TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelatih Termuda yang Membawa Tim Asuhannya Juara Piala Dunia

Lionel Scaloni menjadi yang terbaru

Lionel Scalloni (twitter.com/Squawka)

Peran seorang pelatih pastinya sangat menentukan permainan dan performa tim di lapangan. Seorang pelatih dituntut untuk dapat membuat strategi yang apik baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Kemenangan Timnas Argentina beberapa waktu lalu mencetak beberapa sejarah. Salah satunya ialah rekor individu bagi sang pelatih Lionel Scaloni yang tercatat sebagai salah satu pelatih termuda yang menjuarai Piala Dunia.

Jika Lionel Scaloni merupakan salah satunya, lalu siapa sajakah pelatih Piala Dunia termuda yang pernah menjuarai Piala Dunia? Mari simak informasinya berikut.

1. Alberto Suppici (31 tahun)

Alberto Suppici (fifamuseum.com)

Piala Dunia 1930 merupakan Piala Dunia edisi pertama yang diselenggarakan oleh FIFA. Nama Alberto Suppici muncul sebagai pelatih pertama yang membawa Uruguay menjadi juara pertama Piala Dunia.

Selain itu, Supicc juga tercatat sebagai pelatih termuda yang memenangkan Piala Dunia dengan catatan 31 tahun 8 bulan. Suppici bersama Timnas Uruguay berhasil menjadi juara setelah menang atas Argentina dengan skor 4-2 di Estadio Centenario, Uruguay.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda yang akan Adu Taktik di Piala Dunia 2022

2. Mario Zagallo (38 tahun)

Mario Zagallo (twitter.com/fifaworldcup)

Pelatih selanjutnya adalah Mario Zagallo yang merupakan pelatih asal Brasil yang membawa negaranya meraih gelar juara Piala Dunia. Zagallo berhasil membawa Timnas Selecao mengalahkan Italia 4-1 pada partai final Piala Dunia 1970.

Saat membawa negaranya menjadi juara Mario Zagallo masih berusia 38 tahun 10 bulan. Zagallo cukup erat dengan dunia kepelatihan Brasil. Ia juga tergabung sebagai asisten pelatih kala Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994.

3. Cesar Luis Menotti (39 tahun)

Cesar Luis Menotti (twitter.com/FIFAWorldCup)

Lionel Scaloni merupakan pelatih ketiga pertama Argentina yang berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia. Sebelumnya masih ada Cesar Luis Menotti yang berhasil membawa Argentina juara dunia di usia 39 tahun 8 bulan.

Dalam partai final Piala Dunia 1978 di Argentina skuad asuhan Menotti yang dimotori Mario Kempes sukses menang 3-1 atas Belanda di Stadion Monumental, Buenos Aires. Selain itu, Menotti  juga sempat membawa Tim Argentina U-20 meraih gelar juara Piala Dunia U-20 1979 di Jepang.

4. Juan Lopez Fontana (42 tahun)

Juan Lopez Fontana (alchetron.com)

Juan Lopez Fontana merupakan nahkoda Timnas Uruguay kala memenangi Piala Dunia 1950. Kala itu, Fontana masih berusia 42 tahun 9 bulan ketika mengalahkan Brasil di babak final Piala Dunia 1950.

Selain karena prestasinya yang luar biasa, Fontana juga patut berbangga dengan kemenangannya atas Brasil. Pasalnya, Uruguay berhasil memutar prediksi yang menjagokan Brasil sebagai tim unggulan juara.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Timnas Argentina sebelum Lionel Scaloni, Gagal?

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya