5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade Terakhir

Edinson Cavani salah satunya

Profil Napoli sebagai salah satu tim papan atas Serie A melekat kuat hingga kini. Klub yang bermarkas di Naples tersebut punya rekam jejak yang tak kalah dengan tim-tim elite di Italia, seperti Juventus atau duo Milan.

Partenopei juga punya reputasi yang ramah terhadap para striker top. Dalam sedekade terakhir saja, segelintir penyerang ternama datang dan membela Napoli selama beberapa musim.

1. Fernando Llorente

5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade TerakhirFernando Llorente (skysports.com)

Seolah menolak tua, Fernando Llorente tetap punya ambisi untuk terus bermain di level teratas. Hal ini dibuktikan usai dirinya meninggalkan Tottenham Hotspur pada musim panas 2019.

Pada usianya yang sudah 34 tahun saat itu, Llorente memastikan diri bergabung ke Napoli secara bebas transfer. Kedatangannya jelas memberikan warna baru di lini depan Partenopei.

Hanya saja, usia tak bisa bohong. Performa Llorente tak cukup untuk berkontribusi lebih banyak terhadap produktivitas tim. Tercatat, ia cuma mengemas 4 gol dari 21 penampilan dan dilepas Napoli pada musim dingin 2021.

2. Duvan Zapata

5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade TerakhirDuvan Zapata (twitter.com/WhoScored)

Napoli berjasa besar membawa Duvan Zapata memulai segalanya di Eropa. Partenopei mendaratkannya ke Italia pada musim dingin 2013 sebagai salah satu aset potensial.

Sayangnya, selama 2 musim di tim utama, Zapata kesulitan mendapatkan menit bermain yang cukup. Menyiasati hal itu, Napoli memilih untuk meminjamkannya ke beberapa klub Serie A, seperti Udinese, Sampdoria, hingga Atalanta.

Bersama klub yang disebutkan terakhir, pemain berpaspor Kolombia tersebut sukses menemukan performa terbaiknya. Zapata lantas dilepas secara permanen pada 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Napoli Bersama Gonzalo Higuain, Apa Kabar?

3. Gonzalo Higuain

5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade TerakhirGonzalo Higuain (twitter.com/EuropaLeague)

Setelah membangun portofolio menawan bersama Real Madrid, Gonzalo Higuain beralih jersey ke seragam tempur Napoli. Datang pada 2013/2014, Higuain bertransformasi menjadi salah satu penyerang mematikan di Serie A.

Ia tampil produktif di lini depan dan selalu diandalkan Partenopei. Tercatat, selama 3 musim bersama, performa Higuain melesat tajam.

Ia jadi lumbung gol utama Napoli dengan membukukan 91 gol dan 26 assist dari 146 penampilan di semua kompetisi. Aksi impresifnya tersebut menarik minat Juventus yang berani menawarkan biaya fantastis, yaitu 90 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

4. Arkadiusz Milik

5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade TerakhirArkadiusz Milik (twitter.com/EuropaLeague)

Uang hasil penjualan Gonzalo Higuain dimanfaatkan Napoli untuk merekrut penyerang baru. Nama Arkadiusz Milik lantas dipilih menjadi suksesor pemain Argentina tersebut.

Milik bergabung dari klub papan atas Eredivisie, Ajax. Perekrutannya mampu mengisi lubang di lini depan Partenopei.

Seiring berjalannya waktu, performa pemain berpaspor Polandia tersebut mulai inkonsisten. Milik acap kali menepi akibat rentetan cedera yang terus menghantui.

Ia membukukan 48 gol dan 5 assist selama membela Napoli. Hingga pada musim dingin 2021, Milik dilepas ke Olympique Marseille.

5. Edinson Cavani

5 Penyerang Top yang Pernah Membela Napoli dalam Sedekade TerakhirEdinson Cavani (skysports.com)

Edinson Cavani salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Napoli. Kiprahnya bersama Partenopei menghasilkan kombinasi yang luar biasa.

Profil pemain berkebangsaan Uruguay itu melambung lewat aksi impresifnya dalam merusak pertahanan lawan. Catatan gol Cavani juga sangat menjanjikan.

Datang lewat status pinjaman dari Palermo pada 2010, Cavani sukses tampil apik hingga dipermanenkan pada musim berikutnya. Secara keseluruhan, ia mengemas 104 gol dan 14 assist selama membela Napoli. Berkat kiprahnya yang mentereng di Italia, Cavani direkrut Paris Saint-Germain pada musim panas 2013.

Membahas siapa yang terbaik di antara kelimanya selama berseragam Napoli, nama Edinson Cavani dan Gonzalo Higuain pantas untuk diperbincangkan. Mereka sukses menjelma jadi striker produktif bagi Partenopei dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Putuskan Pindah dari Napoli, 7 Pemain Ini Raih Juara Serie A

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya