Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier League

Kesulitan tampil reguler di Barca

Barcelona, dengan segudang prestasi yang telah diraih hingga sekarang, menjadi salah satu destinasi impian bagi kebanyakan pesepak bola. Meski performanya sedikit menurun dalam beberapa musim terakhir, daya tarik yang dimiliki La Blaugrana masih begitu kuat.

Hal ini dibuktikan dengan deretan transfer yang terus berjalan di tiap musimnya. Meski berdampak bagus terhadap komposisi skuad, hal ini juga harus memakan korban. Sejumlah pemain yang kesulitan bersaing terpaksa dilepas ke klub lain, khususnya Premier League seperti yang dialami 5 pemain berikut ini.

1. Gerard Deulofeu

Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueGerard Deulofeu (twitter.com/FootyAccums)

Gerard Deulofeu menjadi salah satu talenta La Masia yang kesulitan bersinar di tim utama Barcelona. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain hingga kedatangan Ernesto Valverde mengubah nasibnya. Deulofeu direkrut kembali oleh klub Catalan pada musim panas 2017 untuk memperkuat lini serang.

Alih-alih bisa bersaing, ia malah kesulitan mendapatkan menit bermain. Deulofeu akhirnya hanya bertahan setengah musim lantaran dipinjamkan ke Watford. Bersama The Hornets, Deulofeu menikmati karier yang lebih baik hingga dipermanenkan seharga 13 juta euro atau setara Rp204 miliar pada akhir musim.

2. Andre Gomes

Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueAndre Gomes (twitter.com/Squawka)

Andre Gomes membela Barcelona sejak musim 2016/2017 lalu. Ia menjadi salah satu perekrutan Luis Enrique untuk menambah variasi di lini tengah La Blaugrana. Tercatat, Gomes berseragam Barca selama dua musim saja. Pemain berpaspor Portugal itu gagal bersinar akibat persaingan yang begitu ketat.

Puncaknya, pada awal musim 2018/2019, Gomes dilepas ke Everton melalui kesepakatan pinjaman. Hijrah menuju The Toffees setidaknya mampu meningkatkan kembali performanya yang sempat menurun. Tak ayal, Gomes dipermanenkan oleh tim barunya itu dan masih bertahan hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

3. Lucas Digne

Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueLucas Digne (twitter.com/Squawka)

Sektor bek kiri menjadi fokus perhatian Barcelona mengingat Jordi Alba yang tak memiliki kompetitor sepadan. Nama Lucas Digne dipilih sebagai pesaing bek Spanyol itu usai direkrut pada musim panas 2016 lalu. Akan tetapi, hal yang diharapkan malah berbanding terbalik dengan situasi di lapangan.

Digne kesulitan tampil reguler lantaran hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Tercatat, pemain asal Prancis itu cuma membela Barca selama dua musim. Ia memilih hengkang ke Everton demi kesempatan tampil yang lebih baik. Benar saja, performanya sukses melejit dengan catatan 127 penampilan di semua ajang.

4. Nelson Semedo

Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueNelson Semedo (twitter.com/TalkingWolves)

Karier Nelson Semedo di Barcelona tak sepenuhnya berjalan buruk. Selama tiga musim membela La Blaugrana, ia tampil bergantian dengan Sergi Roberto mengisi pos bek kanan tim. Namun, pergantian juru taktik ke tangan Ronald Koeman membawa kabar buruk baginya. Semedo tak masuk rencana tim.

Kedatangan Sergino Dest merupakan alarm perpisahan bagi pemain berpaspor Portugal tersebut. Beruntung baginya, tak butuh waktu lama bagi Semedo mendapatkan klub baru. Ia diboyong Wolves ke Molineux Stadium dengan banderol 32 juta euro atau sekitar Rp502 miliar pada awal musim 2020/2021.

5. Junior Firpo

Kalah Saing, 5 Pemain Ini Dilepas Barcelona ke Klub Premier LeagueJunior Firpo (twitter.com/Copa90)

Menyusul Lucas Digne, lagi-lagi muncul korban di balik dominasi Jordi Alba di sisi kiri pertahanan Barcelona. Pemain yang dimaksud tersebut adalah Junior Firpo. Ia hanya mampu bertahan selama dua musim bersama klub Catalan dengan statistik yang kurang menjanjikan. Terlebih, Firpo hanya jadi pelapis.

Pada akhirnya, ia dijual Barcelona ke Leeds United sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp235 miliar. Pindah ke klub berjuluk The Whites sepertinya merupakan pilihan tepat baginya. Firpo dipercaya tampil reguler sebagai bek kiri utama tim dengan koleksi 28 penampilan di berbagai kompetisi.

 

Persaingan yang sangat ketat di berbagai lini menjadi salah satu tantangan tersendiri di klub top seperti Barcelona. Kelima nama di atas sudah mengalami hal tersebut dan melakukan manuver yang sama, yaitu hijrah ke Premier League.

Baca Juga: 10 Potret Jordi Alba, Pengisi Tetap Pos Bek Kiri Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya