TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indonesia Ikut Ajukan Diri Jadi Host Piala Dunia 2034

Mahathir Mohammad optimistis Piala Dunia digelar di ASEAN

instagram.com/fifaworldcup

Jakarta, IDN Times - Beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal tersebut diutarakan Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Minggu (23/6).

"Para pemimpin mendapat dukungan dari kawasan ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034, jika memungkinkan. Untuk itu, Saya ingin mengundang orang-orang ASEAN untuk mendukung federasi sepak bola di negara mereka masing-masing untuk mewujudkan impian ini," kata Prayuth seperti dilansir Reuters.

Baca Juga: Preview Pertandingan Norwegia vs Nigeria di Piala Dunia Wanita 2019

1. Piala Dunia baru pertama kali digelar di Asia

Unsplash.com/fznsr_

Kejuaraan empat tahun ini baru pertama kali digelar di Asia, yakni saat Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2002. Dan, tunamen antar negara terelite di dunia ini baru akan kembali dihelat negara Asia pada 2022 nanti, yakni di Qatar.

Negara-negara ASEAN yang menyatakan siap berpartisipasi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 adalah Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, dll. Mereka pun didukung penuh oleh negara-negara lain macam Laos ataupun Brunei untuk menggelar pesta sepak bola terakbar se-jagad.

2. Perdana Menteri Malaysia optimistis Piala Dunia bisa digelar di ASEAN

thestar.com.my/

Usulan tersebut juga diapresiasi oleh Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohammad. Menurut dia, lima negara Asean telah membicarakan dengan serius kemungkinan untuk mengikuti bidding untuk bisa bersaing dengan calon tuan rumah lainnya.

Mahathir menambahkan, pihaknya (Malaysia) merasa akan kesulitan jika mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia sendirian. Sebaliknya, ia merasa lebih optimistis hal itu bisa terwujud jika negara ASEAN mengajukan diri untuk menghelat secara bersama-sama.

"Tentu saja, turnamen ini dapat dimainkan di semua negara ASEAN, seperti ketika Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah pada tahun 2002," katanya kepada salah satu media Malaysia saat mengakhiri kunjungan selama empat hari ke Bangkok.

3. Eks Komite Eksekutif FIFA merasa tak ada masalah jika Malaysia ikut jadi tuan rumah Piala Dunia

atimes.com

Tahun lalu, eks anggota komite eksekutif FIFA, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, sempat mengutarakan bahwa Malaysia bisa menjadi bagian dari upaya bersama dari empat negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Hal itu diutarakan olehnya ketika ditanya kemungkinan Malaysia bergabung dengan federasi sepak bola dari Indonesia, Thailand dan Vietnam yang secara terbuka menyatakan minat mereka dalam upaya bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Meski Abdullah masih ragu dengan kemungkinan Malaysia untuk ikut bergabung, ia merasa bahwa Negeri Jiran seharusnya tak menghadapi masalah untuk menjadi tuan rumah acara tersebut bersama dengan yang lainnya.

Baca Juga: Piala Dunia Wanita Berlangsung, Google Beri Dukungan Lewat Doodle

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya