TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Klub dengan Peraih Gelar Ligue 1 Terbanyak, Gak Ada LOSC Lille!

Adakah klub favoritmu dalam daftar ini?

potret LOSC Lille merayakan gelar Ligue 2020/2021(rte.ie)

LOSC Lille berhasil memenangkan pertandingan di laga terakhir melawan Angers dengan skor 2-1. Hal tersebut membuat LOSC Lille berhasil meraih gelar Ligue 1 untuk keenam kalinya. Dalam sejarahnya, terdapat beberapa klub yang meraih gelar Ligue 1 dalam jumlah yang cukup banyak.

Beberapa klub tersebut hingga saat ini masih bermain di Ligue 1 walaupun beberapa diantara mereka tidak sedominan beberapa dekade lalu. Berikut 5 klub peraih gelar Ligue 1 terbanyak sepanjang sejarah. 

1. Marseille - 10 kali

potret squad Marseille(worldfootball.net)

Marseille mengakhiri Ligue 1 musim ini dengan berada di peringkat kelima. Hal tersebut membuat klub itu gagal masuk ke Liga Champions musim depan. Bahkan, Marseille juga terancam tidak masuk Liga Europa walau masih berpeluang untuk mengikuti kompetisi baru Europa Conference League pada musim depan.

Tak banyak yang tahu bahwa Marseille merupakan salah satu klub peraih gelar Ligue 1 hingga saat ini. Klub tersebut berhasil meraih 10 gelar Ligue dengan gelar pertamanya mereka raih pada musim 1928/1929. Terakhir kalinya Marseille menjuarai Ligue 1 ialah pada musim 2009/2010.

2. Saint-Étienne - 10 kali

potret para pemain Saint-Étienne(ligue1.com)

Pada musim ini, Saint-Étienne mengakhiri klasemen Ligue 1 dengan berada pada peringkat kesebelas. Klub tersebut hanya mampu meraih 46 poin dengan 12 kemenangan, 10 hasil imbang, dan 16 kekalahan. Saint-Étienne juga hanya mampu mencetak 42 gol dan telah kebobolan 54 gol pada musim ini. 

Terlepas dari penampilan Saint-Étienne yang biasa saja pada musim ini, ternyata klub tersebut merupakan salah satu klub dengan perolehan gelar Ligue 1 terbanyak, lho. Total gelar Ligue yang berhasil Saint-Étienne peroleh ialah sebanyak 10 kali. Saint-Étienne juga telah 3 kali menjadi runner up Ligue 1 sejauh ini.

3. Paris Saint-Germain - 9 kali

potret para pemain Paris Saint-Germain(futballnews.com)

Banyak yang mengira bahwa Paris Saint-Germain merupakan klub yang selalu menjuarai Ligue 1. Padahal, klub asal Kota Paris itu baru menjuarai Ligue 1 sebanyak 9 kali. Perolehan tersebut masih lebih rendah daripada perolehan Marseille dan Saint-Étienne yang sama-sama mengoleksi 10 gelar Ligue 1.

Pertama kalinya Paris Saint-Germain menjuarai Ligue 1 ialah pada musim 1985/1986. Memang, Paris Saint-Germain sendiri menjadi raksasa di Ligue 1 dalam sedekade terakhir dengan mengoleksi 7 gelar Ligue 1 sekaligus.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain AS Monaco yang Kini Berkarier di Premier League

4. AS Monaco - 8 kali

potret para pemain AS Monaco(asmonaco.com)

AS Monaco dikenal sebagai klub yang mempunyai tim scouting yang sangat baik. Banyak nama-nama bintang yang berhasil dikembangkan oleh klub tersebut. Selain itu, ternyata AS Monaco juga beberapa kali menjuarai kompetisi Ligue 1.

Setidaknya klub tersebut telah menjuarai Ligue 1 sebanyak 8 kali dan menjadi runner up sebanyak 7 kali. Terakhir kalinya AS Monaco menjuarai kompetisi Ligue 1 ialah pada musim 2016/2017. Sedangkan AS Monaco menjuarai kompetisi tersebut untuk pertama kalinya ialah pada musim 1960/1961.

Baca Juga: 10 Pemain Andalan LOSC Lille dengan Banderol Termahal Saat Ini

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya