TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hebat! 5 Kiper yang Mampu Mencetak Gol di Pentas Serie A Italia

Ada yang kamu kenal?

Alberto Brignoli (the18.com)

Tidak hanya mengawal gawang agar tidak kebobolan, sudah ada banyak kiper yang juga mampu membuat gol di liga. Di pentas Premier League, misalnya, ada nama-nama seperti Peter Schmeichel, Paul Robinson, Tim Howard, Asmir Begovic, hingga Alisson Becker.

Lalu, bagaimana dengan kompetisi Serie A Italia? Walau jumlahnya tidak banyak, ada beberapa penjaga gawang yang berhasil membuat angka saat bermain di kompetisi paling elite di Negeri Pizza tersebut. Siapa saja mereka dan berapa gol yang berhasil dicetak?

1. Lucidio Sentimenti

Lucidio Sentimenti (footballstory.mondocalcionews.it)

Mungkin tidak banyak yang familiar dengan pemain kelahiran Kota Turin ini. Yup, Lucidio Sentimenti memang termasuk pemain lawas karena berkiprah di Liga Italia pada 1940-an hingga 1960-an silam. Ia sempat membela klub Modena, Juventus, Lazio, dan Vicenza.

Lebih dikenal sebagai Sentimenti IV, selain menjaga gawang, ia ternyata cukup piawai mengeksekusi tendangan penalti. Selama berkarier di kompetisi Negeri Pizza, Sentimenti IV membuat 366 penampilan dan sempat menceploskan tiga gol di Serie A lewat titik putih.

Baca Juga: 11 Barter Pemain Sepak Bola yang Sempat Mengejutkan Publik

2. Antonio Rigamonti

Antonio Rigamonti (corriere.it)

Seperti Lucidio Sentimenti, nama Antonio Rigamonti mungkin juga cukup asing bagi penggemar sepak bola kekinian. Pasalnya, kiper kelahiran Carate Brianza ini memang berkiprah di akhir dekade 1960-an hingga gantung sepatu pada pertengahan 1980-an.

Sepanjang karier profesionalnya, Rigamonti sempat memperkuat Atalanta, Calcio Como, AC Milan, dan Cremonese. Ia total mencetak enam gol, tiga di antaranya di kompetisi Serie A. Semua angka yang ia hasilkan berasal dari sepakan 12 pas saat bermain di Calcio Como.

3. Michelangelo Rampulla

Michelangelo Rampulla (calciomercato.com)

Memulai karier di Pattese, Michelangelo Rampulla berkelana ke Cesena, Varese, dan Cremonese. Nah, di klub yang disebutkan terakhir, penjaga gawang ini pernah mencetak gol melalui open play, tepatnya pada tahun 1992 saat pertandingan melawan Atalanta.

Selepas Cremonese degradasi ke Serie B, Rampulla hijrah ke Juventus pada 1992. Walaupun bukan merupakan pilihan utama, ia sempat meraih 4 titel Serie A, 1 Liga Champions Eropa, 1 Coppa Italia, 1 Piala UEFA, dan 2 kali Supercoppa Italiana.

4. Massimo Taibi

Massimo Taibi (goal.com)

Kalau kiper yang satu ini mungkin sudah cukup dikenal, khususnya oleh fans bola dekade 1990-an. Pasalnya, Massimo Taibi sempat memperkuat AC Milan. Selain itu, penjaga gawang ini juga pernah berseragam Manchester United walau memang tidak bisa dibilang sukses.

Gagal di The Red Devils, Taibi pulang kampung ke Italia dan membela Reggina pada tahun 2000. Nah, di klub berjuluk Gli Amaranto ini, ia sempat membuat gol saat pertandingan melawan Udinese pada April 2001. Gol tersebut memaksakan laga berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: Kalah Bersaing, 5 Kiper Top Ini Sering Dipinjamkan ke Klub Lain

Verified Writer

Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya