5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top Eropa

Kebijakan transfer yang jitu

Borussia Dortmund berstatus sebagai salah satu tim besar di Bundesliga Jerman. Tak hanya di ranah domestik, kebesaran Die Borussen juga populer di kompetisi Eropa. Rival Bayern Munich ini rutin bersaing di kancah Benua Biru meski kerap tersandung lebih dini.

Borussia Dortmund dikenal dengan kebijakan transfer yang jitu. Die Borussen kerap melahirkan pemain bertalenta yang dijual mahal ke klub lain. Dari hasil penjualan itu, Borussia Dortmund tak jarang mendapat pemain lain dari luar liga top Eropa seperti kelima pemain berikut ini.

1. Erling Haaland

5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top EropaErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Pembelian Erling Haaland merupakan salah satu rekrutan terbaik sepanjang sejarah Borussia Dortmund. Pasalnya, Haaland tampil menggila sebagai ujung tombak Die Borussen. Ia jadi momok menakutkan di depan gawang lawan.

Haaland direkrut dari RB Salzburg dengan mahar 20 juta euro atau sekitar Rp328 miliar pada musim dingin 2020. Ia begitu produktif selama 2,5 musim berkarier di Jerman. Dalam 89 laga, Haaland sukses mengemas 86 gol dan 23 assist.

2. Donyell Malen

5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top EropaDonyell Malen (twitter.com/BlackYellow)

Kepergian Jadon Sancho membuat lini depan Borussia Dortmund sedikit berlubang. Sosok penyerang baru direkrut untuk mengisi kekosongan itu. Dari beberapa opsi, nama Donyell Malen dipilih manajemen Die Borussen.

Malen diboyong dari PSV Eindhoven pada musim panas 2021. Ia dinilai punya potensi yang besar untuk bersinar di Jerman. Sayangnya, Malen cukup kesulitan. Ia baru mengoleksi 15 gol dan 12 assist dari 67 penampilan.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Membela Klub LaLiga 2022/2023

3. Julien Duranville

5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top EropaJulien Duranville (twitter.com/BlackYellow)

Borussia Dortmund dikenal dengan kehebatannya mengembangkan bakat para pemain muda. Hal ini terlihat pada bursa transfer musim dingin 2023. Die Borussen merekrut pemain berusia 16 tahun, Julien Duranville, dari Anderlecht.

Pemain kelahiran tahun 2005 itu dibeli dengan mahar 8,5 juta euro atau sekitar Rp139 miliar. Duranville dianggap punya potensi untuk bersinar di Dortmund. Ia memiliki banyak waktu untuk berkembang dan meningkatkan kualitasnya.

4. Karim Adeyemi

5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top EropaKarim Adeyemi (twitter.com/karim_adeyemi)

Setelah Haaland, Borussia Dortmund kembali memboyong pemain RB Salzburg lainnya. Itu terjadi pada musim panas 2022 lalu. Die Borussen merekrut Karim Adeyemi ke Signal Iduna Park dengan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp491 miliar.

Keputusannya untuk hengkang ke Borussia Dortmund dinilai sebagai pilihan yang tepat. Performa Adeyemi juga cenderung konsisten bersama Die Borussen. Ia sudah membukukan 6 gol dan 3 assist dari 26 penampilan di semua kompetisi.

5. Sebastien Haller

5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Luar Liga Top EropaSebastien Haller (twitter.com/BlackYellow)

Hengkangnya Haaland direspons manajemen Borussia Dortmund dengan cepat. Pilihan utama Die Borussen tertuju kepada Sebastien Haller. Sang pemain tampil impresif bersama Ajax serta berpengalaman tampil di Bundesliga.

Haller lantas bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2022. Sayangnya, debutnya sempat tertunda. Haller mengidap kanker testis dan harus menjalani pemulihan. Ia baru menjalani debut pada pertengahan Januari 2023

Kebijakan transfer ala Borussia Dortmund cukup mumpuni. Alih-alih memboyong pemain dari sesama liga top Eropa, Die Borussen lebih memilih pemain dari liga lain yang punya potensi untuk bersinar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Liverpool dan Borussia Dortmund

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya