TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jika Piala AFC U-19 Batal, Timnas U-19 Bakal Lanjutkan TC di Eropa

Timnas U-19 bakal ikut turnamen di Kroasia

Latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8/2020). (Herka Yanis/IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Piala AFC U-19 Uzbekistan yang sejatinya bakal dihelat pada 14-31 Oktober 2020 terancam ditunda. Federasi sepak bola Asia (AFC) dikabarkan tengah mengkaji kemungkinan mengubah jadwal kompetisi tersebut, karena COVID-19 masih jadi ancaman bagi perhelatan akbar yang digelar dua tahun sekali tersebut.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pun menyiapkan beberapa opsi program jika seandainya skuat Garuda Muda gagal mentas di ajang tersebut. Mereka berencana memperpanjang masa pemusatan latihan (TC) di luar negeri pascamenyelesaikan beberapa pekan di Kroasia.

"Jika Piala Asia U-19 benar-benar batal (digelar sesuai jadwal yang sudah ditentukan AFC sebelumnya), pemain bakal lanjut TC (di luar negeri). Kalau enggak di Turki, Spanyol, atau Portugal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media saat menyambangi latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Pakai Uang Negara, Kemenpora Awasi Anggaran Timnas U-19

1. PSSI belum menentukan negara mana yang bakal jadi lokasi TC Timnas U-19 selanjutnya

Pemain Timnas U-19 saat melakukan seleksi di bawah komando Shin Tae-yong di Stadion Wibawa Mukti Cikarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Jika pun pada akhirnya Timnas U-19 bakal tanpa agenda resmi sampai pengujung tahun 2020, pria yang kerap disapa Iwan Bule memastikan bakal memperpanjang masa persiapan tim besutan Shin Tae-yong itu. Tapi, PSSI belum bisa memastikan antara Turki, Spanyol, atau Portugal yang bakal jadi negara selanjutnya untuk disambangi tim merah putih.

Dari ketiga negara yang diajukan untuk menjadi tempat TC Timnas U-19 selanjutnya, Iwan Bule membocorkan jika baru Turki melalui federasi sepak bolanya (TFF) yang baru merespons.

Hanya saja, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong lebih memilih Portugal untuk dijadikan tempat untuk menimba ilmu tim yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia tahun depan itu.

2. Timnas U-19 bakal mengikuti turnamen di Kroasia

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat diwawancarai di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (9/2). IDN Times/Fitria Madia

Mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu pun menjelaskan jika Timnas U-19 bakal berangkat ke Kroasia pada Sabtu, 29 Agustus 2020 pada malam hari WIB. Namun, sebelum berangkat, mereka akan melahap menu latihan dari Shin Tae-yong yang mencakup masalah fisik, teknik, sampai strategi.

Beckham Putra Nugraha dan kolega bakal tetap menggelar TC di Kroasia dan mengikuti mini turnamen di sana. Mereka akan mulai mentas dalam kejuaraan yang digelar pada 2-8 September ini dan diikuti tim-tim besar seperti, tuan rumah Kroasia, Arab Saudi, dan Bulgaria.

Timnas U-19 sendiri membawa 30 pemain untuk mengikuti TC dan turnamen di kampung halaman Luka Modric itu. Selain nama-nama langganan seperti, David Maulana, Brylian Aldama, Bagas Kaffa, sampai Witan Sulaiman, ada dua pemain keturunan yang juga diajak Shin Tae-yong untuk unjuk kebolehan. Mereka adalah Elkan Bagott (Ipswich Town) dan Jack Brown (Lincoln City).

Baca Juga: Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas U-19 Tetap TC ke Kroasia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya