5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade Terakhir

Tekanan besar menyelimuti karier mereka

Berstatus sebagai tim raksasa, Barcelona punya riwayat transfer pemain yang mewah. La Blaugrana kerap mengeluarkan biaya besar demi merekrut incarannya. Alhasil, rekor transfer klub beberapa kali pecah dalam waktu yang berdekatan.

Tak hanya dari luar Spanyol, beberapa nama bahkan berasal dari sesama klub LaLiga. Barcelona sudah merekrut sejumlah pemain dari klub LaLiga dalam sedekade terakhir. Lima pemain ini menjadi yang termahal. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Arda Turan

5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade TerakhirArda Turan (twitter.com/FCBarcelona)

Setelah membela Atletico Madrid selama 4 musim, Arda Turan akhirnya memutuskan hengkang. Ia masih berkarier di LaLiga dengan bergabung ke Barcelona. Turan resmi menjadi pemain La Blaugrana pada bursa transfer musim panas 2015 lalu.

Pemain berpaspor Turki itu direkrut dengan biaya 34 juta euro atau sekitar Rp547 miliar. Sayangnya, Turan tak mampu mengeluarkan performa terbaiknya sebab hanya menjadi cadangan. Turan membela Barcelona selama 2,5 musim. Ia bermain dalam 55 penampilan serta berhasil mencetak 15 gol dan 11 assist.

2. Clement Lenglet

5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade TerakhirClement Lenglet (twitter.com/FCBarcelona)

Clement Lenglet resmi bergabung dengan Barcelona pada awal musim 2018/2019 lalu. Ia direkrut dari Sevilla seharga 36 juta euro atau sekitar Rp580 miliar. Kehadirannya ditujukan untuk menambah variasi di jantung pertahanan La Blaugrana yang sudah diisi beberapa nama, macam Gerard Pique dan Samuel Umtiti, saat itu.

Pada awalnya, Lenglet cukup diandalkan sebagai pilihan utama di sektor pertahanan La Blaugrana. Ia rutin bermain hingga nyaris tak tergantikan. Sayangnya, ia terpaksa menelan pil pahit sebab terpinggirkan usai kedatangan bek-bek baru ke Camp Nou. Lenglet lantas pindah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2022. Ia dipinjam hingga akhir musim 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Top Skor Barcelona pada Musim Pertama

3. Andre Gomes

5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade TerakhirAndre Gomes (twitter.com/FCBarcelona)

Musim 2016/2017 merupakan musim perdana Andre Gomes bersama Barcelona. Ia direkrut dari sesama klub LaLiga, Valencia, untuk memperkuat lini tengah tim. La Blaugrana harus merogoh kocek yang cukup mahal untuk menggaet gelandang asal Portugal itu, yaitu sebesar 37 juta euro atau sekitar Rp596 miliar.

Harga mahal ternyata tak menjamin dirinya bersinar di Camp Nou. Meskipun datang dengan harga yang tinggi, kontribusi Gomes tak terlalu besar. Gomes hanya menjadi pelapis di lini tengah karena kesulitan bersaing. Ia tampil dalam 78 pertandingan selama 2 musim hingga dilepas ke Everton pada musim panas 2018.

4. Jules Kounde

5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade TerakhirJules Kounde (instagram.com/jkeey4)

Barcelona begitu aktif merekrut pemain pada musim panas 2023. Beberapa nama berhasil didaratkan ke Camp Nou. Selain Robert Lewandowski dan Raphinha, ada juga Jules Kounde yang direkrut dengan harga mahal oleh Barcelona. Ia bergabung dari Sevilla setelah ditebus dengan mahar 50 juta euro atau sekitar Rp805 miliar.

Adaptasi pemain berpaspor Prancis tersebut di skuad La Blaugrana berjalan mulus pada musim debutnya. Kounde langsung mendapatkan tempat penting di lini belakang tim. Ia bahkan sudah bermain dalam 38 pertandingan di semua kompetisi.

5. Antoine Griezmann

5 Rekrutan Mahal Barcelona dari Sesama Klub LaLiga Sedekade TerakhirAntoine Griezmann (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona berhasil memenangi perburuan bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Ia bergabung dengan skuad La Blaugrana pada musim panas 2019. Saat itu, Barcelona menebusnya dengan harga yang fantastis, yaitu seharga 120 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Dibebani dengan tekanan besar, karier Griezmann justru merosot. Ia gagal bersinar selama 2 musim mengisi lini depan Barcelona. Alhasil, Griezmann kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman pada musim panas 2021.

Bermain di klub sekaliber Barcelona bukanlah hal yang mudah. Kelima pemain di atas mengalaminya. Kebanyakan dari mereka bahkan gagal bersinar meski diboyong dengan harga yang tinggi.

Baca Juga: 10 Potret Alejandro Balde, Pemain Muda yang Jadi Pilar Utama Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya