5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

Punya kontribusi besar di skuad The Cherries

Bournemouth kembali promosi ke English Premier League pada musim 2022/2023. Keberhasilan ini disambut dengan positif. The Cherries mempersiapkan skuadnya dengan maksimal. Bournemouth merekrut beberapa pemain berpengalaman.

Dari keseluruhan pemain di skuadnya, The Cherries memiliki beberapa nama yang sudah malang-melintang di Eropa. Mereka sebelumnya pernah membela klub papan atas Eropa. Siapa saja pemain yang dimaksud itu? Berikut ulasannya.

1. Adam Smith

5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar EropaAdam Smith (twitter.com/afcbournemouth)

Bournemouth sebenarnya tak punya prestasi yang mencolok dalam beberapa musim terakhir. Namun, itu bukan menjadi kekhawatiran bagi Adam Smith. Ia tak membela The Cherries karena uang, tetapi kesetiaan yang mendalam. Bournemouth menyelamatkan kariernya yang nyaris terpuruk pada musim dingin 2014.

The Cherries tetap tertarik dengannya. Padahal, karier Smith tak terlalu menonjol karena kekurangan jam terbang. Ia sebenarnya pernah membela Tottenham Hotspur, tetapi lebih sering dipinjamkan. Itu sebabnya Smith setia membela Bournemouth dan sudah mengoleksi 344 penampilan di semua kompetisi.

2. Marcos Senesi

5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar EropaMarcos Senesi (twitter.com/senesimarcos)

Musim 2022/2023 merupakan musim perdana Marcos Senesi berseragam Bournemouth. Ia bergabung dari klub raksasa Eredivisie, Feyenoord. Dalam kesepakatan transfer ini, Senesi dibeli oleh The Cherries seharga 15 juta euro atau sekitar Rp247 miliar. Ia dikontrak hingga akhir musim 2025/2026 mendatang.

Pengalamannya bersama Feyenoord merupakan bekal bagus bagi Senesi di Inggris. Ia bahkan langsung dipercaya menjadi pilar penting di jantung pertahanan The Cherries. Senesi bermain dalam 34 pertandingan pada musim debutnya. Ia juga mengantarkan Bournemouth terhindar dari jurang degradasi.

Baca Juga: 10 Fakta Marcos Senesi, Bek Tengah Baru Milik Bournemouth 

3. Matias Vina

5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar EropaMatias Vina (premierleague.com)

Bournemouth merekrut Matias Vina pada pertengahan musim 2022/2023. Sang pemain bergabung dengan status pinjaman dari AS Roma. Vina dinilai bisa menjadi sosok ideal untuk memperkuat lini tengah The Cherries. Hasilnya pun terbukti tepat. Vina langsung tampil reguler pada musim debutnya.

Meski berstatus debutan, pemain berpaspor Uruguay itu tak kesulitan beradaptasi. Vina sudha mengantongi 12 penampilan dengan koleksi 2 gol. Melihat situasi lini tengah Bournemouth yang baru saja ditinggal oleh Jefferson Lerma, ia tentunya bisa menjadi pengganti yang sepadan.

4. Dominic Solanke

5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar EropaDominic Solanke (twitter.com/DomSolanke)

Lini serang Bournemouth diisi oleh salah satu sosok yang berpengalaman di klub besar. Pemain yang dimaksud itu adalah Dominic Solanke. Ia merupakan mesin gol andalan The Cherries sejak pertengahan musim 2018/2019 lalu. Solanke datang dengan membawa pengalaman dari klub papan atas di Inggris.

Ia berstatus sebagai jebolan akademi Chelsea. Setelah membela The Blues, Solanke sempat hijrah ke Liverpool meski gagal bersinar. Pindah ke Bournemouth merupakan ajang pembuktian yang sebenarnya bagi pemain berusia 25 tahun itu. Hasilnya pun berbuah manis. Solanke tampil tajam dengan koleksi 56 gol dari 174 penampilan.

5. Neto

5 Pemain Aktif Bournemouth yang Pernah Membela Klub Besar EropaNeto (twitter.com/afcbournemouth)

Neto merupakan salah satu rekrutan anyar Bournemouth pada musim panas 2022. Ia bergabung dengan status bebas transfer usai kontraknya habis bersama Barcelona. Tak hanya La Blaugrana, Neto juga pernah membela klub besar Eropa lainnya. Ia sempat berseragam Juventus hingga Valencia.

Dengan pengalaman dan kualitas yang ia miliki, Neto langsung menjadi kiper utama. Ia menyingkirkan kiper The Cherries lainnya ke bangku cadangan. Neto bahkan ditunjuk sebagai kapten tim. Ia telah bermain dalam 28 pertandingan dengan koleksi 6 clean sheet di semua kompetisi.

Mereka punya segudang pengalaman dan mentalitas juara. Tak ayal kelima pemain di atas bisa memberikan dampak positif bagi permainan Bournemouth. Mereka mengantarkan The Cherries terhindar dari jurang degradasi meski berstatus sebagai klub promosi di EPL.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Bournemouth dari Luar EPL, Jadi Andalan?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya