TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Pemain Top yang Pernah Kawinkan Juara dan Golden Player Euro U-21 

Bakat mereka sudah terlihat sejak usia muda

Andrea Pirlo (twitter.com/UEFAUnder21)

Selain untuk level senior, UEFA juga rutin menyelenggarakan European Under-21 Championship atau Euro U-21. Seperti  namanya, ini adalah kompetisi untuk pemain timnas U-21 di Benua Biru.

Umumnya ajang ini menjadi ajang pembuktian bakat dari talenta-talenta muda untuk menunjukkan taji mereka di panggung dunia. Ada sejumlah talenta yang tidak cuma sukses membawa negaranya menjadi juara Euro U-21, tetapi juga terpilih sebagai pemain terbaik sehingga berhak atas penghargaan Golden Player. Seiring waktu berlalu, sederet pemain ini memang akhirnya terbukti menjelma menjadi seorang bintang sepak bola papan atas.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21

1. Laurent Blanc 

Laurent Blanc (twitter.com/FIFAWorldCup)

Fans Prancis pasti familiar dengan Laurent Blanc. Ia menjadi bagian tim Ayam Jantan saat menjuarai Piala Dunia 1998. Satu dekade sebelumnya, mantan pemain Manchester United ini mengantarkan Prancis juara Euro U-21 edisi 1988 sekaligus menjadi pemain terbaik.

2. Fabio Cannavaro 

Fabio Cannavaro (twitter.com/FIFAWorldCup)

Fabio Cannavaro dua kali membawa Italia U-21 meraih trofi Euro U-21, yakni pada 1994 dan 1996. Namun, edisi 1996 lebih spesial karena ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik. Satu dasawarsa kemudian, mantan bek Juventus ini menjadi kapten negaranya saat meraih trofi Piala Dunia 2006.

3. Andrea Pirlo 

Andrea Pirlo (twitter.com/EURO2024)

Andrea Pirlo menjadi bintang utama dalam gelaran Euro U-21 edisi 2000. Pasalnya, ia tidak cuma mengantarkan Italia U-21 meraih trofi. Mantan gelandang AC Milan dan Juventus ini juga meraih Golden Player sebagai pemain terbaik sekaligus top skor turnamen dengan koleksi tiga gol.

4. Petr Cech 

Petr Cech (twitter.com/EURO2024)

Peter Cech memang gagal memberikan trofi untuk negaranya di level senior. Namun, ia sempat membawa Ceko U-21 menangi turnamen Euro U-21 edisi 2002 yang saat itu digelar di Switzerland. Tidak cuma itu, mantan penjaga gawang Chelsea ini juga dinobatkan sebagai pemain terbaik.

5. Alberto Gilardino 

Alberto Gilardino (instagram.com/albertogilardino)

Albertino Gilardino mereplikasi capaian Andrea Pirlo. Ia mengantarkan Italia U-21 menjuarai Euro U-21 edisi 2004 sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik dan top skor turnamen. Selang 2 tahun, mantan striker AC Milan ini juga menjadi bagian Timnas Italia merebut Piala Dunia 2006.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kiprahnya Menarik Dinantikan di Euro U-21 2023

6. Klaas-Jan Huntelaar 

Klaas-Jan Huntelaar (uefa.com)

Tidak mau kalah dengan jagoan Italia, Klaas-Jan Huntelaar juga memborong penghargaan dalam gelaran Euro U-21 edisi 2006. Saat itu, ia menjadi pemain terbaik sekaligus top skor. Bekas penyerang Ajax dan Real Madrid ini juga membawa Timnas Belanda U-21 menjuarai turnamen.

7. Juan Mata 

Juan Mata (twitter.com/ManUtd)

Setelah juara Piala Dunia 2010, Juan Mata dipanggil Spanyol U-21 untuk bertanding di Euro U-21 edisi 2011. Mantan gelandang Chelsea dan Manchester United ini sukses mengantarkan skuat muda La Furia Roja merebut trofi. Mata kala itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

8. Thiago Alcantara

Thiago Alcantara (instagram.com/thiago6)

Setelah tahun 2011, tim muda Spanyol kembali juara Euro U-21 edisi 2013. Jika sebelumnya Juan Mata yang menjadi bintang, kali ini giliran Thiago Alcantara. Gelandang yang kini bermain untuk Liverpool tersebut merebut Golden Player dan berhasil menyarangkan tiga gol sepanjang turnamen.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal di Euro U-21 2023, Ada Tonali!

Verified Writer

Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya