5 Hadiah Man of the Match Terunik di Afrika, Apa Saja?

Hadiahnya benar-benar tak terduga

Istilah Man of the Match sudah tidak asing lagi di dunia sepak bola. Itu merupakan penghargaan rutin untuk satu pertandingan. Penghargaan akan diberikan kepada pemain yang tampil impresif pada laga tersebut.

Tak ada aturan khusus mengenai hadiah Man of the Match. Penghargaan umumnya berupa piala kecil. Namun, ada pula beberapa hadiah Man of the Match yang tidak biasa.

Coba tengok hadiah Man of the Match terunik di Afrika ini!

1. Seekor ayam hidup

Hassan Kajoke mendapatkan seekor ayam hidup saat menjadi Man of the Match. Ini terjadi pada 2019 lalu di Malawi Super League. Kajoke mengemas dua gol dan menjadi pahlawan timnya, Nyasa Big Bullets FC, saat itu.

Hadiah Man of the Match berupa seekor ayam sebenarnya juga pernah ada di Polandia. Pada 2018 lalu, Gornik Zabrze—yang merupakan salah satu klub papan atas Liga Polandia—mempersembahkan ayam hidup sebagai hadiah Man of the Match pada tiap laga.

2. Sepasang sandal

Sandal merupakan barang kebutuhan sehari-hari yang mudah ditemukan. Namun, sepasang sandal ternyata juga bisa menjadi hadiah Man of the Match dalam pertandingan sepak bola. Hal ini terjadi di liga sepak bola Ghana. 

Melalui kemitraan dengan sponsor utama, liga sepak bola Ghana memberikan sepasang sandal untuk pemain yang menjadi Man of the Match. Ini rutin diberikan pada tiap pertandingan. Penghargaan berupa sandal ini sendiri sudah berlangsung setidaknya sejak 2015 lalu.

Baca Juga: 6 Pemain Jepang yang Pernah Jadi Man of the Match di Piala Dunia

3. Kartu kredit berukuran raksasa

Liga sepak bola di Afrika Selatan sempat menjadi buah bibir pada 2014. Pasalnya, ada salah satu pemain yang menerima hadiah Man of the Match berupa kartu kredit berukuran raksasa. Dia adalah George Maluleka yang bermain untuk Kaiser Chiefs.

Pemain berposisi gelandang ini memperoleh 100 pound sterling atau setara Rp1,8 juta. Kartu kredit itu berasal dari sebuah bank bernama ABSA. Bank ini merupakan salah satu bank populer sekaligus menjadi sponsor utama liga sepak bola Afrika Selatan.

4. Dua lusin bir

Bir atau sampanye di dunia sepak bola umumnya merujuk kepada pesta juara sebuah tim. Namun, itu tampaknya tak berlaku di Zimbabwe. Di liga sepak bola resmi negara ini, bir malah menjadi hadiah Man of the Match pada tiap pertandingan.

Liga sepak bola Zimbabwe disponsori Castle Lager, perusahaan bir terkenal asal Afrika Selatan. Oleh sebab itu, tiap pemain yang berhasil menjadi Man of the Match bakal diberikan 2 lusin bir. Hadiah ini bisa dinikmati semua pemain di dalam tim.

5. Paket telur

Sebuah kejadian menarik terjadi di liga sepak bola Zambia pada November 2022. Kenneth Musonda, pemain Power Dynamos yang menjadi Man of the Match saat menghadapi Nkana, menerima hadiah unik. Ia diberi lima paket telur ayam.

Fenomena ini langsung viral di media sosial. Dikutip Sportsbrief, Musonda terpilih sebagai Man of the Match sebab menjadi pahlawan untuk timnya. Ia mencetak gol pada injury time yang sekaligus menjadi gol satu-satunya pada laga tersebut. 

Kelima hadiah di atas benar-benar tidak pernah terbayangkan. Meski terkesan unik, hadiah Man of the Match itu tetap menjadi tanda apresiasi kepada para pemain yang tampil impresif.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Banyak Menyabet Man of the Match di Piala Dunia 2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya