5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020

Kalah bersaing dengan kiper lain

Setelah ditunda pelaksanaannya selama setahun akibat pandemi Covid-19, perhelatan Piala Eropa 2020 akhirnya digelar pada musim panas tahun ini. Dengan diikuti negara kontestan yang berisikan materi pemain papan atas, Piala Eropa 2020 sukses menyedot atensi luas dari seluruh belahan dunia.

Deretan pemain top yang bertanding tentu berupaya tampil semaksimal mungkin untuk negaranya masing-masing. Namun, ada beberapa pemain yang lebih akrab dengan bangku cadangan di Piala Eropa kali ini, tak terkecuali 5 kiper top dibawah ini. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Kevin Trapp

5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020Kevin Trapp (psgtalk.com)

Menyusul Marc-Andre ter Stegen yang menjalani operasi lutut, satu slot kiper Timnas Jerman di Piala Eropa 2020 diisi oleh Kevin Trapp. Memang di musim 2020/2021, Trapp berhasil mengantarkan timnya, Eintracht Frankfurt menembus Liga Europa musim depan. Namun di Piala Eropa kali ini, Trapp belum pernah tampil.

Tak bisa dimungkiri, status kiper utama Timnas Jerman selalu ditempati oleh orang yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Dia adalah Manuel Neuer, sosok vital Die Mannschaft yang kini telah berusia kepala tiga. Imbasnya, Trapp tampil minim dengan membuat 5 caps untuk Jerman sejak debut pada 2015 lalu.

2. Mike Maignan

5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020Mike Maignan (90min.com)

Mike Maignan tampil fenomenal dibawah mistar gawang Lille musim 2020/2021. Berkat aksi impresif Maignan, Lille berhasil meraih gelar Ligue 1 dan memutus dominasi Paris Saint-Germain. Tak hanya itu, pria berusia 25 tahun itu juga dipanggil Timnas Prancis untuk melakoni Piala Eropa 2020. 

Namun, kiprah Maignan untuk Prancis tampaknya tak bakal istimewa di Piala Eropa kali ini. Ia hanya berstatus pelapis dari Hugo Lloris, kiper utama Prancis yang telah dipercaya dalam beberapa tahun terakhir. Lloris juga punya peran penting di skuadnya, yaitu menjadi kapten utama Prancis.

3. Anthony Lopes

5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020Anthony Lopes (thescore.com)

Kiper utama Timnas Portugal dikenal sebagai miliknya Rui Patricio. Tak heran bila ia memang punya peran vital di skuad Seleccao dalam beberapa tahun belakangan. Imbas dari hal tersebut, kiper-kiper Portugal lain tak punya peluang besar untuk tampil setiap saat, salah satunya yaitu Anthony Lopes.

Dikenal sebagai pemain loyal Olympique Lyon, hal berbeda Lopes rasakan saat membela Portugal. Sejak debut pada 2015 lalu, kiper berusia 30 tahun ini hanya mencatatkan 13 caps hingga sekarang. Berlanjut di Piala Eropa 2020, Lopes juga lebih akrab dengan bangku cadangan dibandingkan lapangan hijau.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Mampukah Inggris Lolos ke Babak 16 Besar? 

4. Bernd Leno

5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020Bernd Leno (twitter.com/afcstuff)

Musim 2020/2021 merupakan musim yang tak begitu mulus bagi Bernd Leno. Selain gagal mengantarkan Arsenal melenggang ke kompetisi Eropa musim depan, Leno juga acap kali membuat blunder dan kesalahan tak perlu. Kendati begitu, Leno tetap dipercaya membela Timnas Jerman di Piala Eropa 2020.

Serupa dengan Kevin Trapp, Leno diprediksi tak bisa berbicara banyak di ajang akbar sepak bola Eropa kali ini. Dengan Neuer yang selalu dipercaya tampil, Leno hanya berstatus pelapis di skuad Die Mannschaft. Sejak debut pada 2016 lalu, eks kiper Bayer Leverkusen ini hanya mencatatkan 8 caps untuk Jerman.

5. David De Gea

5 Kiper Top yang Hanya Menjadi Pelapis di Piala Eropa 2020David De Gea (goal.com)

Pemandangan tak biasa terjadi di sektor kiper utama Spanyol yang melakoni Piala Eropa 2020. Dalam 2 laga awal yang dihadapi La Furia Roja, posisi kiper inti justru tak diisi oleh David De Gea, melainkan Unai Simon. Hal tersebut tentu kian mempertegas pertanyaan mengenai siapa kiper utama Spanyol saat ini.

Sejak Piala Dunia 2014 lalu, sejatinya David De Gea selalu dipercaya menjadi kiper utama Spanyol. Namun, seiring berjalannya waktu, kiper Manchester United ini acap kali melakukan blunder yang merugikan timnya sendiri. Yang terbaru, ia gagal membawa Setan Merah juara Liga Europa usai gagal mengeksekusi tendangan penalti. 

Meski menjadi tumpuan bersama klubnya, kelima kiper di atas justru hanya berstatus pelapis di Piala Eropa 2020. Adakah kiper favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya