Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan Steril

Komplek pertokoan tutup selama pertandingan   

Malang, IDN Times - Jelang pertandingan perdana penyisihan Piala Menpora 2021 Grup B, sterilisasi mulai dilakukan di sekitar stadion. Sejumlah pedagang asongan yang biasa membuka lapak di kawasan sekitar Stadion Kanjuruhan diminta untuk tidak masuk ke area stadion. Sterilisasi sendiri sudah dilakukan sejak pagi pada hari pertandingan. Hanya terlihat beberapa ruko yang masih buka.

1. Asongan dan persewaan mainan diminta tutup

Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan SterilSejumlah ruko di area Stadion Kanjuruhan tutup jelang kick off Piala Menpora 2021. IDN Times/Alfi Ramadana

Salah satu pemilik ruko di kawasan Stadion Kanjuruhan, Awang Karta menjelaskan bahwa sejak beberapa hari sebelum pertandingan memang sudah ada sosialisasi dari penyelenggara Piala Menpora 2021. Sosialisasi tersebut berupa pemberitahuan bahwa saat hari pertandingan para pemilik usaha persewaan mainan serta pedagang asongan diminta untuk tak masuk area stadion. Hal itu demi menghindari kerumunan dan kemungkinan masuknya suporter. 

"Sejauh ini imbauan diberikan kepada PKL, asongan dan persewaan mainan untuk tidak berada di area Stadion Kanjuruhan," terangnya Senin (22/3/2021). 

Baca Juga: Piala Menpora, Persik Kediri Tanpa Target Khusus

2. Setelah pertandingan boleh buka lagi

Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan SterilPerkenalan skuat Arema FC untuk musim 2020 di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Awang menambahkan bahwa pedagang kaki lima hanya diminta tutup selama pertandingan berlangsung saja. Setelah pertandingan usai mereka kembali diperbolehlan beroperasi lagi. Adanya imbauan tersebut membuat area Stadion Kanjuruhan terlihat sepi. Sejumlah ruko memilih tutup meskipun imbauan hanya ditujukan kepada PKL dan persewaan mainan. 

"Sejauh ini imbauannya hanya untuk PKL dan persewaan mainan. Tetapi memang beberapa ruko ada yang tutup," tambahnya. 

3. Bersyukur sepak bola kembali bergulir

Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan SterilSetelah sembuh cedera, Dedik Setiawan siap comeback untuk Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, sebagai seorang pecinta bola, Awang mengakui sangat senang akhirnya sepak bola kembali bergulir. Meskipun tanpa kehadiran suporter, kembali bergulirnya sepak bola bisa menghapus dahaga kompetisi. Terlebih sudah satu tahun tidak ada sepak bola kompetitif di Indonesia. 

"Sebagai pecinta dan juga suporter bol sebenarnya kami ingin bisa mendukung langsung. Tetapi selama pandemik ini kami akan mengikuti aturan yang berlaku untuk tidak datang langsung ke stadion," jelasnya. 

4. Minta semua suporter menaati aturan tersebut

Jelang Pertandingan Grup B, Area Stadion Kanjuruhan SterilRibuan Aremania membawa berbagai spanduk untuk di depan gedung DPRD Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk itu, Awang yang juga merupakan salah satu pentolan Aremania meminta kepada seluruh suporter untuk tidak nekat datang ke stadion. Termasuk juga Aremania agar tetap menjaga ketertiban. Pasalnya kelancaran Piala Menpora 2021 akan menjadi patokan untuk izin Liga 1. 

"Kami sudah sampaikan agar Aremania tetap mengikuti aturan. Ini demi kebaikan sepak bola Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga: Piala Menpora, Persik Kediri Tanpa Target Khusus

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya