TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik BSC Young Boys, Klub Swiss yang Mengalahkan ManUnited

Young Boys kalahkan Setan Merah di laga pembuka UCL!

potret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (twitter.com/BSC_YB)

Secara mengejutkan BSC Young Boys berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1 di laga awal Liga Champions. Sebenarnya MU sempat unggul lebih dulu melalui gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-13. Sayangnya, Young Boys sukses melakukan comeback dengan mencetak gol balasan melalui Moumi Ngamaleu pada menit ke-66 dan Theoson Pofek pada menit ke-95.

Tak banyak tahu tentang BSC Young Boys yang mengalahkan Manchester United secara mengejutkan. Klub asal Swiss itu memang merupakan perwakilan negaranya di Liga Champions setelah menjuarai kompetisi liga domestik musim lalu. Bagi kamu yang penasaran, berikut 5 fakta menarik tentang BSC Young Boys. 

1. BSC Young Boys didirikan sejak 123 tahun yang lalu

potret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (worldfootball.net)

BSC Young Boys berdiri pada 14 Maret 1898. Klub yang awalnya dinamai FC Young Boys ini sudah berdiri sejak 123 tahun yang lalu. Pada tahun 1925, klub ini berganti nama menjadi Berner Sport Club Young Boys atau BSC Young Boys. 

Awalnya, klub ini bermarkas di Spitalacker-Platz, baik sebelum maupun setelah Perang Dunia I. Seiring bergantinya nama klub tersebut menjadi BSC Young Boys, markas klub ini dipindahkan ke Wankdorf Stadium yang masih digunakan hingga saat ini. Stadion tersebut sempat direnovasi pada tahun 1930 agar diperluas mengingat stadion ini cukup kecil untuk didatangi oleh puluhan ribu fans mereka.

Baca Juga: Seperti Juara, 7 Potret Emosional Pemain Young Boys Usai Kalahkan MU

2. Manchester United merupakan klub yang selalu dijumpai BSC Young Boys di fase grup Liga Champions

potret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Dalam sejarahnya, BSC Young Boys hanya pernah bermain di Liga Champions sebanyak 2 kali, yaitu pada musim 2018/2019 dan 2021/2022. Pada musim 2018/2019, klub ini berada dalam satu grup dengan Manchester United, Juventus, dan Valencia. Menariknya, pada musim ini klub asal Swiss itu bertemu lagi dengan Setan Merah.

BSC Young Boys tak pernah merasakan babak 16 besar Liga Champions sejauh ini. Namun, bisa jadi ini merupakan pembeda dari musim sebelumnya karena mereka pastinya akan tampil percaya diri setelah mengalahkan Manchester United.

3. BSC Young Boys merupakan klub keempat terbanyak yang meraih trofi Swiss Super League

potret para pemain BSC Young Boys (crtv.cm)

Swiss Super League merupakan kompetisi liga domestik kasta tertinggi di Swiss. BSC Young Boys merupakan salah satu klub yang paling berprestasi dalam ajang ini. Setidaknya klub tersebut sudah meraih 15 trofi kompetisi tersebut.

Dengan hal tersebut, BSC Young Boys merupakan klub keempat terbanyak yang meraih trofi Swiss Super League. Klub terbanyak yang meraih trofi tersebut ialah Grasshopper sebanyak 27 kali. Ada pula Basel dan Servette yang masing-masing klub sudah meraih 20 trofi dan 17 trofi.

4. Pernah dilatih Vladimir Petkovic yang merupakan ikon sepak bola Swiss dalam sedekade terakhir

potret Vladimir Petkovic (firstsportz.com)

Bagi kamu pendukung Timnas Swiss, pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan sosok Vladimir Petkovic. Dia merupakan pelatih Swiss sejak tahun 2014 hingga Juli 2021. Dia mundur dari kursi kepelatihan Swiss untuk melatih klub asal Prancis, Bordeaux.

Piala Eropa 2020 merupakan ajang terakhirnya di skuad Swiss walau dia hanya bisa membawa negaranya menuju 8 besar. Tak banyak yang mengetahui bahwa Vladimir Petkovic pernah melatih BSC Young Boys pada tahun 2008 hingga 2011. Sayangnya, tak ada trofi yang berhasil dia persembahkan saat melatih klub tersebut.

Baca Juga: MU Panen Rekor Buruk Usai Kalah dari Young Boys, Apes!

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya