6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier League

Mark Schwarzer paling melegenda!

Sebagai bekas daerah koloni, Australia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Inggris. Banyak penduduk Australia dan Inggris yang berpindah kependudukan satu sama lain pada masa modern. Kerja sama ini juga berlaku di dunia sepak bola.

Hingga 2022, telah ada 69 pemain asal Australia yang pernah merumput di English Premier League (EPL). Enam di antaranya berposisi sebagai kiper. Siapa saja keenam nama tersebut dan seperti apa performanya?

1. Mark Bosnich

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueMark Bosnich (goal.com)

Mark Bosnich jadi kiper asal Australia pertama yang merasakan berlaga di English Premier League. Bosnich ada di Inggris sejak masih jadi pemain akademi. Ia merupakan produk akademi Manchester United yang promosi ke tim utama pada 1991.

Bosnich pernah membela tiga tim berbeda di Premier League. Tim tersebut adalah Aston Villa (1992—1999), Manchester United (1999—2001), dan Chelsea (2001—2003). Selama berkarier di sana, Bosnich mencatatkan 208 penampilan yang kebanyakan ia torehkan ketika bermain untuk Aston Villa.

2. John Filan 

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueJohn Filan (twitter.com/LaticsOfficial)

Nama selanjutnya ialah John Filan yang debut di English Premier League pada 1995 bersama Conventry City. Filan terhitung cukup lama berkarier di Inggris, terhitung pada 1995—2007.

Filan yang hanya mencatatkan 2 caps di Timnas Australia ini pernah membela 4 klub berbeda, yakni Conventry City, Blackburn Rovers, Doncaster Rovers, dan Wigan Athletic. Selama 12 tahun berkarier di Inggris, Filan hanya tampil dalam 75 laga di kompetisi Premier League.

3. Mark Schwarzer

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueMark Schwarzer (skysports.com)

Mark Schwarzer masih terhitung sebagai kiper terbaik dalam sepanjang sejarah sepak bola Australia. Ia cukup lama bertahan sebagai kiper utama Timnas Australia dan termasuk sebagai golden era dari tim berjuluk Socceroos ini pada Piala Dunia 2006.

Schwarzer juga jadi pesepak bola asal Australia dengan jumlah pertandingan terbanyak di English Premier League dengan rekor 514 pertandingan. Penampilannya di liga terhitung saat ia membela Middlesbrough, Fulham, Chelsea, dan Leicester City.

Baca Juga: 10 Potret Peter Gulacsi, Kiper Terbuang yang Bersinar di RB Leipzig 

4. Mat Ryan

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueMathew Ryan (skysports.com)

Mathew Ryan atau Mat Ryan merupakan kiper utama dari Timnas Australia pada masa sekarang. Saat ini, ia bermain untuk Real Sociedad di LaLiga. Sebelum itu, Ryan pernah berkarier selama 4 musim di English Premier League.

Brighton & Hove Albion yang ia bela selama 3 musim dan Arsenal yang ia bela selama 1 musim menjadi timnya di Premier League. Total 124 pertandingan dengan catatan 28 nirbobol sukses Ryan torehkan. Seluruhnya ia catatkan saat membela Brighton & Hove Albion.

5. Brad Jones

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueBrad Jones (skysports.com)

Brad Jones adalah kiper berusia 40 tahun yang saat ini membela Perth Glory. Karier Brad Jones benar-benar dimulai di Inggris bersama tim akademi Middlesborugh.

Sebetulnya banyak tim Inggris yang pernah Jones bela. Namun, tak seluruhnya tampil di ajang English Premier League. Brad Jones hanya mencatatkan 45 penampilan di sana. Catatan tersebut didapat ketika membela Middlesbrough dan Liverpool.

6. Adam Federici

6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueAdam Federici (skysports.com)

Sama seperti Brad Jones, Adam Federici juga memulai karier profesionalnya di Inggris. Ia banyak membela klub di negara tersebut. Akan tetapi, hanya Reading dan AFC Bournemouth tim yang pernah ia bela di English Premier League.

Adam Federici hanya mencatatkan 31 penampilan dengan koleksi 5 nirbobol. Selain dua klub tersebut, ia juga pernah membela klub Inggris lain, seperti Southend United, Stoke City, dan Bristol City.

Selain karena kedekatan masa lalu, kualitas kiper asal Australia memang terbukti sangat baik. Faktanya, Mark Schwarzer menjadi salah satu pemain asing dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam sejarah English Premier League.

Baca Juga: 5 Rekor yang Dimiliki Son Heung Min di English Premier League

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya