TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Bola dengan Akumulasi Biaya Transfer Termahal dalam Sejarah

Dari Angel Di Maria hingga Romelu Lukaku #IDNTimesSport

potret kolase Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku (sportbible.com)

Dalam dunia sepak bola, pastinya transfer pemain merupakan suatu kebutuhan jika ingin bersaing di kompetisi papan atas. Setiap bursa transfer dibuka, sudah menjadi hal yang lazim untuk melihat beberapa pemain sepak bola hilir mudik untuk berganti kostum yang ia bela. Tak jarang juga pemain sepak bola menyebrang untuk memperkuat tim rival. 

Tak hanya sekali atau dua kali, beberapa pemain sepak bola juga ada yang berkali-kali pindah klub. Sejauh ini, terdapat sejumlah nama pesepak bola yang memiliki akumulasi biaya transfer tertinggi dalam sejarah. 

Berikut ini 5 pesepak bola dengan akumulasi biaya transfer termahal dalam sejarah. Siapa pemain paling mahal?

1. Angel Di Maria

potret Angel Di Maria bersama Paris Saint-Germain (en.psg.fr)

Angel Di Maria merupakan salah satu pesepak bola yang bersinar dalam satu dekade terakhir. Baru-baru ini, dia menjadi sosok kunci yang membawa Argentina menjuarai Copa America 2021. Lulusan akademi CA Rosario tersebut merupakan salah satu pemain dengan akumulasi transfer termahal sejauh ini. 

Bagaimana tidak, dari 4 klub yang mendatangkannya, total akumulasi biaya transfer yang dikeluarkan adalah 179 juta euro atau setara Rp3 triliun. Klub yang membelinya dengan harga paling mahal adalah Manchester United. Saat membeli Di Maria dari Real Madrid pada tahun 2014, MU harus merogoh kocek sebesar 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Tak terlalu sukses bersama Manchester United, Angel Di Maria dijual ke Paris Saint-Germain pada tahun 2015 seharga 63 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Dengan begitu, dia menjadi pemain kelima dengan akumulasi biaya transfer termahal sejauh ini. 

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Kaio Jorge, 'Titisan' Ronaldo yang Gabung Juventus

2. Alvaro Morata

potret Alvaro Morata bersama Juventus (juventus.com)

Alvaro Morata pada musim ini kembali dipinjamkan oleh Atletico Madrid ke Juventus. Pemain asal Spanyol itu merupakan lulusan asli Real Madrid yang namanya naik daun pada tahun 2013. Pemain yang sudah memberikan penampilan sebanyak 46 kali bagi timnas Spanyol itu merupakan salah satu pemain dengan akumuasi biaya transfer termahal sejauh ini. 

Dari 6 kali kontrak transfer, akumulasi biaya transfer Alvaro Morata adalah sebesar 189 juta euro atau sekitar Rp3,1 triliun. Chelsea merupakan klub yang memberikan mahar terbesar untuk mendapatkan jasa Alvaro Morata, yaitu sebesar 66 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Selain itu, biaya peminjaman dari Atletico Madrid ke Juventus juga lumayan mahal, yaitu 20 juta euro atau sekitar Rp338 miliar. 

3. Cristiano Ronaldo

potret Cristiano Ronaldo bersama Juventus (internationalchampionscup.com)

Satu lagi pemain Juventus dengan akumulasi biaya transfer termahal ialah Cristiano Ronaldo. Dari tiga kontrak transfer untuk mendatangkan sang mega bintang, klub-klub tersebut harus membayar dana total sebesar 230 juta euro atau sekitar Rp3,8 triliun. Fakta ini menempatkan pemain Portugal itu menjadi pemain ketiga dengan akumulasi biaya transfer termahal sejauh ini. 

Klub yang membeli Ronaldo dengan harga termahal adalah Juventus, yaitu dengan harga 117 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Real Madrid membeli Ronaldo dari Manchester United dengan harga 94 juta euro atau setara Rp1,5 triliun. Sedangkan Manchester United sendiri membeli Ronaldo dari Sporting CP hanya seharga 19 juta euro atau sekitar Rp321 miliar.

2. Neymar

potret Neymar bersama Paris Saint-Germain (skysports.com)

Selain Di Maria, ada juga Neymar, pemain Paris Saint Germain yang masuk ke dalam daftar pemain dengan akumulasi biaya transfer termahal dalam sejarah. Neymar menempati urutan kedua dengan total biaya transfer sebesar 310,2 juta euro atau setara Rp5,2 triliun. Klub termahal yang pernah membeli Neymar ialah Paris Saint-Germain pada tahun 2017 lalu.

Kala itu, Neymar dibeli dengan harga 222 juta euro atau sekitar Rp3,7 triliun dari Barcelona. Di sisi lain, Barcelona membeli Neymar dari Santos dengan harga 88,2 juta euro atau setara Rp1,5 triliun. Uniknya, dia hanya membutuhkan 2 kontrak transfer saja untuk menempati posisi kedua pemain dengan akumulasi biaya transfer termahal. 

Baca Juga: [BREAKING] Resmi Pulang ke Chelsea, Romelu Lukaku Cetak Sejarah

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya