5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade Terakhir

Orkun Kokcu resmi dilepas ke Benfica

Feyenoord merupakan salah satu klub raksasa di Eredivisie Belanda. Klub rival Ajax ini bahkan menjuarai Eredivisie pada musim 2022/2023 lalu. Keberhasilan ini tentunya tak lepas dari campur tangan berbagai pihak, termasuk para pemainnya yang tampil apik.

Usai menjadi kampiun, Feyenoord melepas beberapa pemainnya, termasuk Orkun Kokcu. Sang pemain dijual ke Benfica yang memecahkan rekor transfer klub. Bukan ini saja keuntungan yang pernah diraih oleh Feyenoord. Mereka juga kerap menjual mahal pemainnya dalam sedekade terakhir.

Inilah lima pemain termahal yang dijual oleh Feyenoord dalam sedekade terakhir.

1. Orkun Kokcu

5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade TerakhirOrkun Kokcu (twitter.com/SLBenfica)

Feyenoord melepas gelandang andalannya, Orkun Kokcu, pada musim panas 2023. Feyenoord meraup dana segar dari hasil penjualannya. Dilepas ke Benfica, proses kepindahan Kokcu memakan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp416 miliar. Ia dikontrak selama lima musim.

Kokcu diplot sebagai jenderal lapangan tengah baru dalam permainan Benfica. Kehadirannya menjadi sinyal kuat dari pergerakan aktif Benfica pada bursa transfer. Selain pemain asal Turki tersebut, The Eagles sudah mendapatkan beberapa pemain anyar, termasuk Angel Di Maria.

2. Luis Sinisterra

5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade TerakhirLuis Sinisterra (instagram.com/luissinisterra)

Luis Sinisterra berpisah dengan Feyenoord pada musim panas 2022. Ia hengkang ke Leeds United usai ditebus dengan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp416 miliar. Sinisterra menjadi salah satu rekrutan masif The Whites yang jor-joran saat itu. Namun, hasilnya justru tak sesuai harapan.

Sinisterra sebenarnya tampil cukup menjanjikan. Ia berhasil mengoleksi 7 gol dari 22 laga. Sayangnya, Sinisterra terpaksa absen sejak April 2023 karena mengalami cedera engkel. Masalah makin bertambah setelah timnya dipastikan terdegradasi dari English Premier League.

Baca Juga: 10 Fakta Luis Sinisterra, Pemain Baru Leeds United Pengganti Raphinha

3. Rick Karsdorp

5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade TerakhirRick Karsdorp (twitter.com/ASRomaEN)

Rick Karsdorp merupakan lulusan akademi Feyenoord. Setelah promosi ke tim utama pada 2014, ia tak butuh waktu lama untuk unjuk gigi. Karsdorp menjadi bek kanan utama sehingga dilirik oleh klub sekaliber AS Roma. Karsdorp pun merapat ke skuad I Giallorossi pada musim panas 2017.

Ia dibeli oleh AS Roma seharga 16 juta euro atau sekitar Rp267 miliar. Awal perjalanannya tidak berlangsung mulus. Karsdorp juga sempat dipinjamkan ke Feyenoord pada musim 2019/2020. Usai kembali, ia mulai rutin diturunkan. Karsdorp sudah mengoleksi 129 penampilan bersama AS Roma.

4. Marcos Senesi

5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade TerakhirMarcos Senesi (twitter.com/senesimarcos)

Bournemouth merekrut banyak pemain setelah promosi ke EPL pada akhir musim 2021/2022. Salah satu nama yang berhasil diboyong itu adalah Marcos Senesi. Sang pemain bergabung dari Feyenoord seharga 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar. Hasilnya pun berbuah manis.

Senesi langsung mendapatkan kepercayaan sebagai bek utama The Cherries. Pada musim debutnya, pemain berpaspor Argentina itu sudah diturunkan dalam 34 pertandingan di semua kompetisi. Senesi juga berhasil membawa Bournemouth terhindar dari jurang degradasi.

5. Tyrell Malacia

5 Pemain Termahal yang Dijual oleh Feyenoord dalam Sedekade TerakhirTyrell Malacia (twitter.com/TyrellMalaciia)

Tyrell Malacia merupakan rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United. Untuk mendapatkan servis pemain Feyenoord itu, Setan Merah harus merogoh kocek 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar. Malacia diplot sebagai pengganti Alex Telles yang tak masuk rencana sang pelatih.

Musim debut yang dijalaninya cukup baik. Malacia mampu mengantongi 39 penampilan di semua kompetisi. Ia bisa mengimbangi dominasi dari Luke Shaw. Meski begitu, performa Malacia kerap disorot. Kemampuannya dalam bertahan dinilai mudah dieksploitasi oleh pemain lawan.

Kelima pemain di atas pernah menjadi tulang punggung Feyenoord. Kehilangan mereka jadi kerugian tersendiri. Namun, Feyenoord dapat menemukan penggantinya melalui uang hasil penjualan yang diperoleh.

Baca Juga: 5 Pemain MU dengan Jersey Nomor 12 sebelum Tyrell Malacia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya