5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firmino

Ada pemain favoritmu?

Hoffenheim merupakan salah satu klub sepak bola kontestan Bundesliga. Klub yang berdiri pada tahun 1899 ini memang masih kalah populer dibanding klub asal Jerman lainnya, seperti Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. Di musim ini, Hoffenheim hanya berada di papan tengah Bundesliga.

Namun, bukan berarti Hoffenheim tak pernah dibela oleh pemain-pemain ternama. Sepanjang sejarahnya, terdapat beberapa pemain top yang pernah berkarier untuk klub berjuluk Die Kraichgauer ini. Dari keseluruhan pemain tersebut, 5 pemain ini punya rekam jejak yang paling mencolok. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Demba Ba

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firminogoal.com

Demba Ba merupakan striker asal Senegal yang mulai dikenal harum saat membela Chelsea. Sebelum menikmati puncak performanya di Inggris, Demba Ba pernah berpetualang di Jerman dan menghabiskan 4 musim kariernya bermain untuk Hoffenheim. Mulanya, ia direkrut dari klub Belgia, Excelsior Mouscron, pada 2007 silam.

Selama berseragam klub berjuluk Die Kraichgauer tersebut, Demba Ba membuat 106 penampilan dan sukses membukukan 40 gol serta 14 assist. Statistik tersebut mampu membuat West Ham United kepincut dan mendatangkan Demba Ba pada tahun 2011. Setelahnya, ia bermain untuk sejumlah klub, seperti Swansea City, Chelsea, Besiktas, dan kini bersama Istanbul Basaksehir di Turki.

2. Ryan Babel

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firminotwitter.com/Squawka

Ryan Babel dikenal sebagai pesepak bola yang hobi bergonta-ganti klub di sepanjang kariernya. Saat ini, Babel berseragam Galatasaray dan sempat dipinjamkan ke Ajax Amsterdam. Tepat sedekade lalu, yaitu pada pertengahan musim 2010/2011, Babel berseragam Hoffenheim usai direkrut dari klub Premier League, Liverpool.

Bersama klub Bundesliga tersebut, Babel hanya bertahan satu setengah musim. Dalam periode tersebut, pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini membuat 51 penampilan dengan torehan 6 gol dan 4 assist. Tampil melempem kala itu, Babel dilepas ke Ajax dengan status bebas transfer pada 2012 silam.

Baca Juga: 8 Pemain Jerman dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Deretan Legenda!

3. Glyfi Sigurdsson

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firminomirror.co.uk

Nama Gylfi Sigurdsson tentu sudah tak asing di kompetisi Premier League dalam beberapa musim terakhir. Meski berpaspor Islandia, perjalanan karier gelandang Everton ini lebih banyak dihabiskan di sejumlah klub Inggris, sebut saja Reading yang merupakan klub pertamanya di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Meski dikenal karena bermain di Inggris, nyatanya Sigurdsson pernah berkarier di Jerman bersama Hoffenheim. Hal itu terealisasi pada 2010 silam saat Sigurdsson direkrut Die Kraichgauer dan bertahan selama satu setengah musim. Ia mencatatkan 39 penampilan dengan raihan 10 gol dan 4 assist.

4. David Alaba

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firminotwitter.com/iMiaSanMia

David Alaba hampir dikenal kebanyakan penggemar sepak bola berkat rekam jejaknya yang telah lama berseragam Bayern Munchen. Hal itu memang wajar sebab Alaba telah merumput untuk Die Bayern sejak 2008 lalu dan masih tergabung ke dalam tim akademi. Di balik itu, Alaba pernah membela klub Jerman lainnya.

Klub yang dimaksud tersebut adalah Hoffenheim. Alaba hijrah dengan status pinjaman dari Munchen pada Januari 2010. Saat berseragam Hoffenheim, Alaba membuat 18 penampilan dan sukses membukukan 2 gol. Enam bulan setelahnya, Die Bayern memanggil kembali Alaba dan masih bertahan sampai sekarang.

5. Roberto Firmino

5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hoffenheim, Ada Firmino90min.com

Pemain selanjutnya yang juga merupakan alumni Hoffenheim adalah Roberto Firmino. Penyerang Liverpool ini membela klub Jerman tersebut selama 4 musim, tepatnya sejak 2011 hingga 2015 lalu. Hoffenheim juga berperan terhadap kesuksesan Firmino karena menjadi klub Eropa pertama yang ia bela.

Secara keseluruhan, Firmino tampil ciamik bersama Die Kraichgauer dengan membuat 153 penampilan dengan torehan 49 gol dan 36 assist. Berkat performa impresifnya tersebut, Firmino menjadi rebutan sejumlah klub elite Eropa. Musim 2015/2016, Liverpool berhasil mendaratkannya ke Anfield Stadium.

 

Meski terkatung-katung di papan tengah Bundesliga musim ini, Hoffenheim tetap menjadi destinasi favorit bagi para sejumlah pemain muda yang ingin melanjutkan kariernya.

Baca Juga: 5 Kelebihan Roberto Firmino yang Justru Kerap Dilupakan, Kok Bisa?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya