TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekor yang Dipecahkan Mohamed Salah bersama Liverpool, Fantastis!

Salah telah mencetak 125 gol untuk The Reds

Mohamed Salah (premierleague.com)

Penggemar Liverpool sangat bahagia ketika Mohamed Salah pertama kali bergabung dengan klub pada tahun 2017, tetapi sama sekali tidak ada yang menyangka dia bakal memberikan dampak yang signifikan untuk The Reds. Pemain sayap Mesir ini dikenal lewat ketajaman dalam mencetak gol dengan kecepatan yang luar biasa.

Empat musim berlalu, Salah telah memberikan gelar prestisius bagi Liverpool yang telah puasa gelar sangat lama. Liga Champions dan Premier League sukses dipersembahkannya bersama pelatih Jurgen Klopp. Di level individu, Salah pun berhasil mencatatkan rekor yang menjadi sejarah Liverpool. Apa saja? Ini ulasannya.

1. Pencetak gol terbanyak dalam satu musim Premier League

Mohamed Salah jadi top skorer Premier League 2017/18 (goal.com)

Luis Suarez musim 2013/2014, Cristiano Ronaldo musim 2007/2008, dan Alan Shearer musim 1995/1996 hanya mampu mencetak 31 gol dalam satu musim Premier League. Mohamed Salah kemudian menciptakan rekor baru dengan menjadi satu-satunya yang pernah mencetak 32 gol dalam satu musim.

Dia melakukannya di musim 2017/2018. Dia mencetak gol dalam tidak kurang dari 24 pertandingan berbeda, sebuah rekor lain tersendiri. Di musim tersebut, Liverpool hanya finis di peringkat ke-4 klasemen akhir.

Baca Juga: 10 Pemain Afrika Paling Berharga Saat Ini, Mohamed Salah Teratas!

2. Pemain Liverpool pertama yang mampu mencetak lebih dari 20 gol dalam tiga musim Premier League

Selebrasi gol Mohamed Salah (si.com)

Dalam sejarahnya, Liverpool selalu diisi oleh striker hebat seperti Robbie Fowler, Fernando Torres, hingga Luis Suarez. Namun, tak ada yang mampu menjaga ketajamannya dengan mencetak 20 gol lebih dalam tiga musim berbeda. Salah menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak 20 lebih gol dalam tiga musim sejak Ian Rush pada 1987.

Hal itu dilakukannya pada musim 2017/2018 (32 gol), 2018/2019 (22 gol), dan 2020/2021 (20 gol). Sepanjang raihan itu, dia juga didapuk menjadi top skor Premier League sebanyak dua kali.

3. Top skor sepanjang masa Liverpool di Liga Champions

Mohamed Salah memenangkan Liga Champions (liverpoolecho.co.uk)

Salah baru bergabung dengan Liverpool pada 2017, tetapi dia sudah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka di Liga Champions. Sebelum pertemuan dengan Midtjylland pada Desember 2020, rekor itu dipegang oleh 21 gol Steven Gerrard, tetapi Salah sukses mencetak satu gol lagi menjadi 22 pada malam itu untuk membuat rekor itu menjadi miliknya.

Luar biasanya lagi, Salah memecahkan rekor itu hanya lewat 39 pertandingan, 34 pertandingan lebih sedikit dari Gerrard. Namun, fakta bahwa Gerard adalah seorang gelandang membuat rekor tersebut sama mengesankannya.

4. Pencetak gol terbanyak Liverpool dalam 100 pertandingan pertama Premier League

Mohamed Salah (premierleague.com)

Laga Premier League ke-100 Salah untuk Liverpool terjadi pada Maret 2020 dan ia menandai laga spesial itu dengan mencetak gol yang merupakan gol ke-70-nya. Catatan tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Fernando Torres yang mencetak 63 gol dari 100 laga awalnya.

Catatan ini pun menjadikan Salah sebagai pemain kedua dengan gol terbanyak dalam 100 laga Premier League. Rekor ini masih dipegang oleh Alan Shearer yang mencetak 79 gol dari 100 laga awal.

Baca Juga: Aksi Sportif Mohamed Salah Usai Kalah dari Harry Kane

Verified Writer

Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya