5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran Torres

Sempat dipakai sederet pemain hebat

Barcelona telah resmi mengumumkan skuadnya pada 2023/2024. Beberapa perubahan kontras terlihat, khususnya pada pemakaian nomor punggung. Ousmane Dembele sudah tak memiliki nomor lagi karena bakal merapat ke Paris Saint-Germain (PSG) dalam waktu dekat.

Kepergian Dembele membuat nomor punggung 7 Barcelona kosong. Sebagai gantinya, Ferran Torres dipercaya sebagai pemain yang bakal mengenakannya. Ia merupakan pemain Barcelona teranyar yang memakai nomor tersebut.

Sebelum dirinya, inilah lima pemilik nomor punggung 7 Barcelona.

1. Pedro membuktikan ketajamannya dengan nomor punggung 7 Barcelona

5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran TorresPedro (twitter.com/FCBarcelona)

Pedro menghuni skuad Barcelona dalam waktu yang lama. Ia menggunakan lebih dari satu nomor punggung di sana. Pedro promosi ke tim utama La Blaugrana pada awal 2008. Ia memakai nomor punggung 33, 27, dan 17 selama bermusim-musim di tim inti.

Pedro mengubah nomor punggungnya menjadi 7 pada awal musim 2013/2014. Ia memakai nomor tersebut hingga akhir kebersamaannya bersama Barcelona. Karier Pedro sangat gemilang. Ia meraih beberapa gelar bergengsi sebelum hijrah ke Chelsea pada musim panas 2015.

2. Arda Turan bertahan sebentar di Camp Nou

5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran TorresArda Turan (twitter.com/FCBarcelona)

Setelah Pedro, nomor punggung 7 Barcelona dipakai Arda Turan. Ia langsung memakainya sejak direkrut pada musim panas 2015. Sayangnya, karier Turan tak berjalan mulus di Barcelona. Ia kesulitan menjadi pemain inti sebab lini serang La Blaugrana sulit ditembus.

Turan bertahan selama 2,5 musim. Setelah itu, kariernya berjalan pesakitan karena kerap dipinjamkan ke klub lain. Ia dilepas ke Istanbul Basaksehir pada musim dingin 2018. Kepergiannya itu sekaligus meninggalkan nomor punggung 7 yang akhirnya diambil alih Philippe Coutinho.

Baca Juga: Lamine Yamal, Wonderkid Barcelona yang Debut pada Usia 15 Tahun

3. Philippe Coutinho tak bersinar di Barcelona

5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran TorresPhilippe Coutinho (twitter.com/FCBarcelona)

Philippe Coutinho mewarisi nomor punggung 7 Barcelona. Ia bergabung dari Liverpool pada musim dingin 2018. Awalnya, Coutinho memakai nomor punggung 14, tetapi berganti menjadi 7 pada 2018/2019. Namun, ia seperti tak cocok dengan nomor tersebut. Coutinho malah tak bersinar di Barcelona.

Performanya menurun drastis sehingga dipinjamkan ke Bayern Munich. Setelah kembali dari peminjaman, Coutinho urung mengenakan nomor punggung 7. Ia memilih nomor 14 hingga pertengahan musim 2021/2022. Coutinho lalu dilepas ke Aston Villa karena tak masuk skema Xavi Hernandez.

4. Antoine Griezmann ikonik dengan nomor punggung 7, tetapi flop di Barcelona

5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran TorresAntoine Griezmann (twitter.com/AntoGriezmann)

Usai Coutinho, nomor punggung 7 Barcelona jatuh ke tangan Antoine Griezmann. Ia memakainya selama semusim pada 2020/2021. Itu merupakan musim keduanya membela Barcelona. Sebelumnya, Griezmann mengenakan nomor punggung 17 di skuad La Blaugrana.

Meski memakai nomor yang cukup ikonik, performa Griezmann di Barcelona justru tak maksimal. Ia gagal membuktikan ketajamannya di lini serang. Griezmann hanya bertahan selama 2 musim. Pada musim panas 2021, ia memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, Atletico Madrid.

5. Ousmane Dembele sempat memakai nomor punggung 11

5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran TorresOusmane Dembele (twitter.com/FCBarcelona)

Kepemilikan nomor punggung 7 Barcelona kembali berganti. Setelah Griezmann, Ousmane Dembele ditunjuk sebagai pemain yang memakai nomor tersebut. Dembele mulai mengenakannya pada 2021/2022. Sebelum nomor punggung 7, Dembele memakai nomor 11 di Barcelona.

Kiprahnya di Barcelona terus meningkat dari musim ke musim. Meski sempat diragukan karena masalah cedera, Dembele mampu bangkit dan jadi pilar penting di lini depan La Blaugrana. Namun, alih-alih bertahan lama, ia malah hengkang pada musim panas 2023. Dembele sepakat untuk hijrah ke PSG.

Pemilik nomor punggung 7 Barcelona sejatinya tak terlalu ikonik. Penggunanya pun kerap berganti-ganti dalam beberapa musim terakhir. Kira-kira, akankah Ferran Torres bisa bersinar dengan nomor barunya tersebut?

Baca Juga: Dembele Resmi Jadi Milik PSG, Barcelona Sakit Hati?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya