5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!

Dua di antaranya berkarier di English Premier League

Di dunia sepak bola, pamor Swedia acap kali dipandang belum sekuat negara lain, seperti Inggris atau Prancis. Dalam beberapa kompetisi internasional, prestasi yang dicapai Swedia juga tak terlalu mencolok.

Meski begitu, saat ini, Swedia tengah menjalani fase krusial. Bagaimana tidak, negara asal Zlatan Ibrahimovic ini memiliki banyak talenta muda yang potensial. Beberapa nama tersebut bahkan berkarier di klub besar Eropa.

Inilah pemain muda Swedia yang membela klub besar Eropa.

1. Alexander Isak

5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!Alexander Isak (instagram.com/alex_isak)

Swedia sepertinya tak perlu khawatir mencari penerus Zlatan Ibrahimovic yang kian menua. Pasalnya, ada sosok penyerang muda yang juga bersinar sejauh ini. Dia adalah Alexander Isak, mesin gol andalan Real Sociedad dalam 3 musim belakangan.

Bergabung ke klub LaLiga itu pada 2019 lalu, Isak menjelma jadi pemain kunci. Ia sudah membukukan 43 gol dan 8 assist dari 128 penampilan di semua ajang. Isak juga mengantarkan Real Sociedad meraih satu gelar Copa del Rey.

2. Gabriel Gudmunsson

5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!Gabriel Gudmunsson (instagram.com/gudmunsson_)

Menuju ke Ligue 1, sensasi ala pemain muda Swedia terfokus kepada satu nama, yaitu Gabriel Gudmunsson. Ia sejatinya baru berkarier di Prancis pada musim panas 2021. Gudmunsson yang berposisi sebagai bek kiri ini diboyong Lille dari klub Eredivisie, Groningen.

Meski berstatus debutan, Gudmunsson sudah menunjukkan kualitasnya. Ia menjadi bek kiri utama Les Dogues sepanjang musim.

Secara keseluruhan, Gudmunsson sudah tampil 35 kali bersama Lille. Ia juga sukses menjalani debut bersama Timnas Swedia pada Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Muda Ini Dibeli dengan Harga Mahal oleh Arsenal

3. Mattias Svanberg

5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!Matias Svanberg (instagram.com/vfl.wolfsburg)

Talenta muda Swedia satu ini baru saja berganti klub pada musim panas 2022. Mattias Svanberg resmi menjadi milik klub Bundesliga, VfL Wolfsburg. Ia ditebus Die Wolfe dari Bologna dengan banderol mencapai 9 juta euro atau sekitar Rp137 miliar.

Bersama Wolfsburg, Svanberg diharapkan mampu berkembang dan bersaing di lini tengah. Terlebih, usianya masih 23 tahun saat ini. Svanberg punya banyak waktu untuk meningkatkan kariernya dan jadi andalan Swedia dalam beberapa tahun mendatang.

4. Anthony Elanga

5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!Anthony Elanga (twitter.com/livescore)

Manchester United boleh saja terpuruk sepanjang 2021/2022. Namun, di balik nestapa yang dialami Setan Merah itu, terselip potensi luar biasa dari pemain muda mereka, Anthony Elanga. Ia mampu bersinar di skuad utama klub Manchester tersebut.

Elanga sejatinya baru dipromosikan ke skuad utama pada musim panas 2021. Meski begitu, ia mampu menunjukkan kemampuannya sehingga dipercaya rutin tampil. Tercatat, Elanga sukses mencetak 4 gol dan 2 assist dari 29 laga yang dijalani bersama Setan Merah.

5. Dejan Kulusevski

5 Pemain Muda Swedia yang Membela Klub Besar Eropa, Ada Wonderkid MU!Dejan Kulusevski (twitter.com/Squawka)

Namanya mulai dikenal sewaktu bergabung dengan Juventus pada 2020 lalu. Awalnya, Kulusevski sempat diandalkan Si Nyonya Tua. Sayang, hal tersebut perlahan memudar dan kini dirinya dipinjamkan ke Tottenham Hotspur sejak awal 2022 lalu.

Pindah ke Inggris bukanlah pilihan yang buruk. Kulusevski tampil impresif di lini depan The Lilywhites dengan koleksi 5 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Oleh sebab itu, Tottenham memperpanjang durasi peminjamannya hingga akhir musim 2022/2023 nanti.

Swedia dinilai belum terlalu kuat selayaknya negara besar Eropa di dunia sepak bola. Pada masa depan, bisakah kelima pemain muda di atas mengangkat performa negaranya menjadi lebih baik?

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Dibeli Barcelona Ini Gagal Bersinar, Kalah Saing!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya