TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jalani Musim Debut, 5 Bek Kanan Muda Ini Sukses Jadi Andalan Klubnya

Kemampuannya masih bisa berkembang lagi

Sergino Dest. (sportskeeda.com)

Dalam konteks sepak bola, lini pertahanan tak selalu tentang dua bek tengah saja. Ada juga pemain yang berposisi di sisi sayap pertahanan, yaitu full-back. Baik di sisi kiri maupun kanan permainan, pemain yang berperan di posisi ini dituntut memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Berhubungan dengan itu, sudah banyak full-back yang begitu populer saat ini, seperti Jordi Alba, Andy Robertson, ataupun Cesar Azpilicueta. Selain mereka, ternyata ada juga beberapa full-back muda, khusunya bek kanan, yang tampil gemilang di musim debut bersama klub barunya. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Matty Cash

Matty Cash (tbrfootball.com)

Bergabung di awal musim lalu, Matty Cash sukses menyegel pos bek kanan utama Aston Villa. Eks pemain Nottingham Forest ini tampil bergantian dengan Ahmed Elmohamady di sisi kanan pertahanan, tapi Cash mencatatkan penampilan lebih banyak. Tercatat ia membuat 28 penampilan dengan raihan 2 assist.

Kesuksesannya tampil reguler tentu berdampak bagus bagi karier Cash. Maklum saja, di usianya yang masih 23 tahun, Cash baru memulai petualangannya di Premier League. Peluang Cash untuk tampil penuh kian besar menyusul kontrak Elmohamady yang selesai di musim 2020/2021.

Baca Juga: Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala Eropa

2. Pedro Porro

Pedro Porro (tbrfootball.com)

Untuk menambah jam terbang dan pengalamannya, Pedro Porro dipinjamkan Manchester City ke Sporting Lisbon. Kebijakan transfer The Cityzens itu berbuah manis. Porro mampu mengasah kemampuannya di Portugal. Bermain sebagai bek kanan, ia mampu mencatatkan banyak penampilan.

Dari 37 penampilan yang ia catat, pemain berusia 21 tahun ini sukses mencetak 4 gol dan 2 assist. Kegemilangannya juga berperan dalam kesuksesan Sporting Lisbon menjuarai Liga NOS Portugal musim lalu. Tak hanya itu, Porro sukses menjalani debutnya untuk Timnas Spanyol pada 28 Maret lalu.

3. Joakim Mæhle

Joakim Mæhle (calcionews24.com)

Joakim Mæhle tampil spektakuler bersama Timnas Denmark di Piala Eropa 2020. Sebelumnya, ia juga merupakan andalan Atalanta, klub yang baru ia bela sejak Januari lalu. Direkrut dari Genk, pemain berusia 24 tahun tersebut mampu mengisi bek kanan Atalanta dengan begitu baik.

Andal dalam bertahan, Mæhle juga punya kecepatan yang membantunya menyerang lewat sisi sayap. Tercatat ia membuat 25 penampilan bersama Atalanta dengan raihan 2 assist. Menilik aksinya sejauh ini, tak heran bila Mæhle menjadi tumpuan utama sang pelatih, Gian Piero Gasperini, musim lalu.

4. Ridle Baku

Ridle Baku (90min.de)

Ridle Baku bukanlah pemain bertipe keras di lapangan. Terlebih lagi, Baku tak punya postur menjulang yang membuatnya tak andal dalam duel bola udara. Namun, di balik itu, ia mampu tampil gemilang dengan spesialisasi lain. Berposisi natural sebagai bek kanan, Baku dikenal sebagai pemain yang energik.

Di usianya yang masih 23 tahun, ia merupakan pilar utama Wolfsburg yang kehadirannya nyaris tak tersentuh. Baku mampu membuat 38 penampilan dengan torehan 6 gol dan 9 assist. Hebatnya lagi, ia juga sukses membawa Timnas U-21 Jerman menjuarai Piala Eropa U-21 pada Mei lalu.

Baca Juga: Dalam Hitungan Jam, Lionel Messi Bebas Cabut dari Barcelona

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya