5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara Gratis

Christian Eriksen salah satunya

Brentford mulai naik daun dalam dua musim terakhir. Ini tak lepas dari keberhasilannya menembus kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris, English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Bees ini mampu tampil konsisten di papan tengah klasemen.

Meskipun bukan berstatus tim favorit juara, Brentford tetap punya daya tarik yang besar. The Bees selalu aktif dalam bursa transfer. Pemain-pemain anyar selalu bergabung, tak terkecuali mereka yang datang dengan status bebas transfer alias gratis. Inilah 5 pemain terakhir yang direkrut Brentford dengan status gratisan.

1. Nikos Karelis

5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara GratisNikos Karelis (twitter.com/BrentfordFC)

Nikos Karelis berlabuh ke Brentford pada musim panas 2019. Saat itu, ia datang dengan status bebas transfer sebab berstatus tanpa klub. Karelis sebelumnya pernah membela beberapa klub Eropa, seperti PAOK Salonika dan KRC Genk. Sementara itu, Brentford merupakan klub Inggris satu-satunya yang pernah ia bela.

Kiprah Karelis bersama The Bees hanya bertahan seumur jagung. Karelis membela Brentford selama semusim dengan catatan yang bisa dibilang biasa-biasa saja. Striker berkebangsaan Yunani tersebut hanya dipercaya sebagai pemain pelapis. Ia mengoleksi empat penampilan sewaktu berseragam Brentford.

2. Zanka

5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara GratisZanka (brentfordfc.com)

Mathias Jattah-Njie Jørgensen atau akrab dengan sebutan Zanka ini sudah berseragam Brentford sejak musim 2021/2022. Zanka bergabung dari klub Turki, Fenerbahce. The Bees tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali sebab dirinya berstatus gratisan alias belum dimiliki oleh klub mana pun.

Meski hanya berstatus gratisan, Zanka tetap punya peran penting bagi Brentford. Ia cukup diandalkan di jantung pertahanan The Bees meski sudah berusia kepala tiga. Hingga akhir musim 2022/2023 ini, pemain berkebangsaan Denmark tersebut sudah mengoleksi 30 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: Lika-liku Karier Christian Eriksen, Sakit Jantung hingga Comeback

3. Christian Eriksen

5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara GratisChristian Eriksen (premierleague.com)

Christian Eriksen memutuskan untuk tidak segera pensiun sebagai pemain. Setelah menjalani pemulihan akibat masalah jantung yang ia derita, Eriksen kembali aktif berkarier. Ia resmi bergabung dengan Brentford pada musim dingin 2022. Dalam transfer ini, The Bees beruntung tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Meski sempat menepi lama dari lapangan hijau, performa Eriksen justru masih konsisten. Ia menjadi jantung permainan Brentford yang mampu membukukan 1 gol dan 4 assist dari 11 penampilan. Sayangnya, kiprah Eriksen bersama The Bees hanya bertahan hingga akhir musim 2021/2022. Ia lalu hijrah ke Manchester United.

4. Ben Mee

5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara GratisBen Mee (brentfordfc.com)

Burnley ditinggal beberapa pemainnya pasca terdegradasi ke Championship pada akhir musim 2021/2022. Ben Mee salah satunya. Ia memutuskan untuk hengkang dari Burnley demi tetap bisa berkarier di English Premier League (EPL). Ben Mee lalu menerima tawaran dari Brentford dengan durasi kontrak selama dua musim.

Keputusannya bergabung dengan skuad The Bees merupakan pilihan yang tepat. Pemain berusia 33 tahun ini langsung dipercaya menjadi bek utama Brentford. Ben Mee menunjukkan performa yang solid sewaktu diturunkan. Tercatat, ia sudah bermain dalam 38 pertnaidngan di semua kompetisi.

5. Thomas Strakosha

5 Pemain Terakhir yang Didatangkan Brentford secara GratisThomas Strakosha (instagram.com/thomas.strakosha)

Thomas Strakosha akhirnya meninggalkan Lazio pada musim panas 2022. Ia menyudahi kariernya bersama klub ibu kota Italia itu yang sudah terjalin selama enam musim. Strakosha ingin mencari tantangan baru. Pilihannya jatuh kepada English Premier League (EPL) dan memilih Brentford sebagai klub barunya.

Meski berpengalaman di kompetisi Italia, nasib Strakosha tak berjalan mulus di Inggris. Ia gagal menjadi kiper nomor satu Brentford. Strakosha hanya menjadi pelapis dari David Raya yang mendapatkan kepercayaan penuh. Secara keseluruhan, ia bahkan baru mengoleksi dua penampilan di semua kompetisi.

Gratisan bukan berarti tidak punya kualitas. Kelima pemain di atas mampu menunjukkan performa apik bersama Brentford. Sejumlah nama bahkan sulit tergantikan posisinya sebagai pilar penting dalam permainan The Bees.

Baca Juga: 10 Fakta Thomas Strakosha, Kiper Baru Brentford Asal Albania

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya