TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabar 5 Legenda yang Pernah Memenangi Penghargaan Ballon d’Or

Ada yang menjadi presiden, lho! 

Ronaldinho meraih penghargaan Ballon d'Or 2005. (twitter.com/FCBarcelona)

Ballon d’Or merupakan penghargaan individu dalam sepak bola. Terbaru, penghargaan tersebut berhasil dimenangi oleh Karim Benzema. Bintang asal Prancis itu mengumpulkan suara terbanyak mengungguli winger Bayern Munich (Sadio Mane) yang berada di posisi kedua dan gelandang Manchester City (Kevin De Bruyne) di tempat ketiga.

Selain Karim Benzema, sejumlah legenda sepak bola juga pernah meraih Ballon d’Or. Nah, berikut kabar lima legenda sepak bola yang pernah memenangi penghargaan Ballon d’Or.

1. Ronaldinho 

Ronaldinho (instagram.com/ronaldinho)

Ronaldinho adalah legenda hidup Brasil. Pria yang memiliki nama lengkap Ronaldo de Assis Moreira ini meraih penghargaan Ballon d’Or pada 2005.

Setelah meraih Ballon d’Or, karier Ronaldinho makin melejit. Ia sukses mengantarkan Barcelona memenangi trofi LaLiga Spanyol dan Liga Champions Eropa 2005/2006.

Setelah melanglang buana bersama tim-tim Eropa, Ronaldinho kemudian memilih pulang kampung ke Brasil pada 2011. Ia sempat membela Flamengo, Atletico Mineiro, dan Fluminense sebelum akhirnya gantung sepatu pada 2018.

Usai pensiun, Ronaldinho masih memiliki daya tarik yang luar biasa. Buktinya, ia sempat beberapa kali menjadi bintang iklan dan terlibat dalam berbagai kegiatan amal di sejumlah negara.

Baca Juga: Karim Benzema Rebut Penghargaan Ballon d'Or 2022!

2. Fabio Cannavaro 

Fabio Cannavaro (instagram.com/fabiocannavaroofficial)

Setelah Ronaldinho, penghargaan Ballon d’Or diraih oleh Fabio Cannavaro. Pemain yang tampil di sektor bek tengah itu dianugerahi Ballon d’Or karena berhasil membawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

Cannavaro memutuskan pensiun pada 2012 setelah menorehkan prestasi luar biasa di level klub dan timnas. Tim terakhir yang dibela sang pemain adalah klub India, Siliguri.

Selepas pensiun, Cannavaro memulai kariernya sebagai seorang pelatih. Ia tercatat pernah menangani Guangzhou Evergrande, Al Nassr, Tianjin Quanjian, hingga Timnas China. Kini, pria berumur 49 tahun itu menjadi nakhoda tim Serie B, Benevento.

3. George Weah 

George Weah (instagram.com/george_weah_official)

George Weah merupakan pesepak bola yang bersinar pada era 1990-an. Sejumlah tim elite pernah ia bela, seperti Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Manchester City.

Weah sukses meraih penghargaan Ballon d’Or pada 1995 ketika membela AC Milan. Pencapaian tersebut terbilang membanggakan baginya. Pasalnya, ia menjadi pemain Afrika pertama dan satu-satunya yang mampu meraih Ballon d’Or.

Setelah pensiun sebagai pemain, Weah sempat berkecimpung di badan amal PBB. Tidak bertahan lama, ia terjun ke dunia politik. Pada 2018, Weah terpilih sebagai presiden di negara kelahirannya, Liberia.

4. Pavel Nedved 

Pavel Nedved (twitter.com/juventusfc)

Pavel Nedved mulai dikenal banyak orang ketika bermain di Serie A Italia. Lazio dan Juventus menjadi dua klub Italia yang pernah diperkuat sang pemain.

Berkat performa impresifnya, Nedved berhasil merengkuh penghargaan Ballon d'Or pada 2003. Ia saat itu sukses mengungguli Thierry Henry (Arsenal) dan Paolo Maldini (AC Milan) yang berada di urutan kedua serta ketiga.

Nedved memutuskan gantung sepatu pada 2009. Sempat menjadi anggota dewan, pria asal Republik Ceko tersebut kemudian menjabat sebagai Wakil Presiden Juventus. Jabatan itu masih dipegang Nedved sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Bek yang Berpotensi Memenangi Trofi Ballon d’Or pada Masa Mendatang

Verified Writer

Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya