5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!

Matheus Cunha pecahkan rekor transfer klub

Wolverhampton Wanderers terkatung-katung dalam menjalani musim 2022/2023. Performanya menurun disebabkan banyak hal, khususnya pergantian pelatih dari Bruno Lage ke Julen Lopetegui. Tak hanya itu, para pemainnya juga tampil di luar ekspektasi.

Demi menatap musim baru, Wolves terus berbenah. Hal ini terlihat pada musim panas 2023. Mereka memermanenkan Matheus Cunha dari Atletico Madrid yang memecahkan rekor transfer klub.

Tak hanya dirinya, Wolves juga sering merekrut pemain dari luar English Premier League (EPL) dengan biaya besar. Inilah lima pembelian termahal Wolverhampton dari luar EPL.

1. Matheus Cunha

5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!Matheus Cunha (premierleague.com)

Wolverhampton Wanderers memecahkan rekor transfernya pada musim panas 2023. Hal ini terjadi saat Wolves memermanenkan Matheus Cunha dari Atletico Madrid. Pemain berpaspor Brasil itu ditebus permanen dengan biaya mencapai 50 juta euro atau sekitar Rp830 miliar.

Cunha dikontrak hingga akhir musim 2026/2027. Meski begitu, performanya sebenarnya tak terlalu menjanjikan sewaktu masa pinjaman. Cunha diplot untuk menambah daya serang, tetapi minim kontribusi. Ia baru mengemas 2 gol dan 1 assist dari 20 penampilan di semua ajang.

2. Matheus Nunes

5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!Matheus Nunes (twitter.com/Wolves)

Sebelum dipecahkan Cunha, rekrutan termahal Wolverhampton Wanderers jatuh kepada Matheus Nunes. Ia direkrut dari Sporting Lisbon seharga 45 juta euro atau sekitar Rp747 miliar. Kesepakatan transfer ini rampung pada musim panas 2022. Hasilnya pun sepadan dengan performanya.

Nunes membuktikan dirinya layak dibeli mahal. Ia langsung menyegel satu tempat di lini tengah Wolves. Perannya sebagai gelandang jangkar sangat krusial sebagai pemutus serangan lawan. Tak heran apabila dirinya tampil reguler dengan catatan 39 penampilan di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Dipermanenkan meski Minim Kontribusi

3. Fabio Silva

5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!Fabio Silva (instagram.com/fabio.silva)

Wolverhampton Wanderers mencoba berinvestasi terhadap pemain muda. Hal ini terbukti pada musim panas 2020. Saat itu, Wolves merekrut penyerang muda milik Porto, Fabio Silva. Mereka harus merogoh kocek yang lumayan besar, yaitu 40 juta euro atau sekitar Rp664 miliar demi mendapatkannya.

Sayangnya, Silva belum bisa tampil maksimal bersama Wolves. Performanya angin-anginan sebagai mesin gol. Torehannya juga biasa-biasa saja dengan catatan 4 gol dan 6 assist dari 62 penampilan. Demi menambah jam terbang, Silva dipinjamkan ke Anderlecht dan PSV Eindhoven.

4. Raul Jimenez

5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!Raul Jimenez (instagram.com/raulalonsojimenez9)

Raul Jimenez merupakan salah satu rekrutan terbaik Wolverhampton Wanderers. Ia awalnya bergabung dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Tak disangka, Jimenez mampu tampil ganas di lini serang Wolves sehingga jasanya dipermanenkan. Transfer ini terealisasi pada musim panas 2019 lalu.

Demi memiliki Jimenez sepenuhnya, Wolves membayar 38 juta euro atau sekitar Rp631 miliar. Keputusan ini sangat tepat. Jimenez menjadi pemimpin di lini serang Wolves. Ia sudah mengemas 57 gol dari 166 penampilan. Sayangnya, performa Jimenez agak menurun sejak mengalami cedera kepala pada 2020/2021 lalu.

5. Goncalo Guedes

5 Pembelian Termahal Wolverhampton dari Luar EPL, Ada Nama Baru!Goncalo Guedes (instagram.com/goncaloguedes17)

Selain Matheus Nunes, Wolverhampton Wanderers juga jor-joran merekrut pemain lain pada musim panas 2022. Salah satu nama yang berhasil digaet ke Molineux Stadium adalah Goncalo Guedes. Wolves menebusnya dari Valencia seharga 33 juta euro atau sekitar Rp548 miliar. Sayangnya, Guedes gagal bersinar.

Meski punya pengalaman membela klub sekaliber PSG dan Valencia, ia kesulitan beradaptasi di Inggris. Performa Guedes jauh menurun. Ia hanya mencetak 2 gol dan 1 assist dari 18 laga. Oleh sebab itu, Wolves meminjamkannya ke Benfica pada musim dingin 2023 lalu.

Harga mahal tak menjadi patokan utama pemain bisa bersinar di klub barunya. Ini seperti kebanyakan dari para pemain di atas. Hanya Raul Jimenez yang mampu membuktikan kualitas terbaiknya bersama Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga: 3 Pemain Wolverhampton yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya