5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi Permanen

Mereka telah dipercaya jadi andalan tim masing-masing

Musim 2021/2022 telah rampung. Beberapa catatan menarik mewarnai perhelatan musim ini. Mulai dari juara di tiap liga hingga performa para pemain yang bervariasi. 

Kesampingkan sejenak kisah para pemain top, lantaran nama-nama lain juga turut punya cerita yang berbeda. Terlebih bagi pemain yang berstatus pinjaman selama musim 2021/2022.

Sukses tampil impresif selama melakoni masa pinjaman, sederet pemain sepak bola Eropa ini pun akhirnya dipermanenkan oleh klub yang mereka bela. Siapa saja mereka? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Nuno Mendes

5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi PermanenNuno Mendes (twitter.com/FabrizioRomano)

Nuno Mendes sukses melunakkan hati manajemen Paris Saint-Germain. Datang ke Parc des Princes sebagai pemain pinjaman dari Sporting Lisbon, Mendes menunjukkan kapasitas terbaik yang ia miliki. Ia mampu menggusur sosok berpengalaman dalam diri Juan Bernat di sisi kiri pertahanan Le Parisiens.

Pemain Portugal itu dipercaya tampil sebanyak 40 kali di semua ajang selama masa peminjaman. Tak ayal, PSG mengaktifkan opsi pembelian permanen Mendes pada musim panas 2022 ini. Biaya mahal sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp624 miliar pun dibayarkan demi mempertahankan sang aset potensial.

2. Andre Zambo Anguissa

5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi PermanenAndre Zambo Anguissa (twitter.com/IFTVofficial)

Napoli tak mau kehilangan Andre Zambo Anguissa begitu saja. Kendati datang dari Fulham, yang notabene baru terdegradasi ke Championship, kualitas yang dimiliki Anguissa tetap menarik minat Partenopei.

Selama masa peminjaman, peran pemain asal Kamerun itu begitu konsisten dalam mengatur stabilitas permainan Napoli di lini tengah. Anguissa mencatatkan 33 penampilan di semua ajang selama musim 2021/2022. Kini status Anguissa resmi dipermanenkan. Napoli telah menebus opsi pembelian seharga 15 juta euro atau sekitar Rp234 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Tampil Impresif pada Musim 2021/2022

3. Willian Jose

5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi PermanenWillian Jose (twitter.com/RealBetis_en)

Posisi Willian Jose di lini depan Real Sociedad makin tergusur. Sempat dipinjamkan ke Wolves pada paruh kedua musim 2020/2021, ia kembali dipinjamkan ke Real Betis sepanjang musim 2021/2022. Cocok, kehadiran Jose makin menambah variasi di lini depan Real Betis.

Tak disangka performa pemain berpaspor Brasil itu melejit bersama Real Betis. Jose mampu tampil produktif dengan gelontoran 11 gol dan lima assist serta sukses mempersembahkan titel Copa Del Rey 2021/2022. Pada akhirnya, opsi pembelian permanen pun diaktifkan oleh Real Betis untuk menebus sang penyerang. Real Betis telah membayarkan mahar mencapai 8,5 juta euro atau setara Rp132 miliar.

4. Philippe Coutinho

5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi PermanenPhilippe Coutinho (twitter.com/AVFCOfficial)

Permainannya yang tak kunjung membaik bersama Barcelona akhirnya berujung perpisahan. Philippe Coutinho dipinjamkan ke Aston Villa pada musim dingin 2022 lalu.

Bermain tanpa beban bersama The Villans rupanya berbuah manis bagi Coutinho. Ciri khas permainannya yang atraktif kembali terlihat lewat kontribusi lima gol dan tiga assist yang ia catatkan selama setengah musim bersama Aston Villa. Aston Villa pun akhirnya mempermanenkan statusnya dengan menebus opsi pembelian seharga 20 juta euro atau sekitar Rp312 miliar.

5. Matteo Guendouzi

5 Pemain Pinjaman yang Kini Statusnya Resmi PermanenMatteo Guendouzi (twitter.com/EuropaLeague)

Matteo Guendouzi menemukan performa terbaiknya bersama Olympique Marseille. Berstatus sebagai pemain pinjaman dari Arsenal, Guendouzi sukses memanfaatkannya dengan baik hingga dipercaya menjadi andalan di lini tengah Les Phoceens.

Guendouzi tampil impresif bersama Marseille lewat catatan 55 penampilan di semua ajang. Berkat performa impresifnya itu pula ia sukses mendapatkan panggilan timnas Prancis sejak November 2021. Penampilannya makin menjanjikan, Guendouzi pun akhirnya dibeli permanen oleh Marseille seharga 11 juta euro atau sekitar Rp171 miliar.

Berkat penampilannya yang menjanjikan selama peminjaman di musim 2021/2022, kelima nama di atas sukses diikat secara permanen oleh klubnya masing-masing. Tak menutup kemungkinan nama-nama lain juga ikut menyusul mengingat bursa transfer musim panas 2022 yang masih panjang.

Baca Juga: 6 Pemain Muda Pinjaman yang Bersinar pada 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya