5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier League

Kevin De Bruyne menduduki posisi puncak

Bundesliga Jerman dihuni berbagai klub. Selain Bayern Munich dan Borussia Dortmund, ada pula VfL Wolfsburg yang konsisten bersaing di kasta teratas Liga Jerman.

Klub berjuluk Die Wolfe ini masih eksis di Bundesliga meski performanya naik turun. Untungnya, mereka mampu bersaing dalam jual beli pemain. Ini dibuktikan dengan kemahiran Wolfsburg menjual pemain berharga mahal ke klub lain.

Wolfsburg tidak hanya menjual pemain kepada sesama klub Jerman. Ada juga yang dijual kepada klub Inggris. Inilah penjualan pemain termahal Wolfsburg ke klub Premier League.

1. Kevin De Bruyne

5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier LeagueKevin De Bruyne (twitter.com/KevinDeBruyne)

Rekor pemain termahal yang dijual VfL Wolfsburg masih dipegang Kevin De Bruyne. Ia dijual dengan mahar 76 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun kepada Manchester City. Transfer ini terealisasi pada awal musim 2015/2016 lalu.

Pindah ke Manchester City merupakan ajang kembalinya De Bruyne ke English Premier League (EPL). Sempat gagal di Chelsea, ia akhirnya mampu bersinar. De Bruyne menjelma jadi salah satu gelandang hebat yang sudah mengumpulkan 147 assist bersama The Cityzens.

2. Edin Dzeko

5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier LeagueEdin Dzeko (mancity.com)

Sebelum De Bruyne, VfL Wolfsburg pernah melepas pemainnya ke Manchester City dengan harga yang tinggi. Dia adalah Edin Dzeko. Pemain berpaspor Bosnia-Herzegovina ini ditebus dengan mahar 37 juta euro atau setara Rp612 miliar pada musim dingin 2011.

Kepindahannya ke klub Manchester itu berbuah manis. Nama Dzeko mulai dikenal luas di sana. Itu sejalan dengan performanya yang cukup konsisten sebagai mesin gol The Cityzens. Selama 4,5 musim, Dzeko berhasil mengemas 72 gol dari 189 penampilan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 17 Manchester City sebelum Kevin de Bruyne 

3. Wout Weghorst

5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier LeagueWout Weghorst (twitter.com/premierleague)

Keputusan Wout Weghorst meninggalkan VfL Wolfsburg pada musim dingin 2022 cukup mengejutkan. Pasalnya, ia memilih Burnley, klub papan bawah Premier League, sebagai klub barunya.

Weghorst mencoba tantangan baru di liga tertinggi Inggris itu. Ia ditebus dengan biaya 17,5 juta euro atau sekitar Rp290 miliar.

Sayangnya, Weghorst gagal mengangkat performa The Clarets. Timnya terdegradasi ke Championship. Sementara itu, dirinya hengkang dengan status pinjaman ke Besiktas dan Manchester United.

4. Timm Klose

5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier LeagueTimm Klose (twitter.com/NorwichCityFC)

Timm Klose resmi meninggalkan VfL Wolfsburg pada pertengahan musim 2015/2016. Ia mengakhiri kerja sama yang sudah dibangun selama 2,5 musim bersama Die Wolfe.

Klose merantau ke Inggris untuk membela Norwich City. Dalam proses kepindahannya, ia ditebus dengan mahar 11 juta euro atau sekitar Rp182 miliar.

Awal perjalanannya tidak berlangsung mudah. Klose gagal menyelamatkan The Canaries yang terpuruk hingga degradasi ke Championship.

5. Kevin Mbabu

5 Penjualan Pemain Termahal Wolfsburg ke Klub Premier LeagueKevin Mbabu (twitter.com/FulhamFC)

Fulham menghadapi Premier League 2022/2023 dengan persiapan yang matang. Ini tak lepas dari keberhasilan mereka kembali promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris.

Beberapa pemain anyar direkrut. Salah satunya Kevin Mbabu. Untuk membawanya dari VfL Wolfsburg, The Cottagers merogoh kocek sebesar 5,5 juta euro atau sekitar Rp91 miliar.

Sayangnya, Mbabu tak bertahan lama. Ia dipinjamkan ke Servette FC pada musim dingin 2023 sebab kalah bersaing di sektor bek kanan Fulham.

Kekuatannya tak terlalu mencolok, tetapi Wolfsburg juga patut untuk diperhitungkan. Beberapa pemain top berkembang pesat bersama klub ini.

Baca Juga: 6 Pemain Man United yang Menggunakan Nomor 27 sebelum Wout Weghorst

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya