TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diandalkan Timnas, 5 Kiper Ini Hanya Berseragam Klub Medioker

Dipercaya jadi andalan negaranya hingga kini

Jordan Pickford (twitter.com/Ben_Islington)

Bagi para pesepak bola, membela tim nasional merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Perlu perjuangan ekstra agar dapat terpilih ke dalamnya.

Bersaing dengan pemain lain di posisi yang sama jelas bukanlah perkara gampang untuk dilalui. Terlebih persepsi mengenai pemain yang membela klub top dijamin bakal dipanggil negaranya sering kali menyeruak.

Kasus seperti itu bak menjadi tradisi di tim nasional mana pun. Akan tetapi, sebagian kecil juga ada yang berasal dari klub medioker, seperti kelima kiper berikut ini.

1. Jasper Cillessen

Jasper Cillessen (thesportsrush.com)

Dominasi Jasper Cillessen di bawah mistar gawang Timnas Belanda berlangsung dalam waktu yang lama. Sejak debut pertama kali pada 2013 silam, ia sudah mengemas 61 caps serta dipercaya tampil di berbagai kompetisi bergengsi. Tak ayal, kursi yang ia tempati sulit digeser meski terus dimakan usia.

Di satu sisi, perjalanan kariernya di level klub malah antiklimaks. Sempat membela Ajax hingga Barcelona, kini Cillessen hanya membela Valencia yang tengah mengalami fase-fase sulit. Kendati demikian, pengalaman dan mentalitasnya ternyata masih dibutuhkan mengingat Cillessen terus dipercaya tampil reguler.

Baca Juga: 5 Kiper Tertinggi yang Bermain di Premier League pada 2021/2022

2. Lukas Hradecky

Lukas Hradecky (twitter.com/EuropaLeague)

Tak banyak pesepak bola berkebangsaan Finlandia yang mentas di liga top Eropa saat ini. Hanya segelintir nama yang eksis, salah satunya Lukas Hradecky. Ia telah malang-melintang di salah satu kompetisi top di Benua Biru, yakni Bundesliga. Hradecky pernah singgah ke Eintracht Frankfurt dan kini bersama Bayer Leverkusen.

Berstatus sebagai penggawa Die Werkself sejak 2018 lalu, Hradecky menyegel slot utama di bawah mistar gawang timnya. Ia terus dipercaya sebagai kiper nomor satu hingga kini. Meski belum mengantarkan timnya meraih prestasi glamor, Hradecky tetap memastikan posisi kiper utama Timnas Finlandia menjadi miliknya.

3. Yann Sommer

Yann Sommer (twitter.com/Squawka)

Yann Sommer selalu mampu menyajikan cerita menarik. Bagaimana tidak, kariernya di level klub hanyalah membela Borussia Moenchengladbach yang terkatung-katung di papan tengah Bundesliga. Kesetiaan Sommer bersama Die Fohlen juga begitu besar mengingat masa baktinya sudah berlangsung sejak 2014 lalu.

Catatan 324 penampilan menjadi bukti di balik kuatnya dominasi Sommer sebagai kiper utama Gladbach. Hal itu pula yang memuluskan langkahnya menuju Timnas Swiss. Sommer selalu menjadi sosok vital negaranya tersebut dalam beberapa ajang ternama. Sejak debut pada 2012 lalu, ia sudah mengoleksi 72 caps.

4. Jordan Pickford

Jordan Pickford (twitter.com/CJSmith91)

Posisi kiper utama Timnas Inggris menjadi kursi panas sejak dinasti Joe Hart berakhir. Pada akhirnya, The Three Lions menaruh harapan besar kepada Jordan Pickford untuk mengisi sektor tersebut hingga sekarang. Padahal, dari kiprahnya, tak ada yang spesial dari kiper berusia 28 tahun tersebut.

Karier Pickford dilalui bersama klub semenjana hingga Everton merekrutnya pada 2017 lalu. Pada tahun itu juga, ia menjalani debut di Timnas Inggris. Performa Pickford sejatinya tak terbilang buruk. Ia, misalnya, berperan penting membawa negaranya melenggang ke semifinal Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga: 6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier League

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya