5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie A

Sassuolo meraih keuntungan yang besar dari penjualan mereka

Sassuolo bukanlah klub penantang gelar juara di Serie A. Walaupun begitu, Sassuolo punya regenerasi skuad yang sangat baik. Klub berjuluk Neroverdi ini telah mengembangkan banyak talenta hebat yang bersinar di kompetisi top Eropa.

Sassuolo juga meraih dana segar yang melimpah dengan menjualnya ke klub lain. Para pemain Sassuolo ini diminati oleh banyak klub, termasuk klub Serie A lainnya. Mereka bahkan bersedia mengeluarkan kocek yang sangat mahal. Inilah 5 pemain termahal yang dijual oleh Sassuolo ke sesama klub Serie A.

1. Manuel Locatelli

5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie AManuel Locatelli (instagram.com/locamanuel73)

Juventus resmi mendapatkan Manuel Locatelli pada musim panas 2021. Bianconeri merekrutnya dengan skema pinjaman disertai opsi kewajiban untuk membeli. Locatelli dibanderol oleh Sassuolo seharga 30 juta euro atau sekitar Rp480 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2026 mendatang.

Locatelli membuktikan kualitasnya di lini tengah Juventus. Ia mampu menutupi lubang yang ditinggalkan oleh nama-nama lain yang sudah hengkang. Posisi Locatelli nyaris tak tergantikan. Secara keseluruhan, pemain berkebangsaan Italia ini sudah tampil dalam 92 pertandingan di semua kompetisi.

2. Giacomo Raspadori

5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie AGiacomo Raspadori (instagram.com/giacomo.raspadori)

Giacomo Raspadori merupakan lulusan akademi Sassuolo. Ia menimba ilmu di klub ini sejak masih berusia belasan tahun. Puncaknya, Raspadori sukses promosi ke skuad utama pada awal musim 2018/2019. Raspadori seketika menjadi andalan di lini serang Sassuolo. Ia bersinar saat usianya yang masih muda.

Pada musim panas 2022, Raspadori hijrah ke Napoli. Ia dipinjam selama semusim penuh. Meski bukan menjadi pilihan utama, Raspadori tetap berjasa dalam mengantarkan Napoli merengkuh Scudetto. Ia juga ditebus secara permanen dengan mahar 26 juta euro atau sekitar Rp416 miliar.

Baca Juga: 10 Fakta Giacomo Raspadori, Striker Lincah Sassuolo dan Timnas Italia

3. Stefano Sensi

5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie AStefano Sensi (twitter.com/ChampionsLeague)

Stefano Sensi merupakan salah satu rekrutan awal Antonio Conte saat melatih Inter Milan. Sensi awalnya bergabung dengan status pinjaman. Ia dipinjam dari Sassuolo hingga akhir musim 2019/2020. Tak disangka, Sensi mampu menunjukkan performa yang menjanjikan selama menjalani masa peminjaman.

Manajemen Inter Milan lantas mempermanenkannya. Sensi ditebus dengan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp25 juta euro atau sekitar Rp400 miliar. Sayangnya, kiprah Sensi bersama Nerazzuri justru tak bertahan lama. Ia kehilangan posisinya sebab digusur oleh pemain lain. Pada awal Januari 2022, Sensi dilepas ke Sampdoria.

4. Jeremie Boga

5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie AJeremie Boga (twitter.com/BogaJeremie)

Jeremie Boga membela Sassuolo selama 3,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia berkembang pesat sehingga menjadi buruan beberapa klub. Namun, Boga menjatuhkan pilihannya kepada Atalanta. Ia resmi bergabung dengan skuad La Dea pada musim dingin 2022 melalui kesepakatan pinjaman.

Selama masa peminjaman itu, perannya benar-benar tak tersentuh. Boga mendapatkan kepercayaan penuh untuk mengisi sisi sayap penyerangan Atalanta. Ia akhirnya dipermanenkan pada musim panas 2022. Atalanta menebusnya dengan biaya 22 juta euro atau sekitar Rp352 miliar.

5. Matteo Politano

5 Pemain Termahal yang Dijual Sassuolo ke Sesama Klub Serie AMatteo Politano (twitter.com/MPolitano16)

Matteo Politano sudah membela Sassuolo sejak musim 2015/2016. Namun, kiprahnya justru lebih banyak dihabiskan bersama klub lain dengan status pinjaman. Inter Milan merupakan salah satu klub yang meminjam jasanya. Politano direkrut oleh Nerazzuri pada bursa transfer musim panas 2018.

Performanya cukup impresif sewaktu berstatus pinjaman. Inter Milan pun mengaktifkan opsi pembelian permanen. Politano lantas ditebus dengan biaya 21 juta euro atau sekitar Rp336 miliar. Ia mencatatkan 63 penampilan dengan koleksi 6 gol dan 6 assist selama berseragam klub sekota AC Milan itu.

Meski melepas banyak pemainnya, Sassuolo masih mampu konsisten. Neroverdi tetap bersaing di papan tengah klasemen Serie A. Bukan tak mungkin ada nama lain yang menyusul jejak kelima pemain di atas dalam waktu dekat nantinya.

Baca Juga: 10 Potret Armand Lauriente, Winger Moncer Milik US Sassuolo

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya