Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim Ini

Penampilan mereka tak banyak dibicarakan

Musim 2020/2021 telah resmi berakhir. Dengan menampilkan para juara di setiap liganya, musim ini sukses menghadirkan beragam fakta dan cerita menarik. Tak hanya seputar hasil pertandingan, performa tiap pemain yang berlaga juga seru untuk dibahas, seperti halnya untuk mereka yang berposisi sebagai kiper.

Di musim ini, banyak kiper yang menjadi perbincangan hangat karena performa impresifnya. Kendati demikian, ternyata ada sejumlah kiper yang jarang disorot walaupun tampil apik bersama klub yang dibelanya. Hal ini dialami 5 kiper top berikut. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Samir Handanovic

Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim IniSamir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Di balik keberhasilan Inter Milan meraih Scudetto musim ini, banyak pihak yang melayangkan pujian untuk penyerang Nerazzuri, Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez. Keduanya memang punya kontribusi yang besar. Namun, ada satu pemain lain yang performanya tak begitu disorot. Dia adalah sang kiper utama, Samir Handanovic.

Ia tampil reguler musim ini dan hampir memainkan seluruh pertandingan. Tak hanya itu, Handanovic juga masuk jajaran kiper dengan torehan clean sheet terbanyak di Serie A yang menyentuh angka 18. Secara keseluruhan, kiper berpaspor Slovenia tersebut cuma kebobolan 46 kali dari 47 penampilan di semua ajang.

2. Antonio Adan

Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim IniAntonio Adan (sportskeeda.com)

Musim 2020/2021 merupakan musim yang begitu gemilang bagi Antonio Adan. Bagaimana tidak, ia sukses menjadi tumpuan Sporting Lisbon di bawah mistar gawang. Adan juga berperan besar di balik pencapaian timnya meraih gelar Liga NOS Portugal usai terakhir kali meraihnya pada 19 tahun silam.

Maklum, sebelum berkarier di Lisbon, kiprah Adan terbilang tak mentereng meski pernah membela duo Madrid. Kini, di usianya yang 34 tahun, Adan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Lewat rasio penyelamatan 74%, Adan cuma kebobolan 24 kali dari 37 penampilan yang ia mainkan musim ini.

3. Yassine Bounou

Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim IniYassine Bono (proximus.be)

Memasuki musim ketiganya di Sevilla, Yassine Bounou atau yang akrab disapa Bono semakin menahbiskan dirinya sebagai kiper utama Los Nervionenses. Ia berhasil menggusur kiper andalan Sevilla sebelumnya, Tomas Vaclik, ke bangku cadangan. Di musim ini, performa Bono begitu ciamik di bawah mistar gawang.

Selain memastikan Sevilla meraih tiket ke Liga Champions musim depan, kiper berpaspor Maroko tersebut juga begitu solid dalam menjaga gawangnya. Tercatat, dari 45 penampilan, Bono hanya kebobolan sebanyak 36 kali. Tak hanya itu, ia sukses mengantongi 23 clean sheet musim ini.

Baca Juga: 10 Potret Yassine Bounou, Kiper Pencetak Gol Penyelamat bagi Sevilla

4. Koen Casteels

Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim IniKoen Casteels (tbrfootball.com)

Kiper asal Belgia, Koen Casteels, tampil impresif di lini pertahanan Wolfsburg musim ini. Berstatus kiper utama, Casteels sukses mengamankan gawangnya dengan sejumlah penyelamatan gemilang. Bila ditotal, Casteels hanya kebobolan 35 kali dari 37 penampilan yang ia mainkan di semua ajang.

Tak sampai di situ, pria berusia 28 tahun tersebut telah mengantongi 18 clean sheet musim ini. Berkat ia juga, Wolfsburg berhasil lolos ke Liga Champions untuk yang ketiga kali sepanjang sejarah berdirinya. Kendati demikian, Casteels dipastikan gagal tampil di Piala Eropa 2020 lantaran tengah menjalani perawatan dari cedera fibula.

5. Emiliano Martinez

Jarang Disorot, 5 Kiper yang Tampil Solid di Liga Top Eropa Musim IniEmiliano Martinez (premierleague.com)

Setelah menghabiskan 10 musim kariernya di Arsenal, Emiliano Martinez memutuskan hijrah ke Aston Villa pada awal musim ini. Hasilnya, Martinez berhasil menunjukkan kapasitas terbaiknya bersama The Villans. Ia menjelma kiper yang begitu tangguh dan sukar dibobol oleh lawan-lawannya.

Tercatat, Martinez sukses mengemas 15 clean sheet dari 39 penampilan yang ia buat musim ini. Hebatnya lagi, ia mencatatkan rasio penyelamatan 76,6%, tertinggi kedua di Premier League di bawah Nick Pope. Tak pelak Martinez kini difavoritkan menjadi kiper utama Timnas Argentina di Copa America 2021.

 

Meski menunjukkan performa impresif bersama klubnya saat ini, kelima kiper di atas justru jarang disorot performanya oleh para penggemar sepak bola. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 10 Potret Emiliano Martinez, Kiper Aston Villa yang Menarik Perhatian!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya