Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade Terakhir

Didominasi oleh para pemain Prancis

Sebelum dikuasai oleh Paris Saint-Germain, pemilik titel terbanyak di Ligue 1 masih dipegang oleh Saint-Etienne. Tercatat, klub berjuluk Les Verts ini sukses menjadi kampiun Ligue 1 sebanyak 10 kali.

Namun, dalam beberapa musim terakhir, Saint-Etienne malah alami penurunan performa. Pada musim 2021/2022 ini saja, Les Verts tengah terjerembab di papan bawah dan terancam terdegradasi.

Hal tersebut bak menjadi sebuah ironi mengingat Saint-Etienne pernah berjaya pada masanya. Klub ini juga sempat disinggahi oleh sejumlah pemain top. Penasaran siapa saja mereka?

1. Kurt Zouma

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade TerakhirKurt Zouma (twitter.com/standardsport)

Nama Kurt Zouma bersinar terang selama berseragam Chelsea. Sebelum merantau ke Inggris, Zouma sempat menghabiskan masa mudanya dengan membela salah satu klub top di Prancis, yaitu Saint-Etienne. Ia datang pada tahun 2009 silam dan dipromosikan ke skuad utama dua tahun setelahnya.

Bersama Les Verts, karier Zouma dilirik oleh klub-klub besar lantaran potensi yang ia miliki. Terlebih pemain yang kini berusia 27 tahun itu juga tampil reguler dengan catatan 74 penampilan di semua kompetisi. Pada akhirnya, Zouma menerima tawaran Chelsea di musim dingin 2013/2014 lalu.

2. Allan Saint-Maximin

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade TerakhirAllan Saint-Maximin (twitter.com/FIFAcom)

Allan Saint-Maximin memiliki segudang perjalanan di dalam kariernya. Bagaimana tidak, sedari usia muda, Saint-Maximin sudah terbiasa bergonta-ganti klub. Didominasi klub dari Prancis, seperti AS Monaco, Bastia, OGC Nice, hingga Saint-Etienne. Ia membela Saint-Etienne selama empat tahun.

Pada mulanya, Saint-Maximin bergabung dengan tim muda Les Verts di tahun 2011 silam. Berselang dua tahun berikutnya, ia sukses naik kasta ke tim utama, tetapi gagal berkembang. Ia hanya mampu mencatatkan 17 penampilan dalam dua musimnya bersama Saint-Etienne dengan koleksi dua assist saat itu.

Baca Juga: 5 Pemain Top Jebolan Akademi Saint-Etienne yang Pernah Merumput di EPL

3. Neal Maupay

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade TerakhirNeal Maupay (twitter.com/francefootball)

Neal Maupay merupakan salah satu tulang punggung Brighton & Hove Albion dalam beberapa musim terakhir. Sebelum bersama The Seagulls, Maupay sudah berkelana ke sejumlah klub, salah satunya Saint-Etienne. Pria berkebangsaan Prancis ini diboyong Les Verts pada musim panas 2015 lalu.

Sayangnya, Maupay yang beroperasi sebagai ujung tombak ini gagal tampil produktif lantaran hanya mampu mengemas tiga gol. Ia hanya bertahan selama semusim dan langsung dilepas ke klub Ligue 1 lainnya, Stade Brest. Di klub ini, Maupay sukses tampil apik hingga menarik minat Brentford untuk merekrutnya.

4. Wesley Fofana

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade TerakhirWesley Fofana (twitter.com/MilanEye)

Wesley Fofana berkembang menjadi salah satu talenta muda yang potensial milik Leicester City. Kemampuannya dalam menjaga lini belakang The Foxes menuai atensi dari berbagai pihak pada musim 2020/2021 lalu. Tak bisa dimungkiri bahwa kualitas yang dimiliki Fofana sejauh ini juga tak terlepas dari andil Saint-Etienne.

Les Verts merupakan klub yang berjasa mengangkat karier Fofana ke level profesional. Ia bergabung ke salah satu klub Ligue 1 tersebut pada tahun 2015.

Setelahnya, Fofana sukses dipromosikan ke skuad utama dan tampil solid pada musim debutnya. Ia dipercaya untuk rutin bermain dengan catatan 30 penampilan.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Top yang Berseragam Saint-Etienne dalam Sedekade TerakhirPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/EuropaLeague)

Sosok Pierre-Emerick Aubameyang sudah tak perlu diragukan lagi popularitasnya. Bermain untuk tim sekaliber Borussia Dortmund, Arsenal, dan kini dengan Barcelona, Aubameyang mampu konsisten. Selain ketiga klub tersebut, Aubameyang sejatinya pernah berpetualang dengan klub-klub Eropa lainnya.

Salah satu klub yang sempat disinggahi pemain Gabon itu adalah Saint-Etienne. Aubameyang bergabung dengan Les Verts melalui kesepakatan pinjaman dari AC Milan. Tak disangka, ia berhasil menggila lewat torehan golnya yang terus mengalir. Aubameyang sukses mengemas 41 gol dari 97 laga untuk timnya itu.

 

Saint-Etienne dikenal sebagai salah satu klub yang paling berprestasi di Prancis. Bak macan yang tengah tertidur, kini Les Verts justru harus berjuang di papan bawah Ligue 1 dan terancam terdegradasi. Akankah Saint-Etienne mampu keluar dari situasi lubang jarum tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Ternyata Lulusan Akademi AS Saint-Étienne

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya