3 Mantan Pemain Real Madrid yang Dilatih Pep Guardiola, Ada Kovacic!

Guardiola selalu identik dengan Barcelona

Pep Guardiola punya jiwa Barcelona yang kuat. Sepanjang kariernya, baik sebagai pemain maupun pelatih, tersimpan kenangan indah di antara keduanya. Yang paling dikenang tentunya saat Guardiola mampu membawa La Blaugrana meraih sextuple atau enam gelar sekaligus pada 2009 silam.

Ia punya banyak kesamaan dengan klub kesayangannya itu. Bahkan, soal rivalitas dengan Real Madrid sekali pun. Guardiola, seperti dilansir Mirror, mengaku tak bakal pernah melatih klub berjuluk Los Blancos tersebut. Itu merupakan bukti kesetiaannya. Kendati demikian, Guardiola tetap pernah bekerja sama dengan beberapa mantan pemain Real Madrid. Berikut ini deretan mantan pemain Real Madrid yang dilatih oleh Pep Guardiola.

1. Xabi Alonso

3 Mantan Pemain Real Madrid yang Dilatih Pep Guardiola, Ada Kovacic!Xabi Alonso (bundesliga.com)

Usai mengantarkan Bayern Munich meraih tiga gelar juara pada musim debutnya, Pep Guardiola tak berpuas diri. Ia menatap musim 2014/2015 dengan penuh optimisme. Beberapa pemain direkrut ke Allianz Arena, termasuk Xabi Alonso. Ia bergabung dari rival bebuyutan Barcelona, Real Madrid, seharga 9 juta euro atau sekitar Rp147 miliar.

Meski keduanya pernah adu tensi sewaktu masih berkarier di LaLiga, itu bukanlah masalah. Pasalnya, Guardiola mampu memoles Alonso sebagai salah satu gelandang penting di Bayern Munich. Selama 3 musim di Jerman, Alonso mengantongi 117 penampilan di semua kompetisi. Ia akhirnya gantung sepatu bersama Bayern Munich pada musim panas 2017.

2. Danilo

3 Mantan Pemain Real Madrid yang Dilatih Pep Guardiola, Ada Kovacic!Danilo (instagram.com/daniluiz2)

Saat menukangi Manchester City, Pep Guardiola sudah merekrut dua mantan pemain Real Madrid ke publik Etihad. Salah satunya adalah Danilo. Sang pemain bergabung dengan skuad The Citizens pada musim panas 2017. Saat itu, Manchester City harus menebusnya seharga 37 juta euro atau sekitar Rp605 miliar.

Alih-alih bisa menjadi pemain penting, peran Danilo justru tak terlalu terlihat. Ia tak punya petualangan yang mengesankan bersama Manchester City. Berposisi asli sebagai bek tengah, Guardiola kerap menjadikannya sebagai bahan eksperimen. Danilo ditempatkan sebagai bek sayap dan hasilnya tak begitu impresif. Ia lantas dijual ke Juventus pada musim panas 2019.

3. Mateo Kovacic

3 Mantan Pemain Real Madrid yang Dilatih Pep Guardiola, Ada Kovacic!Mateo Kovacic (twitter.com/ManCity)

Mateo Kovacic mengikuti jejak kedua pemain di atas yang menerima tawaran dari Pep Guardiola. Ia resmi berseragam Manchester City pada bursa transfer musim panas 2023. Meski direkrut dari Chelsea, Kovacic juga pernah membela Real Madrid. Ia berseragam klub berjuluk Los Blancos itu selama tiga musim (2015--2018).

Kovacic diikat kontrak oleh Manchester City hingga akhir musim 2026/2027 mendatang. Nantinya, Kovacic diplot sebagai pengganti Ilkay Gundogan di lini tengah The Citizens. Meski performanya menurun pada musim lalu, Kovacic dinilai dapat memberikan kontribusi lebih di bawah asuhan Guardiola.

4. Beberapa mantan anak asuh Pep Guardiola yang kini membela Real Madrid

3 Mantan Pemain Real Madrid yang Dilatih Pep Guardiola, Ada Kovacic!David Alaba dan Toni Kroos (instagram.com/davidalaba)

Tiga pemain di atas terlebih dahulu membela Real Madrid. Di sisi lain, ada juga beberapa nama yang pernah dilatih oleh Pep Guardiola, tetapi kini berseragam Los Blancos. Mereka adalah David Alaba, Toni Kroos, dan Brahim Diaz.

Alaba dan Kroos pernah dibimbing oleh sang pelatih saat menukangi Bayern Munich. Saat itu, keduanya punya nasib yang berbeda. Alaba merupakan pemain penting Die Roten, sedangkan Kroos malah dilepas ke Real Madrid demi memberikan ruang kepada Thiago Alcantara.

Sementara itu, Brahim merupakan produk akademi asli Manchester City. Ia promosi ke skuad tim inti pada pertengahan musim 2017/2018, tetapi kekurangan jam terbang. Brahim sempat bermain sebanyak 15 kali di bawah asuhan Guardiola. Namun, ia memutuskan untuk hengkang ke Real Madrid meskipun belum mendapatkan tempat utama hingga sekarang.

Sejumlah pemain di atas tentunya beruntung pernah atau tengah dilatih oleh Pep Guardiola. Meski begitu, tak semuanya mampu bersinar di bawah asuhan sang pelatih. Beberapa nama, seperti Danilo dan Toni Kroos, malah tampil impresif di klub lain.

Baca Juga: 6 Kapten Man City Era Pep Guardiola yang Pindah Klub, Ada Guendogan!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya