5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan Chelsea

Pertama kali dalam sejarah EPL

Brighton & Hove Albion berhasil menaklukkan salah satu klub Big Six, Chelsea. Seagulls menang talak dengan skor 4-1 pada pekan ke-14 English Premier League (EPL) 2022/2023, Sabtu (29/10/2022) malam.

Brighton memang tampil mengejutkan musim ini. Salah satu klub medioker tersebut telah memperoleh hasil 5 kemenangan, 3 imbang, dan 4 kekalahan dari total 12 pertandingan di Premier League.

Dari pertandingan kontra Chelsea itu, Brighton mencatatkan sejumlah rekor. Mari menilik lima rekor mentereng Brighton & Hove Albion setelah menaklukkan Chelsea berikut ini!

1. Brighton baru pertama kali menang atas Chelsea dalam sejarah EPL

5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan ChelseaBrighton & Hove Albion berhasil menaklukkan Chelsea dengan skor 4-1 dalam laga lanjutkan English Premier League (EPL) 2022/2023 pada 29 Oktober 2022. (brightonandhovealbion.com)

Brighton & Hove Albion bukanlah klub besar di kasta tertinggi Liga Inggris. Mereka merupakan klub promosi yang baru naik level ke Premier League pada 2017/2018.

Dalam sejarahnya, Brighton pun baru sebelas kali berhadapan dengan Chelsea di EPL. Dari seluruh pertandingan tersebut, yang terbaru merupakan kemenangan pertama tim Seagulls atas The Blues.

2. Brighton tidak bisa dikalahkan Chelsea dalam empat laga terakhir

5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan ChelseaBrighton & Hove Albion berhasil menaklukkan Chelsea dengan skor 4-1 dalam laga lanjutkan English Premier League (EPL) 2022/2023 pada 29 Oktober 2022. (brightonandhovealbion.com)

Pada lima laga awal pertemuan kedua klub dalam sejarah Premier League, Brighton selalu kalah. Chelsea baru berhasil ditahan imbang untuk pertama kalinya oleh Brighton pada 1 Januari 2020.

Brighton berangsur-angsur mengalami kemajuan. Klub yang identik dengan seragam biru putih tersebut akhirnya tidak pernah kalah lagi dalam empat pertandingan terakhir kontra Chelsea.

Lewis Dunk dkk terakhir kali kalah dengan skor 1-3 di kandang Chelsea pada 14 September 2020. Tiga laga terakhir berujung imbang dan yang terbaru berhasil menang.

Baca Juga: Melihat Rekor Mentereng Unai Emery di Europa League

3. Brighton punya rekor apik menghadapi klub Big Six Premier League pada awal musim 2022/2023

5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan ChelseaBrighton & Hove Albion berhasil menaklukkan Chelsea dengan skor 4-1 dalam laga lanjutkan English Premier League (EPL) 2022/2023 pada 29 Oktober 2022. (brightonandhovealbion.com)

Rekor mengalahkan klub Chelsea memang hebat. Namun, ini bukan pertama kalinya Brighton mampu mengalahkan Big Six pada awal musim 2022/2023 ini. Sebelumnya, mereka tampil apik melawan Manchester United dan Liverpool. 

Seagulls mengawali musim dengan kemenangan 2-1 atas Manchester United dalam laga pembuka Premier League pada 7 Agustus 2022. Kemudian, mereka menahan Liverpool imbang 3-3 pada 1 Oktober 2022 lalu.

Meski kalah dari Tottenham Hotspur dan Manchester City, setidaknya Brighton menang menghadapi Manchester United dan Chelsea. Liverpool yang cukup perkasa beberapa musim ini bahkan tidak bisa menang melawan Seagulls.

4. Brighton pertama kali menang di bawah pelatih Roberto De Zerbi

5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan ChelseaRoberto De Zerbi (brightonandhovealbion.com)

Roberto De Zerbi ditunjuk menjadi pelatih Brighton setelah Graham Potter memutuskan pergi ke klub lebih besar, Chelsea. Namun, tragis, Graham Potter malah kalah oleh pelatih pengganti dirinya sendiri.

De Zerbi resmi mengemban tugas jadi pelatih Brighton sejak 18 September 2022. Ia telah memimpin enam pertandingan di Premier League. Laga kontra Chelsea merupakan kemenangan pertama Seagulls di bawah asuhan pelatih asal Italia tersebut.

5. Moncernya Leandro Trossard yang mencetak gol kilat ke gawang Chelsea

5 Rekor Mentereng Brighton & Hove Albion setelah Menaklukkan ChelseaLeandro Trossard (brightonandhovealbion.com)

Leandro Trossard jadi aktor utama yang membuat Brighton & Hove Albion tampil percaya diri musim ini. Winger asal Belgia tersebut telah menyumbang 7 gol dan 2 assist dalam 12 penampilan yang dilakoninya di Premier League. 

Pemain berusia 27 tahun ini berhasil mencetak hattrick ke gawang Liverpool, mencetak 1 gol ke gawang Manchester City, dan yang terbaru mencetak 1 gol ke gawang Chelsea. Trossard menjebol gawang Kepa Arrizabalaga pada 5 menit pertama ketika laga baru dimulai. 

Tidak cuma itu, Leandro Trossard juga berhasil memecahkan rekor baru. Ia jadi pemain pertama dalam sejarah EPL yang sukses mencetak lima gol perdana untuk pelatih anyar dalam sebuah klub.

Dengan mengantongi 18 poin, kini Brighton & Hove Albion duduk di tangga kedelapan klasemen sementara Premier League 2022/2023. Leandro Trossard sendiri bersaing di jajaran top skor musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin di Skuad Brighton & Hove Albion Musim 2022/2023

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya