Comscore Tracker

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika Serikat

Trent Alexander-Arnold salah satunya!

Sepak bola dan Amerika Serikat mulanya merupakan dua komponen yang tak begitu erat. Maklum saja, sepak bola kalah populer dengan olahraga lain seperti basket dan rugby di negara itu. Namun, fenomena tersebut tampaknya kian berbeda saat ini. Sepak bola menjelma salah satu olahraga terpopuler di sana.

Melalui kompetisinya yang bertajuk Major League Soccer, sepak bola di Negeri Paman Sam terus mengalami perkembangan maju. Tak berhenti sampai di situ, talenta berbakat mereka juga kian banyak yang bersaing di kompetisi top Eropa dan ternyata ada sederet pemain ternama dari negara lain yang punya garis keturunan Amerika Serikat. Siapa sajakah mereka?

1. Ramiro Funes Mori

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika SerikatRamiro Funes Mori (tbrfootball.com)

Nama Ramiro Funes Mori mulai dikenal saat direkrut Everton pada musim 2015/2016 lalu. Setelahnya, karier eks pemain River Plate ini mengalami pasang surut akibat inkonsistensi performa. Bahkan, saat berseragam Villarreal, Funes Mori lebih akrab dengan bangku cadangan.

Dikenal berpaspor Argentina, Funes Mori ternyata sempat memiliki kans tampil untuk Timnas Amerika Serikat. Hal itu terjadi karena Funes Mori pernah tinggal di sana, tepatnya di Texas saat masih berusia 9 hingga 16 tahun. Namun, pada akhirnya ia lebih memilih membela Argentina yang merupakan negara asalnya.

2. Neven Subotic

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika SerikatNeven Subotic (kicker.de)

Sewaktu membela Borussia Dortmund medio 2008 hingga 2013 lalu, Neven Subotic tampil sensasional dan solid di area pertahanan. Bak roller coaster, karier Subotic setelahnya justru meredup lantaran cedera berkepanjangan. Perjalanan kariernya dihabiskan dengan bermain untuk beberapa klub semenjana di Eropa.

Meski begitu, ia tetap menjadi andalan timnas negaranya, yaitu Serbia. Menilik lebih jauh, Subotic berkesempatan membela negara-negara lain, seperti Amerika Serikat dan Bosnia-Herzegovina. Ia lahir di Yugoslavia, tapi pindah ke Negeri Paman Sam setahun setelahnya. Subotic menetap lama di sana dan sempat membuat 2 caps untuk tim U-20 Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Klub Top Eropa yang Dimiliki Investor Amerika Serikat, Apa Saja?

3. Thomas Delaney

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika SerikatThomas Delaney (twitter.com/BlackYellow)

Thomas Delaney merupakan pesepak bola Denmark yang punya garis keturunan Amerika Serikat. Gelandang milik Borussia Dortmund ini memang lahir dan besar di Eropa bagian utara. Lewat kakeknya, Delaney ternyata juga berkesempatan membela Negeri Paman Sam di kariernya.

Namun, hal tersebut urung terealisasi. Karena adanya unsur Denmark yang telah melekat dalam kehidupannya, Delaney memilih untuk membela negara kelahirannya itu. Sejak menjalani debut pada 2013 lalu, pemain berusia 29 tahun tersebut telah mencatatkan 57 caps hingga saat ini.

4. Giuseppe Rossi

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika SerikatGiuseppe Rossi (skysports.com)

Giuseppe Rossi lahir di New Jersey, Amerika Serikat, dari imigran Italia pada 34 tahun silam. Di negara adidaya itu, Rossi menetap lama dan memulai karier sepak bolanya. Nama Rossi mulai melambung saat berkarier untuk Manchester United dan juga dengan klub Spanyol, Villarreal.

Beralih ke timnas yang ia bela, Rossi memilih untuk membela Italia ketimbang Amerika Serikat. Padahal, ia sempat ditawari untuk bergabung ke pelatihan Timnas Amerika Serikat pada Piala Dunia 2006 lalu. Namun, ia menolak tawaran itu. Rossi memilih tampil bersama Italia dengan debut pada tahun 2008 lalu.

5. Trent Alexander-Arnold

5 Pemain Sepak Bola Top yang Memiliki Garis Keturunan Amerika SerikatTrent Alexander-Arnold (eurosport.com)

Trent Alexander-Arnold dianggap sebagai salah satu bek kanan terbaik saat ini. Sejak naik kasta ke tim utama Liverpool, Alexander-Arnold sukses menyegel posisi inti di sektor kanan pertahanan The Reds. Tak hanya itu, ia juga sukses merengkuh sederet gelar prestisius, salah satunya Liga Champions.

Lewat performa impresifnya itu, Alexander-Arnold rutin dipanggil Timnas Inggris. Namun, di balik itu, pemain berusia 22 tahun ini juga memiliki garis keturunan Amerika Serikat. Dilansir New York Times, Alexander-Arnold mendapatkannya dari sang nenek yang merupakan penduduk asli Negeri Paman Sam.

 

Itulah 5 pemain top yang memiliki garis keturunan Amerika Serikat. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: Pro Kontra Pengganti Trent Alexander-Arnold di Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya