Comscore Tracker

Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala Eropa

Para pemain dikhawatirkan kelelahan

Jakarta, IDN Times - Enam orang penggawa Spanyol di Piala Eropa 2020 bakal mentas di Olimpiade Tokyo 2020. Hal tersebut diumumkan pelatih Spanyol untuk Olimpiade Tokyo, Luis De La Fuente.

Keenam pemain tersebut yaitu Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo, dan Pedri. Mereka akan bergabung ke Tokyo usai gelaran Euro 2020.

"Para pemain ini akan datang dengan sangat termotivasi, dengan pengalaman yang lebih baik. Mereka adalah pemain muda dengan kualitas spektakuler. Mudah-mudahan mereka akan tiba tepat setelah final (Euro 2020), setelah memenangkan gelar," kata De La Fuente dilansir Daily Mail, Selasa (29/6/2021).

1. Penunjukkan enam pemain jadi perdebatan

Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala Eropainstagram.com/pedrigonzalez

Baca Juga: Kesaksian Pemain Spanyol Hadapi Teror Mesin Kroasia

Masuknya enam pemain tersebut menjadi perdebatan. Mereka dikhawatirkan akan mengalami kelelahan saat musim baru LaLiga dimulai.

Salah satu yang khawatir adalah Barcelona. Tim Catalan tak ingin Pedri ikut dalam Olimpiade Tokyo. Sebab, LaLiga bakal dihelat hanya seminggu usai Olimpiade Tokyo.

Berdasarkan keterangan jurnalis Spanyol, Jordi Marti, Barcelona akan mengadakan pembicaraan dengan petinggi sepak bola Spanyol untuk tak mengikutsertakan Pedri.

2. Klub wajib melepas pemain ke Timnas

Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala Eropaforbes.com

Meski begitu, De La Fuente tak khawatir. Sebab di Spanyol terdapat aturan kalau klub wajib melepas pemainnya apabila untuk kepentingan timnas.

"Kami beruntung, klub Spanyol memiliki kewajiban untuk melepas pemain," katanya.

Dalam daftar skuad Spanyol di Olimpiade Tokyo, hanya ada dua pemain dari klub luar Spanyol, Olmo yang merumput bersama Red Bull Leipzig dan Rafa Mir dari Wolverhampton Wanderers.

3. Berharap Barcelona dan klub lain memahami

Tak Ada Napas, 6 Pemain Spanyol Langsung ke Olimpiade Usai Piala EropaMaskot Olimpiade Tokyo 2020, Miraitowa, berpose di depan Japan National Stadium. (Facebook.com/Tokyo 2020)

De la Fuente berharap klub di Spanyol, termasuk Barcelona, memahami keputusan tersebut. Dia juga mengapresiasi para pemain yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo, yang dimulai 23 Juli 2021.

"Saya harus memberi penghargaan kepada para pemain yang membantu kami mencapai Olimpiade," ucapnya.

Dalam sejarah, Spanyol memenangkan medali emas sepak bola pria pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Mereka kemudian hanya mendapat medali perak pada Olimpiade 2000 di Sydney.

Baca Juga: Aksi Badut Kiper Spanyol Lawan Kroasia, De Gea Diseret

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya