5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21

Sukses lahirkan pemain bintang!

Teka-teki pelatih baru Persib Bandung akhirnya bermuara ke sosok Luis Milla yang sebelumnya pernah menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia. Kehadiran Luis Milla jelas sangat diharapkan oleh para fans yang merindukan permainan menghibur di tim Persib Bandung.

Sebelum berkarier di Indonesia, Luis Milla merupakan nama besar di sepak bola Spanyol. Saat masih jadi pemain, Luis Milla pernah membela klub besar di Spanyol, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Valencia.

Ketika menjadi pelatih, Luis Milla juga sukses menorehkan prestasi ketika membawa Timnas Spanyol menjadi juara di Euro U-21 pada tahun 2011. Terdapat 23 nama yang dibawa oleh Luis Milla kala itu. Beberapa di antaranya bahkan sukses jadi pemain bintang. Berikut ini kami ulas lima yang terbaik.

1. Cesar Azpilicueta

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21Cesar Azpilicueta (premierleague.com)

Fans sepak bola Inggris tentu mengenal sosok Cesar Azpilicueta. Bek berkebangsaan Spanyol ini adalah kapten dan bek andalan Chelsea. Permainan hebatnya juga membuat ia dikenal sebagai bek yang serbabisa.

Saat masih berusia 21 tahun, Cesar Azpilicueta pernah dibawa oleh Luis Milla ke skuad Spanyol pada gelaran Euro U-21. Di bawah arahan Luis Milla, Azpilicueta hanya mencatatkan 7 laga karena ia masih kalah saing dari Martin Montoya untuk posisi bek kanan.

2. Javi Martinez

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21Javi Martinez (.bundesliga.com)

Javi Martinez merupakan sosok kapten dari skuad U-21 Spanyol pada gelaran Euro 2011. Javi Martinez yang kala itu masih berseragam Athletic Bilbao sukses menjadi pemain andalan Luis Milla di lini tengah.

Martinez mencatatkan 10 laga di bawah asuhan Luis Milla. Dipilihnya Martinez sebagai kapten didasarkan kepada performa dan pengalaman Martinez sebagai pemain. Pasalnya, Martinez telah sukses meraih gelar juara Piala Dunia 2010 setahun sebelumnya.

Baca Juga: Luis Milla Ternyata Terus Pantau Liga 1 Sebelum Latih Persib

3. Juan Mata

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21Juan Mata (manutd.com)

Untuk posisi gelandang serang, Luis Milla kerap kali mempercayakan posisi tersebut kepada Juan Mata. Sama seperti Martinez, Juan Mata juga jadi bagian dari skaud Timnas Spanyol ketika menjadi juara Piala Dunia 2010.

 Pada gelaran Euro U-21 2011, Juan Mata masih membela Valencia dan jadi bintang di sana. Di bawah arahan Luis Milla, Juan Mata sukses mencatatkan 2 gol dan 5 assist dari 9 pertandingan. Beranjak dewasa, karier Juan Mata terhitung cukup cemerlang.

4. David De Gea

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21David De Gea (premierleague.com)

Pemain yang paling sering dimainkan oleh Luis Milla adalah David De Gea. Hal ini tak mengherankan mengingat De Gea yang berposisi sebagai kiper memang tampil solid sejak usianya masih muda. Ia dikenal sebagai tembok Atletico Madrid kala itu.

Dengan catatan 18 pertandingan dan menjuarai Euro U-21 bersama Timnas Spanyol di bawah arahan Luis Milla pada 2011, David De Gea akhirnya diboyong Manchester United pada tahun yang sama. Saat ini banyak pihak yang mengakui jika David De Gea merupakan sosok kiper bintang.

5. Thiago Alcantara

5 Pemain Bintang yang Pernah Dilatih Luis Milla saat Juara Euro U-21Thiago Alcantara (premierleague.com)

Thiago Alcantara menjadi sosok pemain outfield yang paling sering dimainkan oleh Luis Milla ketika melatih Timnas U-21 Spanyol. Alcantara yang kala itu masih berseragam Barcelona sukses menjalani 14 laga dengan sumbangan 2 gol dan 4 assist.

Meski sering mengalami cedera, Thiago Alcantara masih mempunyai kualitas jempolan sebagai gelandang kreatif. Barcelona, Bayern Munich, dan Liverpool menjadi bukti kehebatan Alcantara ketika menjadi jenderal lapangan tengah.

 

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Luis Milla sebagai pelatih Persib Bandung. Faktanya, Luis Milla lebih sering melatih Timnas ketimbang melatih sebuah klub. Al-Jazira, CD Lugo, dan Real Zaragoza menjadi deretan klub yang pernah dilatih Milla.

Baca Juga: Luis Milla Dikontrak Persib 2 Tahun dengan Opsi Perpanjangan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya