TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Suvenir Piala Dunia U-20 Ternyata Tetap Dijual di Pasaran

Bisa dibeli di Alfamart

Ilustrasi persiapan ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia (Fifa.com)

Jakarta, IDN Times - FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah gelara Piala Dunia U-20 2023. Batalnya Indonesia jadi tuan rumah menimbulkan kerugian bagi beberapa pihak, tak terkecuali bagi pemegang lisensi merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023, PT Juara Raga Aditya (Juaraga).

Namun, CEO Juaraga, Mochtar Sarman, menegaskan, pernak-pernik Piala Dunia U-20 tidak akan ditarik dari pasar. Pihaknya, tetap menjual merchandise tersebut di sejumlah toko ritel.

Baca Juga: Indonesia Rugi Nyaris Rp1 T Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

1. Tak mau berfokus pada kerugian materi

Piala Dunia U-20. (sportingnews.com)

Juaraga memang memiliki misi khusus dalam Piala Dunia U-20. Mereka hendak memecahkan rekor penjualan varian terbanyak dalam merchandise Piala Dunia U-20.

Sebanyak 53 jenis merchandise disiapkan untuk menyemarakkan Piala Dunia U-20, seperti t-shirt, jersey, jaket, celana, sandal, dan berbagai produk lainnya. 

Namun, Indonesia malah batal menjadi tuan rumah. Tentunya, kerugian besar dialami oleh Juaraga karena sudah keluar modal yang banyak. Meski demikian, Juaraga mengaku belum punya data resmi mengenai jumlah kerugian yang dialami.

"Saya mau fokus kepada apa yang sudah kami lakukan, daripada menghitung kerugian materi," ujar Mochtar saat dihubungi IDN Times pada Kamis (30/3/2023).

2. Penjualan sempat melonjak

Maskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya. (Dok. Kemenpora).

Sejak diumumkan sebagai pemegang lisensi resmi penjualan merchandise Piala Dunia U-20 pada 8 Maret 2023 lalu, penjualan Juaraga sempat melonjak. Tapi, Mochtar tak bisa merinci sebenarnya berapa banyak produk yang sudah laku.

"Setelah announcement FIFA, penjualan online kami tiba-tiba melonjak. Kami belum bisa rilis kuantitas dulu," ujar Mochtar.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Apparel Ini Rugi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya