TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Klub yang Pernah Ditangani Roberto Mancini Sebelum Timnas Italia

Sosok di balik kesuksesan timnas Italia!

Roberto Mancini (bleacherreport.com/MB Media/Getty Images)

Roberto Mancini menjadi sosok di balik kesuksesan Italia melaju ke final Piala Eropa 2020. Pria berusia 56 tahun itu membuat era baru timnas Italia sejak ditunjuk pada tahun 2018. Di Piala Eropa 2020, belum ada satupun tim yang mampu mengalahkan Gli Azzurri asuhan Mancini.

Nama yang satu ini sebenarnya tidak asing lagi karena malang melintang menangani berbagai klub. Salah satu yang membuatnya namanya melambung saat ditunjuk melatih Manchester City. Selain City, ternyata ada 5 klub lain yang pernah merasakan tangan dingin Mancini. Mana saja?

1. Fiorentina

Roberto Mancini (goal.com)

Setelah gantung sepatu pada tahun 2001, Roberto Mancini tak berpikir panjang untuk memulai karier kepelatihannya. Fiorentina menjadi klub pertama yang ia tangani sebagai pelatih utama. Sebelumnya, Mancini pernah menjadi asisten pelatih di Lazio. Kariernya di klub kota Florence itu terbilang cukup singkat.

Ditunjuk pada Februari 2001, ia hanya bertahan hingga Januari 2002. Sebagai pelatih yang belum berpengalaman, hasilnya cukup mengecewakan. Selama menangani Fiorentina, Mancini menjalani 43 pertandingan. Hasilnya, Fiorentina kalah dalam 22 pertandingan dan hanya mampu menang dalam 11 laga. Namun, ia berhasil memenangkan satu trofi Coppa Italia untuk Fiorentina.

2. Lazio 

Roberto Mancini (bleacherreport.com)

Meskipun tak berjalan mulus dalam debutnya sebagai pelatih utama, karier Roberto Mancini tak berhenti. Pada awal musim 2002/03, Mancini ditunjuk mantan klubnya, Lazio, untuk menjadi pelatih. Mancini mulai menunjukkan kualitasnya bersama klub ibu kota Italia ini.

Di mana Mancini bisa bertahan hingga musim 2003/04. Selama dua musim tersebut, Mancini mampu meraih trofi Coppa Italia. Catatan pertandingannya pun lebih baik dengan lebih banyak meraih kemenangan. Dari 102 pertandingan yang dijalani, Mancini menang dalam 49 laga dan hanya kalah dalam 21 laga.

Baca Juga: Rasa Penasaran Mancini Soal Trofi Bersama Italia

3. Inter Milan

Roberto Mancini (sport360.com)

Roberto Mancini yang membawa Lazio tampil apik membuat klub elit, Inter Milan, menunjuknya sebagai pelatih baru. Bersama Nerazzurri, karier Mancini melesat tajam dengan raihan berbagai trofi. Inter menjadi klub yang dilatih Mancini dalam dua periode. Periode pertama sejak Juli 2004 hingga Mei 2008 dan periode kedua sejak 2014 hingga 2016.

Pada periode pertama, Mancini membawa Inter meraih 2 trofi Serie A, 2 trofi Coppa Italia dan 2 trofi Italian Super Cup. Di mana ia memainkan 226 pertandingan dengan menang dalam 140 dan hanya kalah 26 laga. Sementara di periode kedua, ia terbilang gagal di Inter dengan nihil gelar.

4. Manchester City 

Roberto Mancini (manchestereveningnews.co.uk)

Setelah periode pertama di Inter Milan yang sangat membanggakan, Roberto Mancini mencoba keluar dari Italia. Manchester City menjadi klub non Italia pertama yang ia asuh, yakni sejak Desember 2009 hingga Mei 2013. Mancini merupakan pelatih pertama yang menangani era baru City yang dimiliki Sheikh Mansour.

Selama menangani klub Manchester itu, Mancini memberikan beberapa gelar. Di antaranya yaitu 1 trofi FA Cup dan 1 trofi Premier League. Sebelum meninggalkan City, ia telah menjalani 191 pertandingan dengan raihan 113 kemenangan dan hanya kalah dalam 40 pertandingan.

5. Galatasaray

Roberto Mancini (goal.com)

Beberapa bulan setelah meninggalkan Manchester City, Roberto Mancini ditunjuk klub Turki, Galatasaray. Tepatnya pada September 2013 dsn bertahan hingga akhir musim. Dipercaya untuk menggantikan Fatih Terim, Mancini sukses memberikan satu trofi Piala Turki untuk Galatasaray.

Catatan pertandingannya pun cukup mengesankan dengan skuad yang sudah ada. Mancini menjalani 46 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya, ia meraih 25 kemenangan, 12 hasil imbang dan 9 kekalahan. Di Liga Turki, Mancini membawa Galatasaray sebagai runner-up di bawah Fenerbahce.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Bermain di Piala Eropa, Ada Roberto Mancini!

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya