Comscore Tracker

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani Chelsea

Kepa Arrizabalaga menjadi yang termahal

Maurizio Sarri pernah melatih Chelsea meskipun terbilang singkat, yaitu semusim. Hal itu terealisasi di musim 2018/2019, Sarri ditunjuk sebagai pelatih anyar The Blues untuk menggantikan rekan sepatriotnya, Antonio Conte. Pelatih asal Italia itu membawa gaya permainan yang khas ke klub London utara, yaitu Sarriball.

Kebersamaannya untuk Chelsea harus terhenti di akhir musim, usai dinilai gagal membawa anak asuhnya bersaing lebih jauh. Padahal, Sarri sukses membawa The Blues menjuarai Liga Europa di musim debutnya. Sedangkan di sisi lain, Sarri juga mendatangkan 5 pemain ke Chelsea demi mendukung gaya permainannya. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Mateo Kovacic

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani ChelseaMateo Kovacic (goal.com)

Mateo Kovacic merupakan salah satu rekrutan anyar Maurizio Sarri saat menangani Chelsea. Ia datang dengan status pinjaman dari Real Madrid. Di waktu yang sama, Kovacic juga tengah mencari jam terbang lantaran jarang tampil bersama Los Blancos. Awal-awal perjalanannya di Chelsea terbilang sangat baik.

Kovacic mampu memainkan peran sebagai distributor bola dan penghubung antarlini. Di bawah asuhan Sarri, pemain berpaspor Kroasia tersebut dipercaya tampil di 51 pertandingan dengan koleksi 2 assist. Kovacic lantas dipermanenkan oleh manajemen The Blues sekalipun Sarri sudah hengkang ke Juventus.

2. Jorginho

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani ChelseaJorginho (goal.com)

Mengikuti jejak sang pelatih, Jorginho hengkang ke Chelsea di musim panas 2018. Ia diboyong The Blues dengan banderol 57 juta euro atau sekitar Rp980 miliar. Sebelumnya, ia sudah bekerja sama dengan Sarri sewaktu masih membela Napoli. Bisa dikatakan juga bahwa Jorginho merupakan anak emas pelatih asal Italia tersebut. 

Lantaran sudah mengenal gaya permainan Jorginho, Sarri begitu mengandalkan pemain berusia 29 tahun tersebut saat melatih Chelsea. Begitu pun sebaliknya, kesempatan yang ia dapat berhasil Jorginho manfaatkan dengan baik. Tak ayal ia mampu mengantongi 54 penampilan di musim debutnya berseragam The Blues.

Baca Juga: Jorginho Lempar Perang Urat Saraf ke Messi soal Ballon d'Or

3. Gonzalo Higuain

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani ChelseaGonzalo Higuain (eurosport.com)

Lubang besar harus dihadapi Chelsea setelah melepas Alvaro Morata di musim dingin 2019 lalu. Untuk mengisi kekosongan di lini depan, Sarri mendatangkan striker berpengalaman asal Argentina, Gonzalo Higuain dengan status pinjaman dari Juventus. Ia hanya merumput di sana selama 6 bulan.

Perjalanan Higuain untuk klub London utara memang tak begitu spesial. Tampil sebanyak 18 kali, eks penggawa Real Madrid itu hanya mampu mengoleksi 5 gol. Kendati demikian, Higuain turut berperan besar di balik keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Eropa di akhir musim 2018/2019.

4. Kepa Arrizabalaga

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani ChelseaKepa Arrizabalaga (goal.com)

Perekrutan Kepa Arrizabalaga oleh Chelsea merupakan salah satu transfer yang fenomenal. Bukan tanpa sebab, kiper Spanyol itu memecahkan rekor pembelian kiper termahal dengan banderol 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Kehadiran Kepa diharapkan mampu menggantikan posisi Thibaut Courtois yang hengkang ke Real Madrid.

Akan tetapi, kiper berusia 26 tahun ini gagal memenuhi ekspektasi tinggi yang dibebankan untuknya. Kepa merupakan kiper utama di bawah asuhan Sarri dengan mengoleksi 54 penampilan. Hanya saja, perjalanan Kepa itu justru diwarnai blunder dan kesalahan yang acap kali merugikan timnya sendiri.

5. Christian Pulisic

5 Pemain yang Direkrut Maurizio Sarri Saat Tangani ChelseaChristian Pulisic (eurosport.com)

Christian Pulisic resmi menjadi milik Chelsea di musim dingin 2019 lalu. Saat itu, The Blues rela mengeluarkan biaya 64 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun demi mendatangkan Pulisic dari Borussia Dortmund. Berbeda dengan para pemain di atas yang pernah merumput di bawah asuhan Sarri, Pulisic justru tak merasakannya.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran ia terlebih dulu menghabiskan sisa musim 2018/2019 bersama Dortmund. Pulisic baru bergabung di musim panas 2019, ketika The Blues sudah ditangani oleh pelatih anyar yaitu Frank Lampard. Hingga saat ini, Pulisic masih bertahan di Chelsea meski kerap diterpa cedera panjang.

Maurizio Sarri hanya menghabiskan satu musim untuk menangani Chelsea. Secara keseluruhan, penampilan The Blues di bawah asuhannya tak begitu buruk lewat kehadiran titel Liga Eropa.

Baca Juga: 9 Potret Memesona Christian Pulisic, Pemain Top Andalan Chelsea

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya