5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub Besar

Menjadi kerugian tersendiri bagi Rossoneri

AC Milan bertahan sebagai salah satu kekuatan besar di Serie A. Meskipun sempat mengalami penurunan performa, khususnya dalam sedekade terakhir, kini klub sekota Inter Milan itu mulai bangkit. Hal tersebut ditunjukkan dengan keberhasilan mereka merengkuh scudetto pada 2021/2022.

Kejayaan yang dituai AC Milan itu tentu didukung dengan komposisi skuad yang berkualitas. Pemain-pemain yang didatangkan selama ini sukses memberikan kontribusi besar.

Di sisi lain, Rossoneri sering kali kehilangan pemain bintangnya secara gratis ke klub besar. Siapa saja mereka?

1. Fernando Torres

5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub BesarFernando Torres (twitter.com/atletienglish)

Karier Fernando Torres tak kunjung membaik bersama AC Milan. Puncaknya, ia dipinjamkan ke klub lamanya, Atletico Madrid, pada pertengahan 2014/2015.

Pulang ke Spanyol menjadi asa selanjutnya bagi Torres agar bisa menemukan kembali performa terbaik. Pada awalnya, ia sukses tampil impresif.

Usai kontraknya habis bersama AC Milan, Torres langsung diikat kontrak permanen oleh Los Rojiblancos. Sayangnya, penampilan Torres tak seganas dulu.

Torres hanya mampu mencetak 45 gol dari 196 laga di semua ajang. Pada awal 2018/2019, Atletico melepas Torres ke klub Jepang, Sagan Tosu.

2. Pepe Reina

5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub BesarPepe Reina (instagram.com/preinaofficial)

Pepe Reina hanyalah kiper cadangan di AC Milan. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Aston Villa.

Kontraknya bersama Rossoneri habis pada pertengahan 2020. Manajemen AC Milan memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak sang pemain.

Tak butuh waktu lama bagi Reina untuk mendapatkan pelabuhan baru. Pemain asal Spanyol tersebut merapat ke Lazio dengan status bebas transfer.

Meski sudah berusia senja, Reina tetap mendapatkan banyak menit bermain bersama klub ibukota tersebut. Tampil bergantian dengan Thomas Strakosha, ia sudah menorehkan 54 penampilan dan 12 clean sheet di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub Lain

3. Hakan Calhanoglu

5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub BesarHakan Calhanoglu (instagram.com/hakancalhagnoglu)

Transfer kontroversial menyelimuti kepindahan Hakan Calhanoglu. Saat kontraknya di AC Milan berakhir, ia justru menjatuhkan pilihan barunya ke klub sekota, Inter Milan.

Perekrutan Calhanoglu itu jelas menguntungkan bagi Nerazzurri. Terlebih usianya juga masih 28 tahun.

Kehadiran pemain berpaspor Turki itu kian menambah kreativitas di lini depan Inter Milan. Calhanoglu tampil apik pada musim debutnya dengan sumbangan 8 gol dan 13 assist dari 46 penampilan.

Ia turut berkontribusi di balik keberhasilan Nerazzuri meraih trofi Coppa Italia. Calhanoglu juga merengkuh gelar juara Piala Super Italia pada musim yang sama.

4. Franck Kessie

5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub BesarFranck Kessie (twitter.com/WhoScored)

Scudetto merupakan akhir yang manis di balik kebersamaannya bersama AC Milan. Bagaimana tidak, Franck Kessie tak lagi menjadi pemain Rossoneri mulai musim depan.

Kontrak pemain berusia 25 tahun itu berakhir. Kontraknya urung diperpanjang akibat negosiasi yang menemui jalan buntu.

Dalam artian, pada musim panas 2022 ini, Kessie bakal berstatus bebas transfer. Menurut beberapa laporan, ia sudah menjalin kesepakatan dengan Barcelona.

Meski begitu, belum ada kabar resmi dari kedua belah pihak. Apabila terjadi, kehadiran Kessie di lini tengah La Blaugrana bakal menambah variasi pemain yang telah diisi nama-nama muda, seperti Gavi.

5. Gianluigi Donnarumma

5 Pemain Top AC Milan yang Dilepas Gratis ke Klub BesarGianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Gianluigi Donnarumma memutuskan untuk menyudahi kariernya di AC Milan. Menjadi andalan Rossoneri sebagai kiper utama sejak 2015, ia memilih untuk hengkang.

Gagalnya perpanjangan kontrak akibat perbedaan tuntutan kedua belah pihak membuka jalan bagi Donnarumma untuk hijrah pada 2021. Berstatus sebagai pemain gratisan, ia tak perlu lama mencari klub baru.

Donnarumma merapat ke Paris Saint-Germain dan jadi salah satu rekrutan anyar selain nama-nama top yang bergabung bersamanya. Hanya saja, pada musim debutnya bersama Le Parisiens, Donnarumma harus bergantian tampil dengan Keylor Navas di bawah mistar gawang.

Dengan berbagai alasan, kepergian kelima pemain andalan AC Milan di atas jelas merupakan sebuah kerugian besar. Terlebih, mereka juga pindah secara gratis ke klub lain.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dilepas Gratis oleh Bayern Munchen, Termasuk Alaba!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya