5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!

Zaniolo resmi hengkang ke Galatasaray

Performa AS Roma cenderung stabil dalam beberapa musim terakhir. Meski tak rutin tampil di kompetisi Eropa, Il Giallorosso masih menjadi salah satu tim kuat di Serie A. AS Roma berisikan banyak pemain hebat saat ini, seperti Tammy Abraham dan Paulo Dybala.

Punya kedalaman skuad cukup merata, AS Roma juga kerap ditinggalkan oleh pemainnya tiap musim. Mereka hengkang dengan biaya yang cukup mahal, khususnya ke luar liga top Eropa. Berikut lima pemain termahal terakhir yang dijual AS Roma ke luar liga top Eropa.

1. Leandro Paredes

5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!Leandro Paredes (twitter.com/fczenit_en)

Sebelum dikenal luas bersama PSG, Leandro Paredes pernah berkelana di Serie A bersama AS Roma. Ia membela Il Giallorosso selama tiga musim hingga dilepas ke Zenit pada musim panas 2017. Kepindahannya ini memakan biaya yang cukup besar.

Paredes ditebus Zenit seharga 23 juta euro atau sekitar Rp370 miliar. Harga mahal yang dikeluarkan itu ternyata tak sia-sia. Paredes tampil impresif di lini tengah Zenit dengan catatan 61 penampilan. Ia bertahan selama 1,5 musim sebab langsung digaet oleh PSG.

2. Gervinho

5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!Gervinho (instagram.com/gervinhofficial)

Setelah pindah dari Arsenal, performa Gervinho masih konsisten. Ia bersinar di lini depan AS Roma selama beberapa musim. Alih-alih bertahan lama, Gervinho memutuskan untuk pindah usai menerima tawaran menggiurkan dari klub China, Hebei China Fortune.

Dengan biaya 18 juta euro atau sekitar Rp290 miliar, Gervinho resmi berganti klub pada musim dingin 2016. Ia berkarier di Negeri Tirai Bambu selama 2 tahun. Pada musim dingin 2018, Gervinho kembali ke Italia untuk bergabung ke Parma.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Luciano Spaletti sebagai Pelatih AS Roma

3. Stephan El Shaarawy

5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!Stephan El Shaarawy (twitter.com/shanghaishenhua)

Stephan El Shaarawy resmi meninggalkan AS Roma pada musim panas 2019. Ia memutuskan untuk hengkang setelah mendapatkan tawaran dari Shanghai Shenhua. Tawaran itu berisikan kesepakatan gaji yang fantastis untuknya.

Dalam proses kepindahannya itu, El Shaarawy dibeli dengan mahar senilai 16 juta euro atau sekitar Rp257 miliar. Ia berkarier di China hingga tahun 2021. Setelah petualangan di Asia, El Shaarawy memutuskan untuk kembali berseragam Il Giallorosso hingga saat ini.

4. Nicolo Zaniolo

5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!Nicolo Zaniolo (instagram.com/officialasroma)

Nicolo Zaniolo membuat keputusan mengejutkan pada musim dingin 2023. Ia memilih hengkang dari AS Roma demi tantangan baru. Ini pun mengakhiri kebersamaan keduanya setelah lima musim terakhir selalu bekerja sama.

Zaniolo sempat dikaitkan dengan beberapa klub, termasuk Bournemouth. Namun, pilihan akhirnya tertuju kepada Galatasaray. Zaniolo resmi direkrut oleh klub asal Turki itu dengan mahar mencapai 15 juta euro atau sekitar Rp241 miliar.

5. Gerson

5 Penjualan Termahal AS Roma ke Klub Luar Liga Top Eropa, Ada Zaniolo!Gerson (twitter.com/GersonSantos08)

Gerson membela AS Roma selama tiga musim (2016-2019). Dalam waktu yang cukup lama itu, ia kesulitan menjadi pilar utama. Pemain berpaspor Brasil ini hanya tampil dalam 42 penampilan di semua kompetisi.

Namun, itu tampaknya bukan sebuah masalah bagi Flamengo. Gerson dibeli seharga 13 juta euro atau sekitar Rp209 miliar. Ia masih membela Flamengo hingga sekarang meski sempat singgah ke Olympique Marseille pada musim 2021/2022.

Keputusan Nicolo Zaniolo meninggalkan AS Roma menghadirkan banyak kejutan. Selain hengkang ke Galatasaray yang bermain di luar liga top Eropa, Zaniolo juga memecahkan rekor transfer Il Giallorosso.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Membela AS Roma pada Musim 2022/2023, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya