TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Amerika Latin yang Pernah Sukses Bela Manchester United 

Cavani menyusul?

thesefootballtimes.co

Manchester United baru saja resmi mendapatkan Edinson Cavani. Striker asal Uruguay itu datang ke Old Trafford dengan menyandang reputasi mentereng sebagai juru gedor jempolan. Namun beberapa pihak cukup skeptis menyambut kedatangan Cavani. Mereka meragukan Cavani mampu tampil gemilang bersama Setan Merah.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat beberapa pemain asal Amerika Latin memang pernah gagal bersinar di MU, misalnya Radamel Falcao, Angel Di Maria, hingga yang teranyar Alexis Sanchez. Tapi sebenarnya ada pula, lho, beberapa pemain Amerika Selatan yang terbilang cukup sukses di MU sejak era Premier League. Ini dia lima nama di antaranya.

1. Gabriel Heinze 

sportsmole.co.uk

Gabriel Heinze mungkin bukan nama tersukses yang pernah bermain untuk MU, tapi kualitas bek asal Argentina ini tak perlu diragukan lagi. Bermain selama 3 musim untuk MU pada 2004 hingga 2007, Heinze sempat jadi pilihan utama di pos bek kiri United. Ia bahkan sempat dinobatkan jadi pemain terbaik Argentina di musim pertamanya di MU.

Hanya cedera menahun di musim kedua yang membuat posisi Heinze digantikan oleh Patrice Evra. Tapi di musim ketiga ia pun sukses merebut kembali posisi di skuad utama sebagai bek tengah. Secara total, laman Transfermarkt mencatat bahwa Heinze bermain sebanyak 83 kali di semua ajang dan menyumbang 4 gol, serta turut membantu MU meraih 1 trofi Premier League.

Baca Juga: 8 Pemain Amerika Latin dengan Market Value Tertinggi Saat Ini, Moncer!

2. Rafael Da Silva 

bleacherreport.com

Rafael Da Silva dan saudara kembarnya Fabio mengalami nasib yang cukup berkebalikan selama membela MU. Sementara Fabio cukup kesulitan mendapat tempat di tim utama, Rafael sempat sukses mengamankan tempat di pos bek kanan Setan Merah. Kecepatan dan kelincahan yang dimilikinya juga membuatnya beberapa kali diplot sebagai sayap kanan.

Selama total 7 musim bermukim di Old Trafford, Rafael yang berasal dari Brasil sukses mencatat 170 caps di seluruh ajang dan mencetak 5 gol serta 15 assist. Deretan trofi yang sukses ia raih bersama MU mencakup 3 Premier League, 2 Piala Liga, dan 1 Piala Dunia Antarklub. Kini, pria berusia 30 tahun ini bermain untuk Istanbul Basaksehir di Liga Turki.

3. Antonio Valencia 

90min.com

Berikutnya ada Antonio Valencia, pemain asal Ekuador pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini yang pernah bermain untuk Manchester United. Bisa dipasang sebagai bek maupun sayap kanan, Valencia adalah pemain yang terkenal dengan kecepatannya dan deretan assist terukur yang ia buat untuk rekan-rekannya.

Tak kurang 10 musim membela MU, total 62 assist ia ciptakan dalam 339 laga di semua ajang, plus sumbangan 25 gol. Sementara total trofi yang ia raih berjumlah 12 trofi, termasuk 2 Premier League, 1 Piala FA, dan 1 Europa League. Plus, ia juga pernah 2 kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Manchester United dalam semusim.

4. Sergio Romero 

thefaithfulmufc.com

Satu-satunya pemain di daftar ini yang masih bermain untuk MU hingga kini. Kiper asal Argentina ini memang hanya diplot sebagai cadangan David De Gea di bawah mistar. Tapi bisa dibilang ia adalah kiper cadangan terbaik yang bisa dimiliki MU. Setiap kali diberi kesempatan, penampilannya tak pernah mengecewakan dan sangat minim membuat blunder.

Maka meskipun hanya bermain sebanyak 61 kali di semua ajang sejak tahun 2015, Romero tetap terbilang sukses di MU. Kontribusi Romero khususnya terlihat jelas kala MU jadi juara Europa League 2016-17, di mana ia bermain penuh di sepanjang turnamen. Selain Europa League, Romero juga sukses membantu MU meraih 1 Piala FA dan 1 Piala Liga.

Baca Juga: 10 Pemain Amerika Latin dengan Market Value Tertinggi, Siapa Memimpin?

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya