TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Deretan Pemain Terbaik Piala Afrika dalam 5 Edisi Terakhir

 Tak ada nama pemain bintang!

Christian Atsu (skysports.com)

Dibandingkan kompetisi antar benua lain, Piala Afrika terhitung lebih sering mengadakan kompetisi. Piala Afrika biasanya diadakan setiap 2 tahun sekali.

Kompetisi ini belum terhitung dengan African Nations Championship atau kompetisi antar negara Afrika yang hanya melibatkan pemain dari liga lokal mereka. Dengan fakta tersebut, maka tak heran jika peta kekuatan selalu silih berganti dan selalu bisa memberikan juara serta nama baru.

Lantas, siapa sajakah pemain yang berhasil meraih penghargaan pemain terbaik Piala Afrika dalam 5 edisi terakhir? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Christoper Katongo (Piala Afrika 2012)

Christoper Katongo (skysports.com)

Tahun 2012 menjadi kali pertama bagi timnas Zambia untuk merengkuh trofi Piala Afrika. Mereka berhasil memberi kejutan dengan menumbangkan negara favorit juara, seperti Senegal, Ghana, dan juga Pantai Gading.

Salah satu pemain yang paling menonjol di skuad Zambia kala itu ialah Christoper Katongo. Pemain yang berposisi sebagai striker ini berhasil mencetak 3 gol sepanjang turnamen, sama seperti 6 pemain lainnya.  

Akan tetapi, Katongo berhasil menunjukan statistik lain yang membuatnya berhasil mengungguli Dider Drogba, Yaya Toure, dan Emmanuel Mayuka, sehingga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Afrika 2012.

Baca Juga: 8 Rekor Apik Sepanjang Sejarah Piala Afrika

2. Jonathan Pitroipa (Piala Afrika 2013)

Johantan Pitroipa (skysports.com)

Untuk menghindari jadwal yang selalu berdekatan dengan event Piala Dunia, pihak penyelenggara Piala Afrika akhirnya mengubah tahun penyelenggaraan yang seharusnya diadakan pada tahun 2014 menjadi tahun 2013. Dalam edisi kali ini, Nigeria berhasil meraih trofi Piala Afrika ketiganya.

Namun, penghargaan pemain terbaik Piala Afrika 2013 menjadi milik Jonathan Pitroipa yang berasal dari Burkina Faso. Walaupun harus puas membawa Burkina Faso menjadi runner-up dan tidak masuk dalam daftar top scorer, tetapi Pitroipa memang sangat layak untuk menyabet gelar tersebut karena penampilan impresifnya.

3. Christian Atsu (Piala Afrika 2015)

Christian Atsu (skysports.com)

Jarang dimainkan oleh Everton di musim 2014/2015, tak membuat Christian Atsu gagal bersinar di ajang Piala Afrika 2015. Sama seperti Jonathan Pitroipa, Atsu juga berhasil meraih penghargaan pemain terbaik kala ia hanya berhasil membawa Ghana sebagai runner-up.

Jika dilihat dari performanya di sepanjang turnamen, timnas Ghana dan Christian Atsu memang sangat mendominasi dan layak untuk menjadi juara. Akan tetapi, Pantai Gading sedikit lebih beruntung, karena berhasil menang lewat adu penalti di babak final. Sepanjang turnamen, Atsu berhasil mencetak 2 gol yang salah satunya menjadi gol terbaik turnamen.

4. Christian Bassogog (Piala Afrika 2017)

Christian Bassogog (football365.com)

Pada Piala Afrika 2017, timnas Kamerun dinobatkan sebagai juara setelah berhasil menekuk Mesir di babak final. Sepanjang turnamen, Kamerun bermain aman dan sempat terseok di babak fase grup. Pemain-pemainnya pun tak ada yang terlalu menonjol dari torehan statistik.

Striker mereka, Christian Bassogog, akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Afrika 2017 pada akhir turnamen. Bassogog tercatat berhasil mencetak 1 gol dan menorehkan 2 kali man of the match sepanjang turnamen.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Berpotensi Menjadi Top Scorer Piala Afrika 2021

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya