TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Langsung Hilang Usai Kalah dari Persija, Persib Tak Disanksi

Persib Bandung mangkir dari konpers

Pelatih kepala Persija Jakarta, Sudirman (kiri) dan kiper Andritany Ardhiyasa (kanan), dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan Grup B Piala Menpora, Minggu 21 Maret 2021. (Persija.id)

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, buka suara soal menghilangnya Persib Bandung pasca kalah dari Persija Jakarta di final leg 2 Piala Menpora, Minggu (25/4/2021). Akhmad menyatakan akan ada teguran keras yang dilayangkan LIB kepada tim-tim yang absen dari sesi konferensi pers di Piala Menpora 2021.

"Di ajang Piala Menpora, ada surat teguran keras kepada klub-klub yang tidak mengikuti sesi konferensi pers," ujar Akhmad yang juga merupakan Ketua OC Piala Menpora 2021, kepada IDN Times, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Usai Dibekap Persija, Persib Langsung Hilang

1. Teguran keras itu merupakan bentuk penghormatan

Kapten PSM, Zulkifli Syukur. (Dok. Media PSM)

Akhmad mengungkapkan, memang dalam regulasi Piala Menpora 2021, tidak dicantumkan mengenai sanksi buat tim yang tidak mengikuti konferensi pers. Tetapi, dengan adanya teguran ini, hal tersebut jadi peringatan bagi klub untuk menghargai media.

"Teguran keras saja, tidak ada sanksi, karena di regulasi Piala Menpora memang tidak ada kewajiban hadir. Tetapi, paling tidak, kita harus saling menghargai karena media juga unsur penting di sepak bola," ujar Akhmad.

2. Di regulasi disebutkan, tetapi memang tidak ada sanksi yang tertera

Pelatih PSM, Syamsuddin Batolla. (Dok. Media PSM)

Dari regulasi Piala Menpora pasal 23 tentang Konferensi Pers, disebutkan di ayat 1, setiap klub wajib menghadirkan pelatih kepala dan kapten tim dalam sesi konferensi pers.

Ayat 3 menjelaskan, paling lambat setiap klub mengirimkan pelatih dan pemainnya demi ikut konferensi pers usai laga selama 15 menit. Namun, dalam manual tak dijelaskan seperti apa sanksi yang diterima klub jika melanggarnya.

Dalam regulasi, hanya disebutkan kalau segala macam pelanggaran bergantung pada Kode Disiplin turnamen yang ditetapkan panitia.

Baca Juga: Piala Menpora 2021 Panggungnya Bibit Muda Tebar Pesona

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya