak main-main, Mbappe sukses membuahkan 56 gol dalam 56 penampilan. Sebanyak 44 gol dicetak untuk Paris Saint-Germain dan 12 gol lainnya dicetak untuk Timnas Prancis. Mbappe melibas catatan Eling Haaland yang mencetak sepuluh gol lebih sedikit darinya. 

4. Bahkan, Mbappe jadi pemain dengan hattrick terbanyak pada 2022

5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!Kylian Mbappe (instagram.com/fifaworldcup)

Untuk mencetak hattrick atau 3 gol dalam 1 pertandingan bukanlah perkara mudah, tetapi Kylian Mbappe jago melakukannya. Sepanjang tahun 2022, Mbappe menciptakan total 4 hattrick untuk Paris Saint-Germain dan 1 hattrick untuk Timnas Prancis.

Korab-korban keganasan hattrick Mbappe adalah Clermont Foot, FC Metz, Vannes OC, LOSC Lille, dan Timnas Argentina di pertandingan final Piala Dunia 2022 Qatar. Catatan tersebut lagi-lagi sukses mengalahkan rekor Haaland (4 hattrick) yang performanya juga sedang moncer.

5. Sepanjang tahun 2022, Mbappe juga paling banyak menciptakan brace

5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!Kylian Mbappe (instagram.com/fifaworldcup)

Selain hattrick, rekor brace terbanyak sepanjang tahun 2022 juga dipegang oleh Kylian Mbappe. Pemain yang punya keturunan darah Afrika tersebut mampu membubuhkan 15 brace untuk klub dan tim nasional. 

Mbappe selalu bisa diandalkan di pertandingan penting. Pada 6 September 2022, Mbappe cetak brace ke gawang Juventus pada laga perdana Liga Champions (UCL) 2022/2023. Terakhir kali, ia cetak dua kali brace di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kelihaian Kylian Mbappe dalam menciptakan gol memang makin tajam. Namun, banyaknya nama baru yang sedang bersinar membuat persaingan di lima liga top Eropa akan mengetat. Mampukah Mbappe mempertahankan prestasinya pada tahun 2023 ini? 

Baca Juga: 10 Fakta Ethan Mbappe, Adik Sekaligus Penerus Kylian Mbappe

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya