5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub Bundesliga

Hoffenheim meraup keuntungan besar

Hoffenheim bukanlah klub yang bersaing di papan atas Bundesliga. Meski begitu, klub berjuluk Die Kraichgauer ini sudah melahirkan banyak pemain hebat. Contohnya adalah Roberto Firmino, Demba Ba, dan David Alaba yang telah dikenal luas.

Hoffenheim juga kerap memperoleh keuntungan besar. Hal ini diperoleh dari hasil penjualan pemain. Menariknya, kebanyakan dari pemain yang dilepas oleh Hoffenheim ini tetap melanjutkan karier ke klub Bundesliga lainnya. Siapa saja pemain termahal yang dijual Hoffenheim ke sesama klub Bundesliga itu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Kevin Volland

5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub BundesligaKevin Volland (twitter.com/bayer04_en)

Kevin Volland berseragam Hoffenheim selama lima tahun (2011--2016). Selama mengenakan seragam tempur Die Kraichgauer, Volland benar-benar bersinar sebagai juru gedor. Ia tampil produktif sehingga diburu oleh beberapa klub lain. Volland akhirnya hengkang ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2016.

Untuk mendapatkan jasanya, Die Werkself harus mengeluarkan uang 20 juta euro atau sekitar Rp326 miliar. Hasilnya pun terlihat. Volland menjelma menjadi predator maut di lini serang Bayer Leverkusen. Ia sukses mencetak 50 gol dalam 148 penampilan sebelum pindah ke AS Monaco pada musim panas 2020.

2. Niklas Sule

5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub BundesligaNiklas Sule (twitter.com/FCBayernEN)

Niklas Sule merupakan lulusan akademi Hoffenheim. Ia promosi ke skuad utama Die Kraichgauer pada awal musim 2013. Namanya melejit sebab menjadi andalan di jantung pertahanan. Bayern Munich pun tak ragu untuk mendaratkannya ke Allianz Arena pada musim panas 2017 lalu.

Die Roten menebusnya seharga 20 juta euro atau sekitar Rp326 miliar. Sule membela Bayern Munich selama lima musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia tampil reguler dengan catatan 171 penampilan serta panen trofi. Kontraknya habis pada Juni 2022 dan Sule memilih pindah ke Borussia Dortmund.

Baca Juga: Cari Pengganti Niklas Süle, 5 Bek Ini Masuk Radar Bayern Munich

3. Christoph Baumgartner

5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub BundesligaChristoph Baumgartner (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig sangat aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka sudah merekrut beberapa pemain. Setelah menggaet Benjamin Sesko dan Nicolas Seiwald dari RB Salzburg, RB Leipzig berhasil merekrut Christoph Baumgartner. Die Roten Bullen merekrutnya dari Hoffenheim seharga 24 juta euro atau sekitar Rp392 miliar.

Baumgartner mendapatkan kontrak jangka panjang hingga Juni 2028 mendatang. Ia diplot sebagai pengganti Konrad Laimer. Hadirnya sang pemain menambah cita rasa Austria di dalam skuad RB Leipzig. Baumgartner menyusul beberapa pemain lain, seperti Xaver Schlager dan Nicolas Seiwald.

4. David Raum

5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub BundesligaDavid Raum (instagram.com/rbleipzig)

RB Leipzig melakukan sedikit perombakan di posisi bek kiri. Die Roten Bullen merekrut David Raum dari Hoffenheim dengan biaya 26 juta euro atau sekitar Rp425 miliar pada musim panas 2022. Untuk memberikannya ruang, RB Leipzig melepas Angelino ke Hoffenheim dengan status pinjaman.

Kebijakan transfer yang dilakukan oleh Die Roten Bullen ini berbuah manis. Raum dengan cepat menjadi pilar penting di sisi kiri pertahanan RB Leipzig. Pada musim debutnya, ia berhasil mengantongi 40 penampilan. Raum lalu dipanggil oleh Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022.

5. Kerem Demirbay

5 Penjualan Pemain Termahal Hoffenheim ke Sesama Klub BundesligaKerem Demirbay (twitter.com/bayer04_en)

Kerem Demirbay merupakan pemain termahal yang dijual Hoffenheim ke sesama klub Bundesliga. Itu terjadi pada musim panas 2019 lalu. Saat itu, Demirbay dilepas oleh Die Kraichgauer ke Bayer Leverkusen dengan mahar 32 juta euro atau sekitar Rp522 miliar. Hoffenheim meraup keuntungan menggiurkan.

Di sisi lain, keputusannya untuk hengkang ke Bayer Leverkusen merupakan pilihan yang jitu. Demirbay sangat diandalkan di lini tengah Die Werkself. Ia sudah mengantongi 149 penampilan di semua kompetisi. Pada akhir musim 2022/2023, Demirbay mengantarkan timnya itu finis di posisi keenam klasemen Bundesliga.

Performa Hoffenheim cenderung stagnan di papan tengah klasemen Bundesliga. Namun, Die Kraichgauer tetap tak berhenti melahirkan pemain yang berdaya jual tinggi. Akankah ada nama lain yang bisa memecahkan rekor transfer para pemain di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Hoffenheim yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya