TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pemain Negara Kecil Afrika yang Kini Bermain di Premier League

Ada yang baru saja bergabung!

Bertrand Traore (premierleague.com)

Negara-negara Afrika semakin mendapat tempat di Premier League dalam beberapa dekade terakhir. Kualitas para pemain benua hitam memang sudah terbukti sehingga klub-klub Inggris tak ragu untuk mengandalkan mereka. Tak hanya dari negara top Afrika, sebagian dari mereka berasal dari negara kecil Afrika yang tak punya prestasi mumpuni.

Musim ini, setidaknya ada 7 pemain asal negara kecil Afrika yang bermain di Premier League. Beberapa baru bergabung, tapi ada juga yang sudah cukup lama berkarier di Inggris, bahkan sudah meraih sukses. Inilah dia 7 pemain tersebut.

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

Pierre-Emerick Aubameyang (eurosport.com)

Pertama tentu ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker asal Gabon yang membela Arsenal sejak 2018. Gabon bukanlah negara yang berprestasi di dunia sepak bola. Timnas Gabon belum pernah lolos ke Piala Dunia, sedangkan pencapaian terbaiknya di Piala Afrika hanya perempat final.

Namun dari negara kecil ini, muncul Pierre Emerick Aubameyang, yang terbukti sebagai striker kelas dunia. Selama membela Arsenal, Auba telah bermain 148 kali di semua ajang dan mencetak 85 gol serta 19 assists. Sebagai top skor di skuad Arsenal sekaligus kapten, Auba tentu masih akan jadi andalan The Gunners musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Benua Afrika yang Kini Membela Leicester City, Ada Nama Baru!

2. Naby Keita (Guinea)

Naby Keita (liverpoolfc.com)

Sementara Liverpool punya Naby Keita, gelandang asal Guinea yang bergabung dengan The Reds sejak 2018. Seperti Gabon, Guinea juga belum pernah tampil di Piala Dunia, tapi prestasi mereka di Piala Afrika masih lebih baik karena pernah satu kali jadi runner-up. Keita sendiri adalah satu-satunya pemain asal Guinea di Premier League musim ini.

Sejauh ini, Keita sudah tampil 77 kali bagi Liverpool di semua ajang dan menyumbang 7 gol serta 4 assists. Meski lebih sering jadi pelapis, Keita juga turut andil dalam sukses Liverpool meraih 4 trofi dalam 3 musim terakhir. Berusia 26 tahun, Keita masih memiliki kontrak dengan The Reds hingga 2023.

3. Bertrand Traore (Burkina Faso)

Bertrand Traore (premierleague.com)

Ada pula Bertrand Traore, gelandang Aston Villa yang juga bisa berposisi penyerang. Traore adalah lulusan akademi Chelsea, dan ia pernah membela Chelsea selama 3 musim. Sejak musim lalu, Traore bergabung dengan Villa, dan ia sukses tampil hebat dengan mencetak 8 gol serta 7 assists dalam 39 laga di semua ajang sejauh ini.

Traore sendiri berasal dari Burkina Faso, negara Afrika yang belum pernah bermain di Piala Dunia. Sedangkan di Piala Afrika, prestasi tertinggi mereka hanya menjadi runner-up. Seperti di klub, Traore pun jadi andalan di timnas dan sejauh ini sudah mencatat 59 caps.

4. Marvelous Nakamba (Zimbabwe)

Marvelous Nakamba (footballtalk.org)

Selain Traore, Aston Villa juga punya Marvelous Nakamba, gelandang bertahan yang berasal dari Zimbabwe. Zimbabwe selama ini lebih dikenal sebagai salah satu negara termiskin di Afrika. Timnas mereka juga belum pernah tampil di Piala Dunia dan baru pernah tampil dua kali di Piala Afrika.

Maka, kehadiran Nakamba di Premier League turut mengharumkan nama negaranya di dunia internasional. Nakamba sejauh ini sudah mencatat 51 laga di semua ajang bagi Villa dalam 2 musim. Ia juga tampil full pada laga perdana Villa di Premier League musim ini, meski akhirnya Villa harus menelan kekalahan 2-3 dari Watford.

5. Helder Costa (Angola)

Helder Costa (footballtransfertavern.com)

Helder Costa adalah winger Leeds United yang berasal dari Angola, sebuah negara Afrika yang sudah pernah tampil satu kali di Piala Dunia. Sementara di Piala Afrika, pencapaian terbaik mereka hanya jadi perempat finalis. Costa sendiri sebenarnya membela timnas Portugal di level junior, namun di level senior ia memilih bermain untuk Angola.

Costa dibeli Leeds sejak musim lalu, namun sejak musim sebelumnya pun ia sudah bermain untuk Leeds sebagai pinjaman. Sejauh ini, Costa sudah mencatat 70 penampilan di semua ajang dan mencetak 8 gol serta 11 assists. Itu termasuk laga perdana Premier League musim ini, yang sayangnya berakhir dengan kekalahan telak dari Manchester United.

6. Moussa Djenepo (Mali)

Moussa Djenepo (goal.com)

Selanjutnya ada Moussa Djenepo, winger asal Mali yang bermain di Southampton sejak 2019. Timnas Mali belum pernah tampil di Piala Dunia, dan prestasi terbaik mereka di Piala Afrika adalah runner-up. Tapi, Mali pernah memiliki beberapa pemain yang tampil di Premier League, mulai dari Frederic Kanoute, Mohamed Sissoko, dan kini Djenepo.

Dalam dua musim, Djenepo sudah tampil dalam 52 laga bersama Soton di semua ajang, dan menyumbang 4 gol serta 2 assists. Djenepo baru berusia 23 tahun, sehingga tentu performanya masih bisa meningkat. Ia kini memiliki kontrak bersama Southampton hingga 2023.

Baca Juga: 5 Penyerang Muda Top Afrika yang Saat Ini Bermain di Premier League

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya