5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama Baru

Jack Grealish menjadi rekrutan anyar City sejauh ini

Bukan rahasia umum bila Manchester City dikenal dengan hobinya merekrut pemain berharga tinggi. Terlebih sejak sedekade terakhir, kebiasaan The Cityzens itu sudah mendarah daging di setiap jendela transfer. Pada awal musim 2020/2021, City memecahkan rekor transfernya dengan menggaet Ruben Dias.

Hal tersebut kembali terjadi di bursa transfer kali ini. City mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa seharga 100 juta pounds atau sekitar Rp2 triliun. Nominal selangit itu menjadikan Grealish sebagai pemain Inggris termahal yang pernah direkrut The Cityzens. Termasuk Grealish, berikut kami sajikan 5 rekrutan pemain Inggris termahak Manchester City sejauh ini.

1. Jack Grealish - 117,5 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama BaruJack Grealish (twitter.com/ManCity)

Saga transfer Jack Grealish ke Manchester City akhirnya terealisasi. Biaya sebesar 117,5 juta euro atau sekitar Rp2 triliun menjadi nominal yang disepakati The Cityzens dan Aston Villa. Banderol fantastis tersebut menjadikan nama Grealish sebagai rekrutan pemain Inggris termahal sepanjang masa. Namun, tak sedikit pula yang menganggap harga tersebut kemahalan bagi pemain yang dinilai belum teruji.

Kedatangan Grealish menjadi angin segar bagi skuad asuhan Pep Guardiola. Tak hanya atraktif sebagai playmaker, pria berusia 25 tahun tersebut juga dikenal lihai bermain di beberapa posisi, seperti winger dan false nine. Grealish telah memulai debutnya untuk City di ajang Community Shield beberapa waktu yang lalu. Melawan Leicester City, Grealish tak mampu mengantarkan tim barunya itu menjadi kampiun.

2. Raheem Sterling - 63,7 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama BaruRaheem Sterling (eurosport.com)

Sebelum dipecahkan Jack Grealish, rekor pembelian pemain Inggris termahal yang direkrut Manchester City dipegang oleh Raheem Sterling. Catatan itu bertahan dalam waktu yang lama, setidaknya selama 6 tahun terakhir. The Cityzens menggaet Sterling dari Liverpool dengan mahar 63,7 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun pada musim panas 2015.

Suksesnya transfer Sterling itu diwarnai dengan kemarahan fans The Reds. Maklum saja, Sterling memaksa untuk pindah dari klub Merseyside itu untuk bergabung ke skuad City. Kepindahannya saat itu membuat Sterling panen gelar. Tak cuma bergelimamg trofi, ia juga diandalkan di lini depan The Cityzens dan sudah membuat 292 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Raheem Sterling untuk Mencetak Gol, Klub Mana Saja?

3. John Stones - 55,6 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama BaruJohn Stones (skysports.com)

Semusim setelah kedatangan Raheem Sterling, giliran John Stones yang merapat ke Manchester City dengan banderol selangit. Ia tiba ke Etihad Stadium sebagai salah satu rekrutan awal Pep Guardiola yang baru ditunjuk sebagai pelatih anyar City. Dalam usaha merekrut Stones, The Cityzens mengeluarkan kocek sebesar 55,6 juta euro atau sekitar Rp945 miliar.

Stones masih bertahan hingga saat ini dengan perjalanan yang bak rollercoaster. Ia diandalkan Guardiola di awal-awal kedatangannya. Namun, kariernya untuk City berpotensi terhenti pada musim 2019/2020 lantaran cedera panjang dan inkonsistensi performa. Pada akhirnya, Stones mampu bangkit di musim lalu dan menjadi pilar utama bersama Ruben Dias di jantung pertahanan City.

4. Kyle Walker - 52,7 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama BaruKyle Walker (twitter.com/goal)

Tak kunjung mendapatkan prestasi bersama Tottenham Spurs, Kyle Walker tak ragu untuk hengkang meskipun ke klub rival. Ia memutuskan Manchester City sebagai pelabuhan barunya dan hijrah di musim panas 2017 lalu. Proses kepindahannya memakan biaya yang lumayan tinggi, yaitu 52,7 juta euro atau sekitar Rp895 miliar.

Tak sia-sia City merekrut Walker saat itu, ia sukses menunjukkan performa terbaiknya. Pemain berusia 31 tahun tersebut nyaris tak tersentuh di pos bek kanan The Cityzens dengan statistik yang begitu apik. Secara keseluruhan, Walker sudah dipercaya mencatatkan 184 penampilan untuk City dengan koleksi 5 gol dan 15 assist.

5. Joleon Lescott - 27,5 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Direkrut Manchester City, Ada Nama BaruJoleon Lescott (goal.com)

Mundur ke musim panas 2009, Joleon Lescott memegang status sebagai pemain Inggris termahal yang direkrut Manchester City. Lescott didatangkan dengan biaya 27,5 juta euro atau sekitar Rp467 miliar dari Everton. Lescott diharapkan mampu menjadi solusi atas bobroknya lini pertahanan The Cityzens.

Sejatinya ia mampu menjalankan perannya dengan sangat baik. Hal itu juga yang membuat Lescott dipercaya bertahan selama 5 musim di Etihad Stadium. Tampil sebanyak 160 kali di semua ajang, ia berhasil mempersembahkan sederet gelar domestik. Kebersamaan Lescott bersama City terhenti di musim 2013/2014 setelah kontraknya habis dan tak diperpanjang.

 

Mahalnya biaya transfer Jack Grealish menjadi beban besar yang harus ia tuntaskan bersama klub Manchester. Akankah Grealish bisa membuktikan kemampuannya untuk The Cityzens? Kita nantikan saja.

Baca Juga: Manchester City Enggan Rekrut Messi Gara-gara Jack Grealish

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya